Seputar Bangunan

Cara Mengatasi Bugsplat Sketchup, Lakukan 5+ Solusi Ini

45
×

Cara Mengatasi Bugsplat Sketchup, Lakukan 5+ Solusi Ini

Share this article

Cara Mengatasi Bugsplat Sketchup

Bugsplat sketchup merupakan masalah besar yang hampir semua pengguna sketchup pasti pernah mengalaminya. Alasan terbanyak dari penyebab bugsplat ini adalah file sketchup yang besar dan berat. Maka dari itu, sebisa mungkin Anda harus membuat model sketchup yang ringan untuk menghindari blugsplat sketchup ini. Mengetahui penyebab bugsplat sketchup secara detail juga perlu untuk Anda ketahui. Namun juga ada file sketchup yang besar tapi tidak mengalami bugsplat ketika dibuka dan diedit, hal itu bisa saja terjadi karena teknik menggambar sketchup yang benar sudah diterapkan.

Pada artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi blugsplat pada sketchup dan cara ini dapat Anda coba untuk berbagai macam versi sketchup yang Anda gunakan.

Tips Mengatasi Bugsplat Sketchup

Untuk mengatasi bugsplat pada sketchup ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Cara-caranya sebagai berikut ini:

Mengatur Fitur Auto-save Sketchup

Dengan mengatur fitur auto-save sketchup ini akan membuat Anda menjadi lebih aktif untuk selalu menyimpan model Anda setelah selesai membuat sesuatu. Jika Anda mengalami bugsplat dan pengaturan auto-save Anda masih dalam keadaan default. Silahkan cek letak file sketchup Anda, biasanya disana akan terdapat file dengan fotmat .skb sebagai backup model Anda. Silahkan ubah format dari .skb menjadi .skp untuk mengembalikan file sketchup terakhir Anda.

Apabila Anda tidak menemukan file .skb berarti Anda sudah menonaktifkan fitur auto-save. Jika ingin mengaktifkan kembali fitur tersebut, Anda bisa pergi ke Windows > Preferences > General. Kemudian silahkan aktifkan kembali fitur auto-save serta berapa lama jarak backup akan dilakukan oleh sketchup.

Cara Mengatasi Bugsplat Sketchup

Pada perangkat yang memiliki spesifikasi minimum, disarankan untuk dinonaktifkan saja karena dapat membuat perangkat Anda bekerja 2 kali lebih berat.

Melakukan Purge pada Model

Ini merupakan cara paling mudah untuk membuat 3D model menjadi lebih baik dan lebih cepat.

Buka Menu Windows > Model Info > Statistics

Cara Mengatasi Bugsplat Sketchup

Dengan melakukan purge ini akan membuat 3D model Anda lebih bersih. Kesalahan-kesalahan pada tambah 3D model yang tidak digunakan secara otomatis akan terhapus ketika Anda melakukan purge ini. Admin sarankan untuk sesekali melakukan purge ketika 3D model Anda sudah semakin banyak yang berada pada lembar kerja sketchup.

Baca Juga : Cara Melihat Volume di Sketchup

Melakukan Fix Problem

Masih di dalam jendela yang sama, lakukan “Fix Problem” untuk menghapus segala jenis kesalahan dalam 3D model Anda serta mencegah model Anda mendapatkan kesalah bugsplat

Cara Mengatasi Bugsplat Sketchup

Membuat Salinan Model

Membuat salinan model ini adalah melakukan Save As pada 3D model Anda mengalami bugsplat sketchup. Walaupun sudah melakukan purge dan fix problem, melaukan Save As ini juga perlu Anda lakukan sekedar hanya sebagai pencegahan.

Sekedar perlu untuk diketahui, banyak yang berhasil mengatasi bugsplat menggunakan cara save as ini atau Anda dapat menyalin 3D model Anda kemudian menempelkannya pada lembar sketchup yang baru.

Artikel Terkait : Tutorial Lumion Bahasa Indonesia

Mengatur Tampilan Lembar Kerja

Gunakan lembar kerja yang sesederhana mungkin. Tanpa bayangan, menonaktifkan garis profil dan sebagainya. Hal seperti itu terkadang akan memperlambat program sketchup yang pada akhirnya menyebabkan crash.

Hapus Geometri Tersembunyi

Model yang memiliki banyak geometri terlebih lagi tersembunyi juga dapat menyebabkan sketchup menjadi berat dan crash. Jadi, pastikan tidak ada banyak geometri yang tersembunyi pada 3D model Anda. Terlebih lagi Anda menggunakan komponen dari 3D Warehouse yang tanpa Anda ketahui mungkin saja dari komponen sana terdapat banyak geometri yang tersembunyi.

Untuk menampilkan geometri yang tersembunyi, Anda dapat pergi ke Tab View, kemudian klik pada Hidden Geometry. Setelah itu akan terlihat semua geometri yang terdapat pada 3D model Anda kemudian hapus hidden geometri tersebut dengan menggunakan Eraser.

Cara Mengatasi Bugsplat Sketchup

Mengatur Nama Scenes

Membuat nama scenes yang tidak biasa seperti mengandung karakter (* ? < > @ #) juga dapat menyebabkan masalah pada sketchup Anda. Oleh karena itu, gunakan nama pada scenes sewajarnya menggunakan huruf atau angka.

Memaksimalkan Fitur Layering

Apabila pada model Anda terdapat komponen yang berat seperti manusia, pohon, tumbuhan, mobil dan sebagainya pisahkan kompoonen tersebut menggnakan fitur layering di sketchup. Kemudian nonaktifkan sementara hingga model akan benar-benar siap untuk dilakukan rendering.

File Sketchup Rusak

Kemungkinan file sketchup rusak bisa saja terjadi tanpa sebab yang tidak Anda ketahui. Oleh karena itu, copy semua 3D model Anda kemudian buka lembar kerja sketchup baru dan lakukan save pada lembar kerja yang baru.

Ukuran File Sketchup Besar

Sebelum membuka suatu file sketchup, lihat terlebih dahulu berapa ukuran file sketchup tersebut, Apabila file sketchup memiliki ukuran yang besar, pastikan Anda menonaktifkan semua program yang sedang berjalan barulah membuka file sketchup tersebut. Langkah tersebut perlu Anda lakukan untuk menjaga kestabilan kinerja perangkat yang Anda gunakan.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi bugsplat pada sketchup. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *