Seputar Bangunan

Belajar Sketchup Pemula: Otodidak Pasti Bisa

15
×

Belajar Sketchup Pemula: Otodidak Pasti Bisa

Share this article
Belajar Sketchup Pemula Otodidak
Belajar Sketchup Pemula Otodidak

Belajar sketchup dapat kamu pelajari dengan mudah dan mungkin jgua dalam waktu yang relatif singkat. Kuncinya untuk belajar sketchup dengan cepat yakni tergantung pada waktu belajar yang kalian jadwalkan dan keteguhan semangat belajar.

Memang sudah banyak kursus sketchup yang berada di luaran sana, tetapi diantara kita terkadang ada yang terkendala dari segi biaya maupun waktu yang tidak bisa bebas.

Oleh karena itu, pada artikel belajar sketchup pemula ini akan sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar sketchup otodidak.

Sebelum memasuki ke tutorial sketchup bahasa Indonesia, intinya adalah pelajari secara keseluruhan cara menggunakan sketchup untuk menghasilkan gambar 3D yang baik dan benar. Karena banyak pengguna sketchup yang dalam proses penggambarannya terbilang cukup berantakan dan tidak termanajemen.

Dalam artian, pada saat menggunakan sketchup tidak memperhatikan kaidah-kaidah yang seharusnya diterapkan pada saat memebuat 3D modeling sketchup.

Sketchup

Sketchup merupakan salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat sebuah 3D modeling bangunan dan lain-lain. Namun sepertinya SketchUp ini lebih banyak digunakan oleh para arsitektur, mahasiswa arsitektur, teknik gambar bangunan dan desain interior.

Sketchup adalah software yang dimiliki oleh perusahaan Trimble. Dengan hadirnya SketchUp ini membuat proses pembuatan sebuah 3D modeling rumah akan terasa lebih mudah dan lebih enak untuk dilihat hasil mentahannya (tanpa dilakukan proses rendering).

Untuk menguasai sketchup, Anda hanya perlu menyimak artikel belajar sketchup pemula ini dengan cermat dan mempraktekkannya. Saya yakin dengan membaca dan mengikut artikel belajar sketchup pemula ini Anda akan lebih memahami juga terkait tentang pembuatan 3D Modeling yang sesungguhnya.

Belajar Sketchup Pemula Membuat Rumah

Belajar SketchUp pemula membuat rumah dapat kamu lakukan walaupun kamu awam dalam membuat 3D modeling. Untuk membuat rumah di SketchUp kamu hanya perlu belajar sedikit terlebih dahulu tentang bangunan rumah sederhana saja.

Kenapa demikian? Karena dengan nantinya kamu berproses membuat 3D rumah di sketchup lama kelamaan juga akan mengetahui tentang bangunan lebih dalam lagi.

Setelah kamu mempelajari tentang bangunan rumah sederhana dari berbagai sumber, kamu bisa langsung mulai mempraktekkan materi belajar sketchup pemula ini.

Untuk langkah-langkah detail bagaimana cara membuat rumah di sketchup, kamu dapat terus mengikuti artikel ini ya sobat nekbutuhaja. Pada artikel ini sudah dijelaskan secara lengkap dan urut terkait belajar sketchup pemula mulai dari dasar. Jangan ragu untuk menanyakan apa yang menjadi kebingungan kamu di kolom komenetar ya sobat.

Tips Belajar Sketchup Pemula

Ada beberapa tips belajar sketchup pemula yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai membuat sebuah 3D modeling yang ingin kamu lakukan. Berdasarkan pengalaman dari penulis, ada beberapa kesalahan yang tidak diperhatikan oleh pengguna sketchup bahkan terkadang dianggap sebagai bukan suatu masalah apalagi bagi yang sedang belajar sketchup pemula.

Berikut masalah tersebut beserta tips belajar sketchup yang lebih baik dan benar:

  • Melakukan manajemen pada sebuah 3D modeling yang kalian buat. Langkah ini perlu kamu lakukan untuk mempermudah nantinya ketika terdapat sebuah revisi pada 3D modeling yang kamu buat.
  • Kurang memperhatikan fitur make group dan make component pada SketchUp. Fitur ini disediakan sketchup juga untuk digunakan melakukan manajemen 3D modeling karena dapat membantu ketika ada kesalahan atau kerusakan pada 3D objek tertentu kita tidak akan merusak 3D objek yang lainnya.
  • Kurang mengoptimalkan fitur layering. Meskipun fitur ini tidak terlalu berpengaruh pada 3D model yang kamu buat, namun item ini juga sangat berguna ketika kita mau melakukan check and re-check pada modeling yang kamu buat.
Menarik Juga  Cara Membuat Kaligrafi Menggunakan Sketchup dengan Mudah

Dengan tips belajar sketchup pemula tersebut, diharapkan kamu selalu memperhatikan dengan cermat dan melakukannya mulai dari awal kamu belajar sketchup. Supaya kebiasaan tersebut selalu kamu hadirkan ketika membuat proyek menggunakan sketchup.

Mengenal Tampilan Awal Sketchup

Belajar sketchup pemula harus mengetahui tentang tampilan awal sketchup. Dengan mempelajari langkah ini akan membuat kamu menjadi mengerti apa saja yang terdapat pada tampilan awal sketchup sehingga nantinya kamu dapat melakukan perubahan di dalamnya.

Mengubah Tampilan Awal Sketchup

Mengapa mengubah tampilan awal sketchup perlu dilakukan? Karena akan mempermudahkan kita dalam melakukan pembuatan 3D modeling dengan fitur yang telah kita pilih pada tampilan awal sketchup.

Salah satu toolbar default sketchup yang harus pada tampilan awal sketchup kamu adalah Toolbar Large Tools Set. Tool default ini akan menjadikan belajar sketchup pemula lebih asik dan nyaman lagi.

Toolbar Large Tools Set

Toolbar large tools set ini berisikan perintah-perintah atau tools yang sudah disediakan oleh sketchup. Yang kemudian dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah 3D modeling bangunan pada sketchup.

Dengan demikian, toolbar ini sangat penting untuk ditampilkan di lembar kerja awal sketchup kamu. Belajar sketchup pemula harus mengetahui dengan keseluruhan fungsi dari tool-tool yang berada di toolbar large tools set ini.

Persiapan Belajar Sketchup Pemula

Tentunya belajar sketchup pemula pasti memiliki sebuath persiapan. Persiapan yang harus kamu lakukan sebelum mempelajari sketchup ini adalah adanya gambar 2D dimensi yang sebelumnya sudah kamu buat di AutoCAD. Setidaknya ada gambar dengan format AutoCAD (.dwg) yakni denah dan potongan yang harus kamu miliki.

Apabila kamu belum pernah membuat gambar 2D di AutoCAD, kamu dapat meminta atau mencari di google yang gratis sebagai bahan pembelajar buat kamu untuk membuat 3D modeling di SketchUp.

Membersihkan File AutoCAD

Setelah kamu sudah memiliki gambar denah atau gambar denah dan tampak dengan format AutoCAD, selanjutnya kamu harus membersihkan file AutoCAD tersebut supaya tidak merusak default SketchUp kamu.

Sebagai contoh, ketika kamu tidak membersihkan layer yang berada di AutoCAD, maka secara otomatis layer-layer tersebut akan masuk juga di dalam SketchUp dan tentunya akan mengganggu pembelajaran sketchup kamu.

Jadi, materi belajar sketchup pemula bagian ini sangat perlu untuk kamu perhatikan dan lakukan ya sobat nekbutuhaja.

Import AutoCAD ke Sketchup

Belajar sketchup pemula juga harus mengerti bagaimana cara import AutoCAD (.dwg) ke SketchUp (.skp). Terlebih lagi file AutoCAD yang sebelumnya, sudah kamu bersihkan dan menjadikan file tersebut lebih ringan dan rapi.

Cara Membuat Shortcut di Sketchup

Langkah ini juga dapat kamu lakukan sebelum kamu memiliki file AutoCAD tersebut. Namun, untuk kelancaran belajar SketchUp ini lakukan langkah ini setelah membersihkan file AutoCAD saja.

Materi belajar sketchup pemula selanjutnya adalah membuat Custom Shortcut atau biasa disebut dengan pintasan keyboard yang dibuat sesuai dengan keinginan ini dilakukan guna lebih mengoptimalkan waktu dan efisien kamu ketika bekerja pada lembar SketchUp.

Asal kamu tau, banyak pengguna SketchUp yang mengabaikan tool SketchUp yang satu ini bahkan menyepelekannya. Namun, ketika kamu belajar SketchUp dari awal dan telah mengaplikasikan custom shortcut ini kamu akan merasakannya di kemudian kelak! Percayalah.

Cara membuat shortcut di sketchup juga cukup mudah untuk kamu lakukan dan tidak memakan banyak waktu kamu kok sobat nekbutuhaja. Jadi, lakukanlah ya sobat!

Cara Membuat Layer di Sketchup

Membuat layer di sketchup penting untuk kamu lakukan sejak awal belajar sketchup pemula. Karena untuk mendapatkan hasil 3D modeling yang baik, maka kamu harus menggunakan fitur layer sketchup.

Menarik Juga  Cara Ampuh Membersihkan Gambar Autocad File Dwg

Layer ini nantinya akan banyak fungsinya ketika kamu mengerjakan sebuah proyek 3D modeling yang kompleks. Dengan bagian-bagian dari bangunan yang banyak dapat kamu kelompokkan satu per satu sesuai dengan namanya menggunakan layer.

Bagi kalian yang sudah paham dasar AutoCAD pasti mengetahui akan fungsi layer ini. Membuat layer berfungsi untuk mengelompokkan objek tertentu dengan nama tertentu.

Mungkin untuk rumah sederhana hanya terdiri dari beberapa layer yang dibutuhkan, seperti layer dinding, layer atap, layer fasad, layer pintu dan jendela dan sebagainya.

Namun, untuk bangunan yang high rise building akan banyak layer yang kamu buat dan dapat mengoptimalkan kinerja kamu juga. Hanya sebagai saran ya sobat nekbutuhaja, pada langkah awal belajar sketchup untuk pemula gunakanlah layer ini. Jika kamu sudah paham dan menguasainya kamu boleh kok untuk tidak menggunakannya di bangunan sederhana.

Cara membuat layer di sketchup juga sangat mudah kok untuk kamu lakukan dan mungkin tidak akan memerlukan waktu yang lama untuk membuat rumah sederhana di sketchup.

Merapikan dan Mengatur Gambar dari AutoCAD

Merapikan gambar dari AutoCAD begitu penting guna mempermudah kamu ketika akan melakukan pembuatan 3D model di SketchUp. Atur dan sesuaikan gambar 2D yang ada sebagai acuan dasar untuk membuat 3D model rumah menggunakan SketchUp.

Sangat jarang ditemui belajar SketchUp pemula memperhatikan akan merapikan dan mengatur gambar ini. Mungkin banyak faktor yang menjadikan mereka tidak tau atau malas untuk mempraktikkannya.

Namun, saran saya kamu harus melakukan ini untuk berjaga-jaga ketika kamu mendapatkan proyek membuat 3D dari klien luar negeri.

Ketika pada saat belajar sketchup pemula sudah kamu lakukan, mendapatkan AutoCAD dari klien luar negeri akan mempermudah bagi kamu untuk mengerti maksud dari bangunan yang akan dibuatkan 3D modelingnya.

Cara Membuat Lantai di Sketchup

Materi belajar sketchup pemula selanjutnya adalah membuat lantai SketchUp. Membuat lantai di nantinya akan menjadi dasar dari 3D rumah di sketchup. Jadi, pastikan membuat lantai di SketchUp ini sesuai dengan bentuk lahan atau tanah dari proyek modeling yang sedang kamu kerjakan ya sobat nekbutuhaja.

Cara membuat lantai di sketchup itu tidak sulit kok sobat, kamu hanya perlu menggunakan tools dasar sketchup. Mungkin kamu hanya perlu menggunakan line atau rectangle atau mengombinasikan keduanya untuk membuat lantai sketchup tersebut.

Untuk tinggi rendahnya lantai akan dibuat pada akhir saja sobat sekalian kamu dapat memberikan material pada lantai sketchup tersebut.

Cara Membuat Dinding di Sketchup

Langkah berikutnya adalah membuat dinding dengan panjang sesuai dengan denah bangunan dan ketinggian sesuai dengan gambar potongan AutoCAD. Usahakan pada saat membuat dinding, dinding menjadi satu group saja. Apabila tidak memungkinkan, baru kalian dapat membuat dinding dari beberapa group kemudian disatukan menggunakan layer.

Cara membuat dinding di sketchup dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun terkadang, ada yang menyepelekan terkait garis penghubung dinding yang mungkin tidak dihapus padahal garis tersebut dapat menambahkan ukuran file sketchup kita. Jadi, pastikan kamu untuk menghapus garis-garis dinding yang sekiranya tidak di perlukan ya sobat nekbutuhaja.

Untuk belajar sketchup pemula, buatlah dinding dengan mengikuti dinding pada denah yang ada terlebih dahulu, untuk melubangi bagian pintu dan jendela lakukanlah pada saat penempatan pintu dan jendela selesai.

Cara Membuat Pintu di Sketchup

Tips belajar SketchUp pemula selanjutnya yakni cara membuat pintu dan jendela di SketchUp. Cukup gunakan tools bawaan dasar sketchup untuk membuatnya dengan panduan ukuran dari AutoCAD yang telah di import di sketchup sebelumnya.

Pintu dan jendela menjadi hal yang penting di dalam sebuah bangunan. Terdapat beberapa bagian yang harus kamu lakukan untuk membuat pintu dan jendela ini. Ada kusen, daun dan kaca bening. Dari ketiga hal tersebut, kamu harus membuatnya satu persatu menjadi 3D objek terlebih dahulu.

Menarik Juga  Rahasia Cara Membuat Dinding di Sketchup

Misalkan, kamu sudah selesai membuat kusen dan daun pintu. Pastikan kedua objek 3D tersebut dalam bentuk group kemudian seleksi satu per satu dan jadikanlah make component untuk mempermudah kalau ada perubahan nantinya.

Pastikan kamu mengikuti segala materi belajar sketchup pemula dari nekbutuhaja ini.

Meletakkan Pintu dan Jendela

Semua pintu dan jendela yang sudah selesai kamu buat, kamu dapat meletekkannya pada bangunan sesuai dengan panduan denah yang ada sebagai penempatannya. Kamu dapat membuat pintu dan jendela di luar bangunan rumah.

Pada saat meletakkan pintu dan jendela, kamu tinggal melakukan copy paste sesuai dengan denah pintu dan jendela yang terdapat pada denah gambar.

Cara Membuat Atap di Sketchup

Cara membuat atap di sketchup dapat kamu mulai setelah dinding pembuatan pintu dan jendela sudah selesai semuanya. Ada beberapa bagian atap yang perlu kamu buat di sini untuk menjadikan atap kamu tampak lebih sempurna sesuai dengan kondisi realnya.

Terdapat 3D objek yang harus kamu buat untuk membuat atap di sketchup, yakni:

  • Membuat Bidang Atap
  • Membuat 3D Lisplang
  • Membuat 3D Genteng
  • Membuat 3D Bubungan

Dari keempat 3D objek tersebut jika kamu buat semuanya, maka atap rumah di sketchup buatan kamu akan terlebih lebih menarik walau tanpa dilakukan rendering sekalipun. Dan jika kamu membuat 3D genteng maka kamu tidak perlu untuk memasukkan material genteng. Cukup berikan warna genteng sesuai dengan yang kamu inginkan.

Dengan materi belajar sketchup pemula membuat atap ini akan membuat kamu lebih lincah lagi dalam mengoperasikan software sketchup ini.

Membuat Dinding Keliling di Sketchup

Materi belajar sketchup selanjutnya adalah membuat dinding keliling bangunan. Dinding ini berfungsi sebagai pembatas lahan bangunan yang kamu buat 3D model bangunan. Jadi, dinding ini berada di luar bagian dari bangunan dinding utama rumah.

Membuat Fasad di Sketchup

Bagian yang paling dinantikan adalah membuat fasad. Membuat fasad atau tampak depan bangunan dapat kamu lakukan sesuai dengan keinginan kamu. Yang perlu diperhatikan adalah imajinasi untuk berpikir apakah dengan fasad rumah seperti ini akan dapat dilaksanakan pada saat pembangunan.

Materi belajar sketchup pemula ini akan sangat penting supaya gambar 3D model yang kamu buat itu tidak terlihat seperti 3D modeling rumah asal-asalan. Namun, memang 3D model rumah yang dapat dilaksanakan dan menyerupai dengan bangunan asli.

Menentukan Elevasi Lantai di Sketchup

Belajar sketchup pemula selanjutnya adalah menentukan elevasi lantai di sketchup. Dari lantai atau dasar tanah yang sudah kamu buat sebelumnya, kamu tinggal menentukan tinggi rendahnya. Sebagai contoh, bangunan rumah harus naik 10cm dari teras rumah dan seterusnya.

How to Use Vray in Sketchup

As the final step to beautify the results of your 3D sketchup image, you can use vray sketchup to render it. How to use vray sketchup will feel a little difficult and stiff for those of you who are still beginners, but rest assured that by studying hard you will be able to master making simple house renderings in sketchup.

Then how do you use vray in sketchup

  1. You must first install vray sketchup according to the sketchup version you
    are using.
  2. Look for some simple home rendering references for you to emulate later.
  3. Use sketchup materials from outside of sketchup to make your house rendering
    more striking because of your own rendering.

Jika perangkat yang kamu gunakan mumpuni untuk dipasang Vray for Sketchup, tidak ada salahnya apabila kamu mempelajarinya. Materi tersebut sebenarnya bukan diperuntukkan pada materi belajar sketchup pemula. Namun, saya tambahkan saja untuk membangkitkan semangat belajar sketchup bagi pemula ini.

Karena biasanya orang yang pemula di sketchup tujuan utamanya adalah hasil rendering yang bagus tanpa memperhatikan spesifikasi perangkat yang mereka gunakan. Kamu jangan begitu ya sobat nekbutuhaja.

Tips Penutup Belajar Sketchup Pemula

Sebagai penutup belajar sketchup pemula, ada sedikit tips untuk kamu supaya lebih semangat dalam belajar sketchup pemula otodidak. Tips tersebut yakni cara meringankan kinerja sketchup dan cara melihat backup volume di sketchup.

Demikian artikel belajar sketchup pemula ini, semoga yang terdapat pada artikel sketchup ini bermanfaat bagi kalian semua. Sampai jumpa di postingan-postingan berikutnya. Terima kasih sudah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *