Finansial

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Excel dengan Mudah

15
×

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Excel dengan Mudah

Share this article
Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Excel
Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Excel

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Excel – Mengatur keuangan pribadi yang sehat dan tertata dengan rapi serta konsisten tentu menjadi impian bagi sebagian besar orang. Baik keuangan pribadi maupun keuangan usaha kecil yang sedang dibangun.

Namun, masih terjadi banyaknya orang yang kurang akan pengetahuan tentang finansial. Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama belajar tentang bagaimana cara mengatur keuangan pribadi di excel untuk mempermudah pengecekan dan penjumlahannya.

 

Tips Mengatur Keuangan Pribadi

Ada beberapa tips untuk mengatur keuangan pribadi yang dapat diterapkan ke dalam diri invidu manusia. Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari mengatur finansial yang baik dan tertata.

Apabila Anda menemukan artikel ini, marilah kita bersama-sama untuk belajar mengatur keuangan pribadi supaya meminimalisir terjadi keuangan yang berantakan di masa mendatang.

Membuat Anggaran Bulanan

Guna mendapatkan catatan atau laporan keuangna yang jelas pada pribadi Anda, cobalah untuk membuat anggaran bulanan Anda. Anggaran bulanan ini berisi tentang semua jenis pengenluaran yang Anda lakukan selama satu bulan. Terdapat dua jenis pengeluaran, yakni pengeluaran pokok dan pengeluaran konsumtif.

Catatlah semua pengeluaran tersebut sehingga mendapatkan anggaran bulanan yang sesuai dengan realitas bulanan Anda. Ini sangat penting dilalukan untuk nantinya mempermudah Anda dalam mengetur keuangan di excel.

Sisihkan Dana Darurat

Mendapatkan penghasil pada awal bulan lebih baik langsung Anda sisihkan sebagai uang untuk dialokasi ke dana darurat. Dana darurat haruslah ada pada setiap laporan keuangan yang dibuat.

Menarik Juga  Tips Alokasi Gaji 2 Juta dalam Sebulan

Dana darurat berfungsi untuk menjadi dana yang kebutuhannya bersifat mendadak atau darurat, misalkan motor Anda tiba-tiba rusak dan harus melakukan bongkar mesin. Maka Anda dapat menggunakan dana darurat tersebut untuk memperbaiki kendaraan Anda.

Menghemat Pengeluaran

Setelah Anda berhasil membuat anggaran bulanan, pastinya Anda akan menemukan sebuah pengeluaran yang menurut Anda sendiri itu tidak terlalu penting untuk kehidupan Anda. Oleh karena itu, menghemat disini bukan bermaksud untuk membuat Anda tertekan dengan kehidupan yang ada.

Namun, berhemat yang dimaksud disini adalah menghindari pengeluaran yang kurang bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat untuk dialokasikan ke dana yang lainnya. Misalnya Anda nongkrong atau ngopi satu minggu selama satu kali, Anda dapat belajar menghemat dengan nongkrong satu bulan hanya dua kali.

Sisihkan untuk Tabungan atau Investasi

Penting juga bagi Anda dalam mengatur keuangan pribadi untuk menabung atau berinvestasi. Hal ini akan membuat Anda dapat menjadi berkecukupan di masa yang akan datang.

Bagi para pemula, disarankan untuk menabung terlebih dahulu. Setelah tabungan yang dimiliki sudah memiliki jumlah yang cukup lumayan, Anda dapat menggunakan sebagian dari tabungan tersebut untuk mulai belajar berinvestasi.

Berinvestasi akan mengembangkan nilai dari kekayaan atau mempertahankan nilai kekayaan Anda, itu semua tergantung pada jenis instrumen investasi yang digunakan.

 

Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Excel

Mengatur keuangan di excel akan terasa lebih mudah karena Anda tidak perlu untuk menggunakan kalkulator dalam melakukan jumlah anggaran secara total. Selain itu, Anda juga tidak perlu capek-capek untuk menggarisi kolom satu per satu.

Semua akan dipraktiskan hanya dengan menggunakan excel mulai dari rumus penjumlahan hingga kolom-kolom yang disediakan dan bisa disesuaikan.

Menarik Juga  Cara Mengelola Keuangan Usaha Dagang Kecil

Untuk mengatur keuangan sederhana di excel, Anda harus membuat beberapa sheet untuk mempermudah dalam melakukan pengaturan keuangan tersebut.

  1. Sheet pertama, berisi tentang pengeluaran dan pendapatan setiap harinya. Gunakanlah pengaturan kolom debet dan kredit dimana setiap pendapatan akan masuk di kolom debet dan setiap pengeluaran akan masuk di kolom kredit. Jangan lupa tambahkan rumus =SUM di akhir kolom agar berapa banyak uang yang dihabiskan setiap bulannya dapat langsung terjumlahkan.
  2. Sheet kedua, kolom-kolom pengelompokan pengeluaran berdasarkan anggaran bulanan Anda. Misal, pulsa, token, biaya sekolah anak masuk ke kolom tagihan. Sayuram, daging, air galon, minyak, telur masuk ke kolom kebutuhan pokok. Untuk jajanan di luar, seperti bakso, kripik, minuman susu murni akan masuk ke kolom keinginan. Jadi pada bagian ini, Anda harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan.
  3. Sheet ketiga, isikan dengan pengelompokan semua pengeluaran dan pendapatan atau bisa dikatakan sebagai rangkuman dari kolom-kolom yang berada pada sheet kedua. Dimana hasil akhirnya akan terdapat total pendapatan dan total pengeluaran dengan sub pengeluaran tagiha, kebutuhan dan keinginan.
Dengan melakukan pencatatan keuangan di excel, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk mulai menganalisis apakah keinginan yang didapat lebih besar dari biaya kebutuhan? Kemudian keinginan mana saja yang dapat dikurangi?

Dengan melakukan hal tersebut, akan membuat Anda menjadi lebih teliti lagi dan disiplin setiap akan mengeluarkan uang Anda.

 

Contoh Mengatur Keuangan Pribadi di Excel

Setelah mengetahui bagaimana tips mengatur keunagan pribadi secara sederhana beserta cara mengatur keuangan pribadi di excel. Berikut diberikan contoh laporan keuangan yang lain yang mungkin dapat Anda jadikan referensi juga sebagai bahan untuk laporan keuangan Anda.

Contoh Mengatur Keuangan Pribadi di Excel
Contoh Mengatur Keuangan Pribadi di Excel

Dari contoh tersebut sangat dijelas digunakan untuk pengaturan keuangan pribadi. Dimana pemasukan (debet) dan pengeluaran (kredit) ditulis secara singkat sesuai dengan cara mengatur keuangan pribadi di excel pada sheet ketiga.

Menarik Juga  Jangan Lewatkan! Cara Mengelola Uang Agar Berkembang: Panduan Lengkap untuk Pemula

Itulah contoh sederhana yang dapat Anda gunakan pada excel untuk mengatur keuangan pribadi Anda.

 

Kesimpulan

Mengatur keuangan pribadi tentu menjadi hal dasar bagi setiap manusia yang memiliki penghasilan. Oleh karena itu, mari bersama-sama kita belajar bagaimana cara mengatur keuangan dari penghasilan kita supaya tidak sia-sia begitu saja.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, diharapkan dapat memberikan Anda pandangan baru perihal mengelola keunagan pribadi menggunakan excel.

Demikian artikel mengenai tips mengatur keuangan pribadi di excel. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupakan lakukan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Terima kasih banyak telah membaca dan berkunjung di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *