Seputar Bangunan

Cara Membuat Layer di Sketchup: Fungsi dan Contoh

19
×

Cara Membuat Layer di Sketchup: Fungsi dan Contoh

Share this article
Cara Membuat Layer di Sketchup
Cara Membuat Layer di Sketchup

Membuat Layer di Sketchup – Memfaatkan fitur layering pada saat menggunakan sketchup mungkin jarang dilakukan oleh sebagian besar penggunanya. Namun, asalkan bagi kamu yang ingin menghasilkan file 3D sketchup yang baik dan benar tentu perlu untuk membuat layer di sketchup ini.

Membuat Layer di Sketchup

Membuat layer di sketchup dapat membuat 3D modelingmu lebih termanajemen. Fitur Layering merupakan salah satu fitur yang sering diabaikan oleh user sketchup.

Padahal dengan menggunakan layering ini akan mempermudah kita juga ketika ada revisi pada 3D model serta membuat kinerja sketchup lebih ringan dengan ukuran file yang lebih kecil. Dengan memaksimalkan fitur layering dan custom shortcuts di sketchup, 3D model yang kita buat juga akan termanajemen dengan rapi.

1. Lirik menu yang berada di bagian kanan monitor yakni menu Default Tray

1. Membuat Layer Menggunakan Sketchup
Membuat Layer di Sketchup

2. Kemudian pilih Layers

2. Membuat Layer Menggunakan Sketchup
  • Tanda plus (+) untuk menambahkan layer baru
  • Tanda minus (-) untuk menghapus layer
  • Name : keterangan nama layer yang dibuat
  • Visible untuk menyembunyikan atau memunculkan 3D atau bidang pada layer tersebut
  • Color untuk merubah warna layer

Nah, ini yang saya tujukan sebagai fungsi purge di Autocad. Kenapa saya menyarankan purge all di autocad supaya pada layer sketchup kita hanya terdiri layer 0 dan tentunya layer di sketchup pastilah memiliki perbedaan dengan layer autocad.

Misalnya, untuk dinding di autocad kita biasanya membuatnya ada 3 layers yaitu dinding luar, dinding dalam dan arsiran. Di sketchup kita hanya membuat layer dinding dengan nama layer dinding.

3. Buat daftar layer seperti dibawah ini. Untuk warna disini saya tidak membuatnya secara satu per satu. Jika kalian ingin membuat memilih warna, silahkan dibuat sesuka hati kalian.

3. Membuat Layer Menggunakan Sketchup

Berikut tutorial video cara membuat layer menggunakan sketchup:

Menarik Juga  Rahasia Membuat Sketchup Menjadi Ringan dan Cepat
Membuat Layer Menggunakan Sketchup

Demikian artikel tutorial sketchup mengenai cara menggunakan layer pada sketchup. Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan cara membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak sudah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *