Tips dan Trik

Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Dicoba

9
×

Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Dicoba

Share this article
Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Dicoba

Mengatasi Printer Offline

Mengatasi printer offline bukanlah hal yang sulit apabila Anda sudah megetahui cara dan penyebab printer offline. Karena pada dasarnya kegiatan mencetak akan terganggu sekali apabila Anda mengalami printer offline diiringi dengan file harus segera dicetak untuk keperluan tertentu.

Anda dapat menggunakan cara mengatasi printer offline menjadi online yang akan dibahas pada artikel ini. Namun sebelum melangkah ke cara mengatasi printer offline ini, ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab printer offline secara singkat berikut ini:

  • Printer Tidak Kompatibel
  • Masalah Pada Kabel Power
  • Masalah Instalasi Driver Printer
  • Masalah Kertas dan Tinta
  • Masalah Kerusakan pada Hardware

Dari penyebab printer offline diatas, apabila printer Anda tidak mengenai pada masalah yang terakhir yakni masalah kerusakan pada hardware cobalah untuk mengatasinya sendiri.

Baca Juga : Penyebab Printer Offline Beserta Penjelasannya

Bagaimana Cara Mengatasi Printer Offline?

Untuk mengatasi printer offline agar dapat digunakan mencetak dokumen kembali dapat Anda lakukan cara-cara dibawah ini:

Update Driver Printer

Driver merupakan sebuah program khusus yang digunakan untuk menjalankan suatu perangkat keras agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Apabila Anda menggunakan komputer dengan Windows 10, Anda dapat mengikuti cara mengatasi printer offline di windows 10 dengan melakukan update driver berikut ini:

  • Klik kanan tombol “Start” pada pojok kiri bawah laman utama Windows
  • Kemudian pilih “Device Manager”

Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Dicoba

  • Kemudian pilih “Printers”
  • Selanjutnya klik kanan pada printer yang ingin dilakukan “update driver-nya”
  • Pilih opsi “Update Driver”
  • Kemudian klik “Search Automatically for Update Driver Software” apabila Anda ingin langsung melakukan update driver menggunakan koneksi internet
  • Apabila tidak terdapat koneksi internet, pastikan Anda sudah memiliki driver printer yang sudah update kemudian klik pada opsi “Browse My Computer for Driver Software” dan cari lokasi driver printer dimana Anda menyimpannya.

Instal Ulang Driver Printer

Cara memperbaiki printer offline ke online selanjutnya adalah dengan melakukan install ulang driver printer. Cara ini merupakan salah satu cara yang sering juga digunakan pada permasalah-permasalahan lain yang terdapat pada hardware ataupun software tertentu. Berikut cara instal ulang driver printer:

  • Buka menu Start (Logo WIndows) kemudian pilih menu Settings (Ikon Gear)
  • Kemudian pada jendela settings, silahkan pilih pada “Devices
  • Klik opsi Printers & Scanner
  • Kemudian pilih pada driver printer yang ingin dilakukan pemsangan ulang
  • Klik Remove Device. Dengan demikian, driver printer Anda akan terhapus pada laptop atau komputer yang Anda gunakan.

Setelah Anda berhasil menghapus driver dari perangkat yang Anda gunakan, selanjutnya Anda dapat melakukan pemasangan ulang driver printer tersebut dengan cara sebagai berikut:

  • Pada jendela Printers & Scanners klik Add a Printer or Scanner

Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Dicoba

  • Pastikan printer Anda dalam kondisi menyala dan kabel koneksi USB terhubung ke perangkat Anda, kemudian Anda tinggal menunggu hingga printer Anda terdeteksi, selanjutnya Anda dapat langsung memilih opsi Add Device
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai dilakukan
  • Ketika proses instalasi sudah selesai, biasanya printer akan secara otomatis sudah dalam keadaan ready yang berarti siap untuk digunakan.

Cek Tinta Printer

Mengatasi printer yang offline selanjutnya adalah dengan cara cek tinta pada wadah tinta printer yang telah disediakan. Beberapa pengguna printer sering mengabaikan untuk melakukan cek tinta sebelum mencetak dokumen sehingga menjadikan printer tersebut menjadi tidak dapat digunakan.

Segera lakukan pengisian tinta sebelum tinta yang berada pada printer Anda habis. Langkah ini juga merupakan salah satu cara untuk merawat catridge printer agar lebih awet untuk jangka panjang. Isikan tinta printer sesuai dengan merk dan tipe printer yang Anda gunakan serta sesuaikan juga dengan metode suntik maupun infus.

Cek Kabel Power dan Konektivitas Printer

Printer offline juga dapat terjadi diakibatkan kabel power yang tidak tersambung dengan baik pada sumber listrik atau kabel konektivitas printer tidak tersambung dengan baik pada perangkat yang Anda gunakan. Apabila printer Anda mengalami offline, coba untuk cek pada kedua kabel tersebut siapa tau diantara kabel tersebut ada kabel yang sudah tidak berfungsi dengan baik.

Melakukan pengecekan pada kabel ini merupakan opsi terbaik bagi Anda sebelum membawa printer Anda ke jasa service printer. Carilah pinjaman kabel di lingkungan sekitar Anda atau teman Anda untuk menguji printer Anda sementara. Jika dengan kabel yang Anda pinjam printer Anda normal, maka Anda hanya perlu untuk membelikan kabel yang baru untuk printer Anda.

Artikel Terkait : Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet

Isi Kertas pada Tempat Kertas

Permasalahan printer berikut ini biasanya ditandai dengan tanda peringatan atau notifikasi pada layar monitor Anda dengan Cut of Paper. Yang penyebab utamanya tidak lain printer Anda kehabisan kertas pada saat proses mencetak dokumen sedang berjalan. Anda hanya perlu menambahkan kertas pada wadah kertas untuk mengatasi printer yang offline.

Pastikan Anda sudah menyediakan jumlah kertas yang sesuai dengan jumlah halaman pada dokumen yang akan Anda cetak. Alangkah baiknya, Anda menyediakan kertas yang melebihi dari jumlah halaman dokumen yang akan Anda cetak.

Mengatasi Kertas Tersangkut

Kertas yang tersangkut atau peringatan Paper Jam merupakan problematika yang hampir semua pengguna printer pernah mengalaminya. Bagi Anda yang masih pemula dalam penggunaan printer, jangan panik dan jangan cemas ketika mengalami masalah tersebut.

Anda cukup mematikan printer Anda terlebih dahulu, kemudian tarik pelan-pelan kertas secara manual dari printer Anda. Penarikan kertas yang hati-hati dilakukan untuk menghindari kertas sobek dan kemudian nyangkut di dalam printer. Ketika kertas sobek dan nyangkut di dalam printer, otomatis Anda harus membuka printer Anda kemudian mengambil sobekan kertas tersebut dengan hati-hati.

Restart Spooler Service pada Printer

Setelah printer mengalami paper jam, terkadang printer akan tetap pada kondisi offline. Oleh karena itu, mengatasi printer yang offline dengan cara merestart spooler service ini akan menjadi solusi bagi Anda. Printer spooler adalah file utama dengan format exe (executable) yang memiliki peran untuk melakukan proses mencetak dokumen, baik itu proses load driver printer, scheduling waktu printing, dan sebagainya.

Karena file spooler printer juga dapat menyebabkan masalah printer offline, maka Anda harus dapat melakukan maslah pada printer spooler ini. Untuk bagaimana cara restart spooler service pada printer, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pergi ke aplikasi “service” pada komputer dengan cara ketikkan “service” pada search bar windows Anda.

Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Dicoba

  • Kemudian cari dan pilih Print Spooler

Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Dicoba

  • Selanjutnya klik kanan dan pilih Restart apabila pada bagian status bertuliskan running
  • Apabila pada bagian status masih kosong, silahkan Anda pilih opsi Start untuk menjalankannya.

Membawa ke Tempat Service Printer

Apabila dari cara-cara diatas sudah Anda lakukan dan printer Anda masih tetap offline, silahkan bawa printer Anda ke tempat service terpercaya yang berada di dekat Anda. Barangkali printer Anda mengalami kerusakan pada komponen-komponen dalam yang harus diberikan sentuhan oleh yang lebih ahli dibidangnya. Ada kemungkinan juga terdapat sedikit debu yang masuk pada komponen printer di dalam sehingga printer tidak dapat terbaca. Oleh sebab itu, datang ke tempat service printer merupakan tindakan yang tepat untuk Anda lakukan.

Permasalahan yang terdapat pada printer, kerap kali membuat pusing dan frustasi. Terlebih lagi apabila Anda memiliki deadline pekerjaan atau tugas yang diharuskan untuk mengumpulkan berkas sesegera mungkin. Dengan demikian, cara mengatasi printer offline diatas perlu untuk Anda ketahui supaya Anda tidak terlalu cemas dan panik ketika printer yang offline tiba-tiba terjadi.

Demikian yang dapat disampaikan pada postingan tips printer kali ini, jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih bnayak terlah berkunjung di nekbutuhaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *