Seputar Bangunan

Cara Membuat Potongan di Sketchup

12
×

Cara Membuat Potongan di Sketchup

Share this article
Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section

Membuat Potongan

Potongan merupakan salah satu bagian dari gambar yang digunakan untuk melihat detail bagian dalamnya. Dengan menggunakan potongan gambar Anda dapat melihat elevasi plafon, ketinggian atap dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tips bagaimana cara membuat potongan di sketchup untuk dimasukkan ke Autocad.

Langkah-Langkah Membuat Potongan di Sketchup

Langkah 1 : Menampilkan Tool Section Sketchup

Untuk membuat potongan di sketchup, Anda dapat menggunakan tool sketchup yang bernama Section. Apabila tool section pada sketchup Anda belum ada, Anda dapat menampilkannya dengan cara : Klik Kanan pada aret tool bar yang kosong, kemudian cari Section dan jika tanda ceklist biru sudah terlihat maka tool section Anda sudah berada pada lembar kerja sketchup

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan SectionTutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
    Section Sketchup

Langkah 2 : Membuat Potongan pada Bangunan atau Ruangan

Tentukan dimana Anda ingin memotong bagian bangunan atau ruangan. Kemudian gunakan Section Plane pada tool section yang sudah diaktifkan untuk memotong bagian tersebut sehingga akan terlihat seperti contoh gambar dibawah ini:

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
Section Plane Sketchup

Langkah 3 : Gunakan Mode Parallel Projection

Untuk cara mengubah ke mode parallel projection, Anda dapat pilih Tab Camera kemudian pilih Parallel Projection. Setelah masuk di mode parallel projection, silahkan klik kanan pada section kemudian pilih Align View

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
Align View Parallel Projection

Setelah Anda malukan langkah tersebut, model gambar Anda di skechup akan ditampilan menjadi seperti berikut ini:

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
Tampilan Parallel Projection

Langkah 4 : Sembunyikan Model yang Tidak Digunakan

Menyembunyikan model seperti beberapa furnittur dan pohon(jika ada) merupakan akan membuat hasil potongan Anda lebih rapi saat dimasukkan ke Autocad.

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
Sembunyikan Model

Untuk menyembunyikan garis Section Plane, Anda dapat klik pada Display Section Planes yang berada pada menu tool Section

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
Menghilangkan Garis Potongan

Langkah 5 : Sesuaikan Styles

Pilih warna untuk mengisi bagian bangunan yang berlubang. Disini, saya menggunakan warna hitam sebagai warna untuk mengisi bagian kosong tersebut. Anda juga dapat menggunakan warna yang lainnya.

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
Menyesuaikan Style

Bonus Tips : Disaat Anda ingin mengimport scenes potongan ini ke layout sketchup, disarankan untuk menggunakan isian warna bangunan abu-abu dan ubah nilai Section Line Width menjad 1. Hal tersebut dapat membantu Anda ketika Anda ingin memperlihatkan lebih dekat bagian-bagian tertentu dari model Anda di layout sketchup.

Langkah 6 : Membuat Scenes

Setelah styles gambar sudah disesuaikan, langkah selanjutnya adalah membuat scenes pada gambar potongan yang sudah Anda buat dengan cara pilih Tab View – Animation – Add Scene

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
Membuat Scene

Baca Juga : Cara Meringankan Kinerja Sketchup

Langkah 7 : Export Scenes

Untuk melakukan export scenes, silahkan pergi ke Tab File – Export – 2D Graphic…

Tutorial Sketchup Membuat Potongan dengan Section
Melakukan Ekspor

Pada File Name silahkan isi sesuai dengan kehendak Anda, pada bagian Save as type pastikan pilih AutoCAD DWG File (*.dwg)

Penting Untuk Diperhatikan

Sebelum melakukan Export, pastikan Anda sudah klik pada scene potongan terlebih dahulu dan kemudian baru melakukan export. Beberapa pengguna sketchup melakukan sedikit orbit kemudian langsung mengexportnya yang menjadikan file Autocad mereka kacau. Jadi, pastikan Anda klik Scene Potongan terlebih dahulu dan berada di ketinggian yang tepat kemudian Export.

Kesalahan Umum Membuat Potongan

Berikut ini beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan ketika ingin membuat potongan dari sketchup untuk autocad:

1. Sketchup Mengekspor Banyak Garis dalam File DWG

Sketchup akan mengekspor apa yang terlihat pada lembar kerja sketchup. Jadi, pastikan Anda selalu mengubahnya ke mode parallel projection apabila akan membuat potongan di sketchup. Apabila tidak, akan ada banyak garis yang terekspor di dalam file dwg

2. Membutuhkan Waktu yang Lama Apabila…

Proses ekspor 2D ke autocad akan membutuhkan waktu yang lama sekali apabila semua yang terlihat pada lembar kerja model sketchup Anda langsung diekspor. Oleh karena itu, disarankan untuk menyembunyikan terlebih dahulu model yang lainnya. Sebagai contoh, semisal Anda ingin mengekspor tampak depan, maka sembunyikan dahulu semua model yang berada di sekitarnya hingga yang berada di lembar kerja sketchup hanya tampak depan saja. Setelah tampak depan sudah diekspor, barulah Anda mengekspor bagian-bagian yang ingin Anda ekspor lainnya. Dari semua file dwg hasil ekspor di sketchup Anda dapat menggabungkan menjadi satu file di Autocad dengan memasukkannya satu per satu.

Demikian artikel belajar sketchup mengenai cara membuat potongan di sketchup. Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *