Tips dan Trik

Harus Tau! Cara Menulis Biografi Singkat

69
×

Harus Tau! Cara Menulis Biografi Singkat

Share this article
Cara Menulis Biografi Singkat
Cara Menulis Biografi Singkat

Cara Menulis Biografi Singkat – Biografi adalah kisah atau riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Biografi biasanya berisi identitas, latar belakang, peristiwa penting, prestasi, dan kontribusi dari tokoh yang diceritakan. Biografi singkat adalah biografi yang hanya memuat informasi penting dan relevan dengan tujuan penulisan. Biografi singkat sering digunakan untuk memperkenalkan diri, melamar pekerjaan, atau mempromosikan karya.

Langkah-Langkah Menulis Biografi Singkat

Menulis biografi singkat tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah berikut:

Tentukan Tokoh dan Tujuan Penulisan

Langkah pertama adalah menentukan siapa tokoh yang akan Anda tulis biografinya dan apa tujuan Anda menulis biografi tersebut. Tokoh bisa berupa diri Anda sendiri atau orang lain yang Anda kagumi atau tertarik dengan kisah hidupnya. Tujuan penulisan bisa berupa untuk memperkenalkan diri, melamar pekerjaan, mempromosikan karya, atau sekadar berbagi pengalaman.

Lakukan Riset dan Kumpulkan Data

Langkah kedua adalah melakukan riset dan mengumpulkan data tentang tokoh yang akan Anda tulis biografinya. Anda bisa mencari sumber-sumber yang terpercaya, seperti buku, artikel, wawancara, atau media sosial. Data yang perlu Anda kumpulkan meliputi:

  1. Nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, dan asal-usul tokoh
  2. Latar belakang keluarga, pendidikan, dan karir tokoh
  3. Peristiwa penting, prestasi, dan kontribusi tokoh
  4. Minat, bakat, dan cita-cita tokoh
  5. Kekuatan, kelemahan, dan tantangan tokoh

Susun Kerangka dan Urutkan Kronologi

Langkah ketiga adalah menyusun kerangka dan mengurutkan kronologi dari biografi singkat yang akan Anda tulis. Kerangka biografi singkat biasanya terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Orientasi: bagian yang memperkenalkan tokoh dan memberikan latar belakang umum tentang tokoh
  • Kejadian penting: bagian yang menceritakan rangkaian peristiwa penting yang dialami tokoh secara kronologis atau menurut urutan waktu
  • Reorientasi: bagian yang memberikan komentar, kesimpulan, atau pesan dari biografi singkat yang telah ditulis

Tulis Biografi Singkat dengan Bahasa yang Menarik

Langkah keempat adalah menulis biografi singkat dengan bahasa yang menarik, sesuai dengan tujuan penulisan dan sasaran pembaca. Anda bisa menggunakan bahasa informal yang ringan, dengan paragraf yang padat dan gaya percakapan informatif. Anda juga bisa menambahkan kata-kata yang menggambarkan emosi, motivasi, atau kepribadian tokoh. Hindari penggunaan kata sifat yang berlebihan, dan lebih fokus pada kata kerja yang menunjukkan pencapaian atau kontribusi tokoh.

Revisi dan Koreksi Biografi Singkat

Langkah kelima adalah merevisi dan mengoreksi biografi singkat yang telah Anda tulis. Anda bisa memeriksa kembali apakah biografi singkat Anda sudah sesuai dengan tujuan penulisan, sasaran pembaca, dan data yang valid. Anda juga bisa memeriksa kembali apakah biografi singkat Anda sudah menggunakan bahasa baku, tata bahasa, dan ejaan yang benar. Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk memberikan masukan atau saran untuk memperbaiki biografi singkat Anda.

Tips Menulis Biografi Singkat yang Baik

Penulisan sebuah biografi yang baik tidak lepas dari beberapa aturan atau cara yang harus digunakan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis biografi singkat:

  1. Sajikan informasi yang akurat dan terverifikasi. Jika terdapat keraguan, jangan pernah ragu untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Dan ingat, selalu berikan rujukan yang dapat dipercaya.
  2. Perhatikan kata demi kata yang digunakan beserta gaya penulisannya. Anda harus memilih kata-kata yang tepat untuk menggambarkan subjek biografi.
  3. Buatlah dengan gaya penulisan yang sesuai dengan audiens yang Anda targetkan. Anda dapat menggunakan gaya penulisan formal, informal atau bahkan kreatif jika memang sesaui dengan konteks.
  4. Struktur penulisan kalimat yang baik dengan alur yang mudah dipahami.
  5. Berikan highlight pada aspek menarik dan relevan dalam kehidupan subjek biografi.
  6. Hindari pada detail yang kurang signifikan.
  7. Pilih peristiwa penting dalam kehidupan subjek, seperti pencapaian, pengaruh, atau momen besar yang dialami.
  8. Jangan ragu untuk mengeksporasi perasaan dan emosi subjek. Misalnya Anda menambahkan cerita perjuangan, kesulitan, rintangan, harapan yang pernah dihadapi oleh subjek.
  9. Tetap objektif dalam menulis biografi.
  10. Tetap jaga antara fakta dan interpretasi, dan biarkan pembaca membentuk opini mereka sendiri tentang subjek biografi.

Kesimpulan

Demikianlah langkah-langkah menulis biografi singkat yang bisa Anda coba. Menulis biografi singkat bisa menjadi cara yang efektif untuk memperkenalkan diri, melamar pekerjaan, mempromosikan karya, atau berbagi pengalaman. Biografi singkat juga bisa menjadi sumber inspirasi atau motivasi bagi pembaca yang tertarik dengan kisah hidup tokoh yang Anda tulis. Selamat mencoba!

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang biografi singkat:

Apa bedanya biografi singkat dengan autobiografi?

Biografi singkat adalah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi adalah kisah hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Apa bedanya biografi singkat dengan profil?

Biografi singkat adalah kisah hidup seseorang yang berisi identitas, latar belakang, peristiwa penting, prestasi, dan kontribusi, sedangkan profil adalah gambaran singkat tentang seseorang yang berisi identitas, latar belakang, dan keahlian.

Berapa panjang biografi singkat yang ideal?

Tidak ada aturan pasti tentang panjang biografi singkat, tetapi biasanya berkisar antara 200 hingga 500 kata, tergantung pada tujuan penulisan dan sasaran pembaca.

Bagaimana cara menulis biografi singkat yang menarik?

Cara menulis biografi singkat yang menarik adalah dengan menggunakan bahasa yang ringan, paragraf yang padat, gaya percakapan informatif, dan kata-kata yang menggambarkan emosi, motivasi, atau kepribadian tokoh.

Bagaimana cara menulis biografi singkat yang profesional?

Cara menulis biografi singkat yang profesional adalah dengan menggunakan bahasa baku, tata bahasa, dan ejaan yang benar, serta hanya mencantumkan informasi yang mendukung dan relevan dengan tujuan penulisan, seperti pendidikan, karir, prestasi, dan kontribusi tokoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *