Tips dan Trik

Ketahui Cara Menulis Cerita di Wattpad untuk Pemula

23
×

Ketahui Cara Menulis Cerita di Wattpad untuk Pemula

Share this article
Cara Menulis Cerita di Wattpad untuk Pemula
Cara Menulis Cerita di Wattpad untuk Pemula

Cara Menulis Cerita di Wattpad untuk Pemula – Wattpad adalah platform berbagi cerita online yang populer di seluruh dunia. Di sini, Anda bisa menulis cerita apa saja yang Anda suka, mulai dari fiksi, non fiksi, fanfiksi, hingga puisi. Anda juga bisa membaca cerita-cerita menarik dari penulis lain, memberi komentar, dan berinteraksi dengan komunitas Wattpad.

Namun, menulis cerita di Wattpad tidak semudah yang dibayangkan. Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar cerita Anda bisa menarik perhatian pembaca dan mendapatkan banyak bintang, suka, dan pengikut. Apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

Cara Menulis Cerita di Wattpad

Mungkin bagi sebagian besar orang sudah mengetahui bagaimana cara membuat cerita. Namun, kali ini kami akan mencoba memberikan sebuah tips tentang cara membuat cerita di Wattpad. Dari tips yang akan dijabarkan kali diharapkan dapat memberikan pandangan bagi Anda yang masih pemula dalam menulis cerita di Wattpad.

Tentukan Genre dan Target Pembaca Cerita Anda

Sebelum Anda mulai menulis cerita, Anda perlu menentukan genre dan target pembaca cerita Anda. Genre adalah kategori cerita yang menunjukkan tema, suasana, dan gaya cerita Anda. Beberapa genre yang populer di Wattpad adalah romansa, fantasi, horor, thriller, dan misteri.

Target pembaca adalah kelompok orang yang Anda harapkan akan tertarik dengan cerita Anda. Misalnya, jika Anda menulis cerita romansa remaja, maka target pembaca Anda adalah remaja yang suka dengan cerita cinta.

Menentukan genre dan target pembaca cerita Anda akan membantu Anda menulis cerita yang sesuai dengan selera dan minat pembaca. Anda juga bisa menyesuaikan bahasa, karakter, konflik, dan alur cerita Anda dengan genre dan target pembaca Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menentukan tag atau kata kunci yang relevan dengan genre dan target pembaca Anda. Tag adalah kata-kata yang digunakan untuk menggambarkan cerita Anda dan membantu pembaca menemukan cerita Anda di Wattpad.

Buat Judul dan Sampul Cerita yang Menarik

Setelah itu, tips menulis cerita di Wattpad selanjutlah adalah membuat judul dan sampul. Hal inilah yang pertama kali dilihat oleh pembaca saat mereka mencari cerita di Wattpad. Oleh karena itu, Anda perlu membuat judul dan sampul cerita yang menarik dan mampu menarik perhatian pembaca.

Judul cerita harus singkat, jelas, dan mudah diingat. Anda bisa menggunakan kata-kata yang unik, menarik, atau provokatif untuk membuat judul cerita Anda.
Contohnya, “Ketika Cinta Bertemu Benci”, “Malaikat Tanpa Sayap”, atau “Aku Bukan Boneka”.

Sampul cerita adalah gambar yang mewakili cerita Anda. Anda bisa membuat sampul cerita dengan menggunakan aplikasi desain grafis, seperti Canva, PicsArt, atau Photoshop. Anda juga bisa menggunakan gambar-gambar gratis yang tersedia di internet, seperti Unsplash, Pixabay, atau Pexels.

Pastikan gambar yang Anda pilih sesuai dengan genre, tema, dan suasana cerita Anda. Anda juga bisa menambahkan judul, nama penulis, dan elemen-elemen lain yang membuat sampul cerita Anda lebih menarik.

Buat Sinopsis atau Deskripsi Cerita yang Menarik

Sinopsis atau deskripsi cerita adalah teks yang menjelaskan tentang cerita Anda secara singkat. Sinopsis atau deskripsi cerita biasanya ditampilkan di bawah judul dan sampul cerita di Wattpad. Sinopsis atau deskripsi cerita berfungsi untuk memberi gambaran kepada pembaca tentang apa yang akan mereka baca dan mengapa mereka harus membaca cerita Anda. Oleh karena itu, Anda perlu membuat sinopsis atau deskripsi cerita yang menarik dan mampu membuat pembaca penasaran.

Menarik Juga  Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools Terbaru

Sinopsis atau deskripsi cerita harus berisi informasi penting tentang cerita Anda, seperti karakter utama, konflik, dan tujuan cerita. Anda juga bisa menambahkan pertanyaan, kutipan, atau kalimat yang menimbulkan rasa ingin tahu pembaca. Hindari memberi spoiler atau informasi yang terlalu banyak tentang cerita Anda.

Sinopsis atau deskripsi cerita harus singkat, padat, dan jelas. Anda bisa menggunakan 100 hingga 200 kata untuk membuat sinopsis atau deskripsi cerita Anda. Dengan membuat sinopsis tentu akan menjadikan menulis cerita di Wattpad serasa lebih lengkap.

Buat Karakter dan Latar Cerita yang Menarik

Karakter dan latar cerita adalah elemen penting yang membuat cerita Anda hidup dan menarik. Karakter adalah orang-orang yang terlibat dalam cerita Anda, baik sebagai tokoh utama, tokoh sampingan, maupun tokoh antagonis.

Latar cerita adalah tempat dan waktu di mana cerita Anda berlangsung, baik di dunia nyata, dunia fiksi, masa lalu, masa kini, maupun masa depan. Anda perlu membuat karakter dan latar cerita yang menarik dan mampu membuat pembaca merasa terhubung dengan cerita Anda.

Untuk membuat karakter yang menarik, Anda perlu memberi nama, penampilan, kepribadian, latar belakang, motivasi, dan tujuan kepada karakter Anda. Anda juga perlu memberi konflik, perkembangan, dan hubungan kepada karakter Anda.

Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti wawancara, profil, atau catatan untuk mengembangkan karakter Anda. Anda juga bisa menggunakan gambar, musik, atau referensi lain untuk menginspirasi karakter Anda.

Untuk membuat latar cerita yang menarik, Anda perlu memberi detail, deskripsi, dan nuansa kepada latar cerita Anda. Anda juga perlu memastikan bahwa latar cerita Anda sesuai dengan genre, tema, dan alur cerita Anda.

Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti riset, peta, atau sketsa untuk mengembangkan latar cerita Anda. Anda juga bisa menggunakan gambar, musik, atau referensi lain untuk menginspirasi latar cerita Anda.

Cara menulis cerita di Wattpad yang bagian ini memang terkadang membuat sebagian orang merasa sulit, tetapi dengan usaha dan tekad yang kuat, pasti Anda dapat mewujudkannya

Buat Alur Cerita yang Menarik

Alur cerita adalah rangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerita Anda, dari awal hingga akhir. Alur cerita berfungsi untuk menggerakkan cerita Anda dan membuat pembaca tertarik untuk mengikuti cerita Anda.

Oleh karena itu, alur cerita sangat penting dalam menulis cerita di Wattpad untuk membuat pembaca memiliki rasa penasaran, terkejut, sedih, senang, atau emosi lainnya. Alur cerita harus memiliki keseimbangan antara aksi, dialog, deskripsi, dan refleksi.

Untuk membuat alur cerita yang menarik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Premis: Premis adalah ide dasar atau konsep cerita Anda. Premis harus menunjukkan siapa karakter utama Anda, apa konflik yang mereka hadapi, dan apa tujuan yang mereka kejar. Premis harus menarik, orisinal, dan spesifik. Contohnya, “Seorang gadis SMA yang bisa melihat hantu harus membantu mereka menyelesaikan urusan mereka di dunia ini sebelum mereka bisa beristirahat dengan tenang.
  • Struktur: Struktur adalah cara Anda menyusun peristiwa-peristiwa dalam cerita Anda. Struktur biasanya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pengenalan, perkembangan, dan penyelesaian. Pengenalan adalah bagian di mana Anda memperkenalkan karakter, latar, dan konflik cerita Anda. Perkembangan adalah bagian di mana Anda menunjukkan bagaimana karakter Anda berusaha mengatasi konflik dan menghadapi rintangan. Penyelesaian adalah bagian di mana Anda menunjukkan bagaimana konflik cerita Anda terselesaikan dan bagaimana karakter Anda berubah. Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti plot point, twist, cliffhanger, atau flashback untuk membuat struktur cerita Anda lebih menarik.
  • Tema: Tema adalah pesan atau makna yang ingin Anda sampaikan melalui cerita Anda. Tema bisa berupa pertanyaan, pernyataan, atau kata kunci yang menggambarkan ide atau nilai yang Anda anggap penting. Tema harus sesuai dengan genre, karakter, dan alur cerita Anda. Tema juga harus relevan dengan pembaca dan mengandung pesan yang positif, inspiratif, atau menggugah. Contohnya, “Cinta adalah kekuatan yang bisa mengubah segalanya“, “Percaya diri adalah kunci kesuksesan“, atau “Persahabatan adalah harta yang tak ternilai“.
Menarik Juga  Cara Membuat Novel di Fizzo

Buat Bab atau Bagian Cerita yang Menarik

Membagi cerita menjadi beberapa bagian merupakan salah satu cara menulis cerita di Wattpad yang harus Anda lakukan. Bab atau bagian cerita biasanya berisi satu atau beberapa adegan yang berkaitan dengan alur cerita Anda. Bab atau bagian cerita berfungsi untuk membuat cerita Anda lebih teratur, jelas, dan menarik.

Oleh karena itu, Anda perlu membuat bab atau bagian cerita yang menarik dan mampu membuat pembaca ingin membaca lebih lanjut. Untuk membuat bab atau bagian cerita yang menarik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Judul adalah nama yang Anda berikan untuk setiap bab atau bagian cerita Anda. Judul harus menunjukkan isi atau tema dari bab atau bagian cerita Anda. Judul juga harus menarik dan mampu membuat pembaca penasaran. Anda bisa menggunakan kata-kata yang unik, menarik, atau provokatif untuk membuat judul bab atau bagian cerita Anda. Contohnya, “Pertemuan Pertama“, “Rahasia Terungkap“, atau “Keputusan Akhir“.
  • Panjang adalah jumlah kata yang Anda gunakan untuk setiap bab atau bagian cerita Anda. Panjang harus sesuai dengan kebutuhan dan gaya cerita Anda. Panjang juga harus sesuai dengan ketersediaan dan kesabaran pembaca Anda. Anda bisa menggunakan 1000 hingga 3000 kata untuk setiap bab atau bagian cerita Anda. Anda juga bisa menyesuaikan panjang dengan frekuensi dan konsistensi Anda dalam mengupdate cerita Anda.
  • Transisi: Transisi adalah cara Anda menghubungkan antara bab atau bagian cerita yang satu dengan yang lain. Transisi harus menunjukkan perubahan atau kelanjutan dari tempat, waktu, karakter, atau peristiwa dalam cerita Anda. Transisi juga harus menunjukkan hubungan atau konsekuensi dari bab atau bagian cerita yang sebelumnya dengan yang selanjutnya. Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti kata penghubung, kalimat pembuka, kalimat penutup, atau paragraf peralihan untuk membuat transisi yang baik.

Buat Dialog dan Deskripsi yang Menarik

Dialog dan deskripsi adalah elemen penting yang membuat cerita Anda lebih hidup dan menarik. Dialog adalah percakapan yang terjadi antara karakter-karakter dalam cerita Anda. Dialog berfungsi untuk menunjukkan kepribadian, emosi, dan hubungan antara karakter Anda.

Dialog juga berfungsi untuk menunjukkan informasi, konflik, dan perkembangan dalam cerita Anda. Deskripsi adalah penjelasan yang Anda berikan tentang karakter, latar, atau peristiwa dalam cerita Anda. Deskripsi berfungsi untuk menunjukkan detail, nuansa, dan suasana dalam cerita Anda. Deskripsi juga berfungsi untuk menunjukkan imajinasi, gaya, dan nada Anda sebagai penulis.

Untuk membuat dialog dan deskripsi yang menarik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

  1. Variasi: Variasi adalah cara Anda menggunakan berbagai jenis dan bentuk dialog dan deskripsi dalam cerita Anda. Variasi akan membuat cerita Anda lebih dinamis, kaya, dan menarik. Anda bisa menggunakan variasi seperti pertanyaan, jawaban, perintah, saran, komentar, narasi, monolog, dialog internal, deskripsi panjang, deskripsi pendek, deskripsi indrawi, deskripsi perbandingan, atau deskripsi metafora dalam cerita Anda.
  2. Keseimbangan: Keseimbangan adalah cara Anda mengatur proporsi dan distribusi dialog dan deskripsi dalam cerita Anda. Keseimbangan akan membuat cerita Anda lebih teratur, jelas, dan menarik. Anda perlu menyesuaikan keseimbangan dialog dan deskripsi dengan genre, tema, dan alur cerita Anda. Anda juga perlu menyesuaikan keseimbangan dialog dan deskripsi dengan aksi, dialog, deskripsi, dan refleksi dalam cerita Anda. Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti show, don’t tell, tell, don’t show, atau show and tell dalam cerita Anda.
  3. Keaslian: Keaslian adalah cara Anda menggunakan bahasa yang sesuai dan khas untuk dialog dan deskripsi dalam cerita Anda. Keaslian akan membuat cerita Anda lebih otentik, orisinal, dan menarik. Anda perlu menggunakan bahasa yang sesuai dengan karakter, latar, dan waktu dalam cerita Anda. Anda juga perlu menggunakan bahasa yang khas untuk Anda sebagai penulis. Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti dialek, slang, idiom, ungkapan, atau kata-kata ciptaan dalam cerita Anda.
Menarik Juga  Mengatasi Layer Notification Warning Autocad

Dengan adanya dialog dan deskripsi yang menarik. tentu bisa menjadikan menulis cerita di Wattpad sebagai pengalaman baru atau portofolio baru.

Buat Penutup atau Kesimpulan yang Menarik

Penutup atau kesimpulan adalah bagian akhir dari cerita Anda. Penutup atau kesimpulan berfungsi untuk menyelesaikan cerita Anda dan memberi kesan terakhir kepada pembaca. Oleh karena itu, Anda perlu membuat penutup atau kesimpulan yang menarik dan mampu membuat pembaca merasa puas, terkesan, atau terinspirasi.

Penutup atau kesimpulan harus menunjukkan bagaimana konflik cerita Anda terselesaikan dan bagaimana karakter Anda berubah. Penutup atau kesimpulan juga harus menunjukkan pesan atau tema yang ingin Anda sampaikan melalui cerita Anda.

Untuk membuat penutup atau kesimpulan yang menarik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti:

  • Jenis: Jenis adalah cara Anda menentukan akhir dari cerita Anda. Jenis bisa berupa happy ending, sad ending, open ending, twist ending, atau cliffhanger ending. Jenis harus sesuai dengan genre, tema, dan alur cerita Anda. Jenis juga harus sesuai dengan harapan dan kepuasan pembaca Anda. Anda bisa menggunakan jenis yang berbeda untuk setiap bab atau bagian cerita Anda, atau untuk keseluruhan cerita Anda.
  • Emosi: Emosi adalah perasaan yang Anda timbulkan pada pembaca melalui penutup atau kesimpulan cerita Anda. Emosi bisa berupa senang, sedih, marah, takut, terkejut, atau lainnya. Emosi harus sesuai dengan genre, tema, dan alur cerita Anda. Emosi juga harus sesuai dengan karakter, konflik, dan perkembangan dalam cerita Anda. Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti kata-kata, kalimat, gambar, musik, atau warna untuk menimbulkan emosi pada pembaca Anda.
  • Pesan: Pesan adalah makna atau nilai yang Anda sampaikan pada pembaca melalui penutup atau kesimpulan cerita Anda. Pesan bisa berupa pertanyaan, pernyataan, atau kata kunci yang menggambarkan ide atau nilai yang Anda anggap penting. Pesan harus sesuai dengan genre, tema, dan alur cerita Anda. Pesan juga harus relevan dengan pembaca dan mengandung pesan yang positif, inspiratif, atau menggugah. Anda bisa menggunakan teknik-teknik seperti kutipan, slogan, atau motto untuk menyampaikan pesan pada pembaca Anda.

Kesimpulan

Menulis cerita di Wattpad dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin menuangkan sebuah imajinasi dalam bentuk kerya tulisan. Dengan adanya Wattpad ini, tentu sangat menguntungkan sekali bagi Anda yang memiliki hobi menulis cerita. Dengan mengikuti cara menulis cerita di wattpad untuk pemula yang sudah dijelaskan, semoga kamu bisa menjadi penulis di Wattpad.

Demikian artikel ini dibuat. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari tips menulis cerita di Wattpad untuk pemula. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan cara membagikan artikel ini ke media sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *