BeritaTips dan Trik

Cara Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

17
×

Cara Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

Share this article
Cara Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan
Cara Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

Mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tentu menjadi impian sebagian besar orang. Terutama bagi para pencari karir baik itu fresh graduate maupun yang saat ini sudah bekerja. Saat ini, sudah bukan merupakan sebuah rahasia lagi bahwa kadangkala yang sudah bekerja tidak cocok dengan pekerjaan yang sedang dijalaninya saat ini.

Entah itu dikarenakan lingkungan pekerjaan, jarak tempat kerja dan berbagai macam alasan yang lainnya. Hal itulah yang terkadang memicu sebagian besar orang untuk mencari cara mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Pekerjaan yang Diinginkan

Pada umumnya, banyak individu yang memulai pencarian pekerjaan tidak selalu memprioritaskan kesesuaian pekerjaan dengan preferensi pribadi mereka. Prioritas utama seringkali menjadi mendapatkan pekerjaan dan memperoleh penghasilan.

Sebaliknya, perusahaan penyedia lowongan kerja juga seringkali mendesak untuk segera mengisi kebutuhan tenaga kerja.

Terkadang, mereka terpaksa menerima karyawan yang tidak sepenuhnya memenuhi semua kriteria yang diinginkan. Misalnya, walaupun syarat yang diminta adalah ABCD, namun kadang hanya ABD yang dapat dipenuhi. Fenomena ini sering menjadi penyebab tingginya tingkat pergantian karyawan dalam suatu perusahaan.

Baik pencari kerja maupun penyedia kerja memiliki keinginan untuk mencapai tujuan dengan cepat. Pencari kerja seringkali dihadapkan pada tantangan, mengingat banyaknya lowongan pekerjaan di media online dan offline tidak selalu menjamin kesuksesan dalam mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

Berbagai faktor dapat menjadi penyebabnya, mulai dari ketidakmemenuhi syarat utama, performa kurang memuaskan dalam wawancara kerja, hingga kesenjangan antara harapan dan realitas peluang pekerjaan. Bahkan, terkadang lamaran yang diajukan tidak sempat terbaca oleh pihak rekruter.

Menarik Juga  Cara Membuat Novel di Fizzo

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas strategi efektif untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan siapa tau bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari informasi ini.

Tips Mendapatkan Pekerjaan yang Diinginkan

Pada pencarian pekerjaan, pengharapan utama seorang pencari kerja adalah mendapatkan panggilan untuk wawancara, diikuti oleh negosiasi gaji dan kesepakatan waktu mulai bekerja. Namun, realitasnya seringkali memerlukan kesabaran, bahkan hingga tidak ada kabar sama sekali setelah mengirimkan beberapa lamaran pekerjaan dalam jangka waktu tertentu.

Pilih Pekerjaan Sesuai Minat

Penting untuk memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat, bukan hanya karena desakan untuk segera mendapatkan penghasilan. Minat yang besar dapat memberikan energi dan motivasi yang terbaca oleh perekrut.

Buat CV Menarik

Curriculum vitae adalah representasi diri Anda. Buat CV yang menarik, singkat, dan jelas, menonjolkan kelebihan-kelebihan Anda. Hindari panjang lebar dan gunakan format yang memudahkan perekrut untuk melihat keunggulan Anda.

Lakukan Follow Up

Follow up lamaran Anda setelah 1-2 hari jika melalui online. Pastikan bahwa lamaran Anda sudah diterima dan berikan keyakinan bahwa Anda sangat berminat dengan pekerjaan yang ditawarkan.

Kenali Perusahaan

Pahami produk, budaya, dan kebanggaan perusahaan yang dilamar. Pengetahuan ini tidak hanya menunjukkan minat Anda, tetapi juga kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Kenali Masalah dan Berikan Solusi

Analisis masalah yang dihadapi perusahaan dan tawarkan solusi dalam lamaran. Ini dapat membedakan Anda dari pesaing dan menunjukkan kemampuan problem-solving Anda.

Kesimpulan

Proses mencari pekerjaan kadang membutuhkan waktu yang lama, mulai dari mengirim lamaran hingga diterima sebagai karyawan. Dengan menerapkan tips cara mendapatkan pekerjaan yang diinginkan diatas, diharapkan kamu segera mendapatkan pekerjaan yang memang sesuai dengan keinginan Anda.

Menarik Juga  Keuntungan Menjadi Penulis Lepas: 10 Alasan untuk Mencobanya

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan tentu bekerja akan terasa lebih bertanggungjawab juga. Tetap Semangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *