Seputar Bangunan

Cara Ampuh Membersihkan Gambar Autocad File Dwg

30
×

Cara Ampuh Membersihkan Gambar Autocad File Dwg

Share this article
Cara Membersihkan Gambar Autocad File Dwg
Cara Membersihkan Gambar Autocad

Membersihkan gambar autocad harus dilakukan setelah semua persiapan sudah siap. File gambar autocad yang tidak kita bersihkan, kemungkinan akan membawa pengaturan yang tidak diperlukan sketchup. Yang pada akhirnya akan membuat file sketchup Anda jadi lebih besar.

Misalnya saja, ketika Anda membuat gambar di autocad tentunya membuat banyak layers untuk kebutuhan sebuah garis di autocad. Sedangkan di sketchup, layer yang akan digunakan tidak sebanyak dan tidak serinci di autocad. Oleh karena itu, perlunya file autocad yang akan diimport ke sketchup dibersihkan terlebih dahulu.

Cara Membersihkan Gambar Autocad File Dwg

Ada beberapa langkah untuk membersihkan gambar autocad ini, dan cara ini tentu dapat Anda terapkan ketika ingin membersihkan file dwg.

1. Buka gambar autocad atau file dwg yang akan kita eksekusi menjadi sebuah 3D modeling. Disini saya menyediakan gambar contoh yaitu rumah tipe 45.

1-Membersihkan Gambar Autocad File DWG

2. Ketahui dengan satuan apa yang kita gunakan ketika melakukan proses membuat gambar kerja di autocad. Pada kasus kali ini, disini gambar memiliki satuan di autocad yaitu setiap 1 meter dituliskan dengan 100

Note: Bisa pula dikatakan membuat gambar kerja di autocad menggunakan satuan centimeter. Bagi yang menggunakan satuan gambar di autocad 1 meter sama dengan 1 berarti satuan membuat gambar kerja yang digunakan ialah meter. Kenapa sih hal ini perlu diketahui sebelumnya. Nanti akan ada pembahasannya kok. Tenang ae.

3. Buka file baru atau bisa tekan Ctrl+N untuk shortcut-nya

2-Membersihkan Gambar Autocad File DWG

Jika muncul gambar seperti di atas, langsung klik Open saja ya!

4. Setelah lembar baru/file baru terbuka, kita kembali ke file asli kita. Lalu kita seleksi semua gambar dengan cara menekan Ctrl+A untuk shortcut seleksi semua pada AutoCad

Menarik Juga  Termudah! Cara Import Autocad ke Sketchup

5. Setelah semua terseleksi, sekarang kita tekan Ctrl+C untuk melakukan perintah copy, kemudian klik ke lembar baru kita tadi. Lalu tekan Ctrl+V untuk melakukan perintah tempel atau paste. Kenapa langkah ini harus dilakukan? Supaya file asli gambar kerja kita tetap ada dan tidak bercampur aduk dengan file autocad yang akan kita import ke sketchup.

6. Sekarang kita fokus ke gambar kerja yang telah kita pastekan di lembar baru autocad kita. Langkah selanjutnya yaitu hapus semua garis, arsiran atau text yang tidak kita butuhkan. Langkah ini harus dilakukan untuk meminimalisir kesalahakan pembuatan face atau bidang pada sketchup. Untuk cara penghapusan, bisa ikuti langkah dibawah ini :

  • – Ctrl+A – X (Explode) – Enter

untuk memastikan tidak ada objek gambar yang masuk kedalam kategori block. Dan hapus gambar yang lainnya kecuali denah, tampak pintu dan jendela dan potongan. Pada kasus kali ini, kita akan dihadapkan untuk membuat tampak depan sekaligus 3D lengkapnya di SketchUp.

  • Klik kiri pada arsiran – klik kanan – Select Similar – E – Enter
  • Lakukan langkah diatas pada garis, arsiran dan text yang tidak akan kita gunakan ketika melakukan 3D modeling di sketchup.
  • Kemudian, Ctrl+A dan pindahkan seluruh layer ke layer 0. Kenapa harus begitu ? Nanti akan ada pembahasannya.
  • Jika sudah terpindah ke layer 0, ketikkan Perintah Purge – Enter
  • Berikan centang pada kolom yang ada (kotak merah), kemudian klik Purge All
  • Maka akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah ini, pilih Purge All Items
4-Membersihkan Gambar Autocad File DWG
Purge All Items
  • Selanjutnya tinggal kita simpan dan berikan nama sesuai keinginan yang terpenting tidak mereplace atau menindih file asli gamba kerja yang asli dan untuk sebagai masukan saya pribadi memberikan nama file ini dengan tambahan for 3D dibelakang nama file asli.
  • Begitulah cara membersihkan gambar autocad yang bisa saya bagikan.
Menarik Juga  Free download Component Sketchup Pintu

Bagi teman-teman yang mungkin merasa kebingungan berdasarkan artikel ini, bisa saja langsung menuju ke videonya yang juga dijelaskan secara lengkap.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara membersihkan gambar autocad. Ingat! Membersihkan gambar autocad atau file dwg itu sangat penting sebelum gambar autocad di import ke sketchup. Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan cara membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat dan Terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *