Tips dan Trik

Cara Menggunakan Printer Epson L3210 Dengan Mudah

26
×

Cara Menggunakan Printer Epson L3210 Dengan Mudah

Share this article
Cara Menggunakan Printer Epson L3210
Cara Menggunakan Printer Epson L3210

Cara Menggunakan Printer Epson L3210 dengan mudah perlu Anda pelajari dan pahami terlebih dahulu sebelum menggunakan printer ini, terutama bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dengan pemakaian printer.

Pada printer Epson L3210 perlu dilakukan sedikit pengatur sebelum penggunaannya. Ini akan cocok bagi Anda yang baru saja membeli baru printer type ini.

Anda tidak perlu khawatir dengan cara melakukan setting pertama kali printer Epson L3210 karena pada postingan ini akan dibahas selengkapnya tentang perihal itu.

Perlu untuk diketahui bahwa printer Epson L3210 ini juga banyak dijual online dengan kondisi bekar. Namun sangat tidak disarankan untuk membeli printer bekas karena perangkat keras komputer yang satu ini biasanya sering bermasalah apabila sudah cukup berumur.

Komponen dari printer yang sering bermasalah ketika sudah berumur adalah bagian head printnya.

Jika Anda sudah terbiasa servis printer mungkin hal ini bukan merupakan hal ribet bagi Anda, tapi bagi yang masih awam terkait printer masalah yang timbul sebab head print akan membuat pusing dan bingung.

Bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan printer Epson L3210 ini, silahkan ikuti tutorial printer berikut ini:

Spesifikasi Singkat Printer Epson L3210

Printer epson L3210 dirancang untuk semaksimal mungkin dapat menghemat biaya bisnis maupun produktivitas pencetakan. Anda dapat menggunakan printer ini untuk mencetak sampai 4500 halaman hitam putih dan sampai 7500 halaman warna.

Printer ini juga sudah dilengkapi dengan print, scan, dan copy. Dengan demikian Anda akan menghemat banyak biaya juga karena tidak perlu pergi kemanapun untuk melakukan scan dan copy.

Menarik Juga  Cara Merawat VGA Card Agar Tetap Awet

Cara Menggunakan Printer Epson L3210

Berikut cara menggunakan printer epson L3210 bagi Anda yang masi belum mengetahuinya:

Pengisian Tinta pada Tangki Printer

Dengan kondisi printer yang benar-benar baru pasti tidak terdapat sedikitpun tinta yang berada pada tangki tinta printer. Oleh karena itu, isikan tinta printer terlebih dahulu.

Usahakan selalu menggunakan tinta original dari epson untuk menjaga mesin printer agar lebih awet.

Untuk cara pengisian, terlebih dahulu buka tinta original yang sebelumnya sudah Anda beli. Kemudian buka penutup tangki tinta sesuai dengan warna yang akan diisikan.

Pastikan Anda mengisi tinta sesuai dengan kode warna yang sudah tertera diatas tangki tinta printer.

Warna tinta pada printer ini terdiri dari B, Y, M, C dengan kepanjangan Black, Yellow, Magenta, dan Cyan. Pada saat proses pengisian tinta, selalu perhatikan pada bagian depan tangki printer.

Apabila tinta yang terisi sudah penuh segera lepas botol tinta agar tidak terjadi tinta yang meluber.

Sebagai contoh, apabila Anda akan mengisikan tinta warna hitam, maka buka penutup tangki printer yang B (Black) saja biarkan yang lainnya tertutup. Dan begitu seterusnya untuk menghindari kotoran yang masuk pada tangki printer tinta.

Menyalakan Printer L3210

Seperti halnya barang elektronik lainnya, untuk menyalakan printer ini pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menghubungkan kabel power printer ke sumber listrik (Stopkontak) terlebih dahulu.

Kemudian barulah menghubungkan kabel konektor dari printer ke perangkat laptop atau komputer.

Setelah semuanya sudah, nyalakan printer Anda dengan menggunakan tombol power yang berada di bagian atas printer.

Saat pertama kali dinyalakan, printer akan menunjukkan indikator water drop (tetesan air) dimana Anda harus menekan dan menahan tombol tersebut kurang lebih 5 detik.

Menarik Juga  Cara Cleaning Printer Epson L121

Hal tersebut dilakukan untuk mengalirkan tinta dari tangki menuju ke bagian haed.

Apabila printer Anda belum juga terhubung, itu berarti Anda harus melakukan install driver. Untuk mengunduh driver printer epson L3210, Anda dapat langsung mengunjung situs resmi Epson Indoensia.

Cara instal driver printer cukup mudah, hanya tinggal buka driver yang sudah terdownload kemudian ikuti langkahnya sampai Finish.

Cara Print Epson L3210

Pastikan Anda sudah memiliki kertas dan letakkan kertas pada bagian atas belakang printer (biasanya tertutup). Silahkan Anda buka terlebih dahulu kemudian barulah memasukkan kertasnya.

Setelah itu, buka Microsoft Word kemudian ketikkan sembarang lalu tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl + P untuk menjalankan perintah mencetak. Pilih printer Epson L3210 dan tunggu hingga proses cetak dokumen pertama Anda.

Demikian cara menggunakan printer epson L3210 dengan Mudah. Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya. Semoga Bermanfaat.

Terima kasih banyak sudah berkunjung di nekbutuhaja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *