Teknologi

Cara Merawat VGA Card Agar Tetap Awet

33
×

Cara Merawat VGA Card Agar Tetap Awet

Share this article
Cara Merawat VGA Card Agar Tetap Awet
Cara Merawat VGA Card Agar Tetap Awet

Cara Merawat VGA Card Agar Tetap Awet – VGA Card merupakan salah satu komponen penting yang terdapat di dalam komputer maupun laptop lho sobat. Dengan adanya VGA Card kita dapat lebih leluasa untuk belajar banyak perangkat lunak yang berada pada komputer atau laptop.

Untuk harga VGA Card sendiri terbilang mahal apalagi dengan type RTX. Dan ketika garansi resmi pembelian VGA Card sudah habis jarang sekali ditemukan teknisinya dengan kata lain susah mencari orang yang bisa sevice atau mau menerima service VGA Card ini.

Tips Merawat VGA Card Agar Tetap Awet

Oleh sebab itu, alangkah baiknya kita melakukan perawatan yang baik pada sebuah VGA Card yang kita miliki ya sobat. Untuk tips cara merawat VGA Card dapat sobat dilihat sebagai berikut:

Menggunakan Power Supply 80 Plus

Power Supply dalah alat listrik yang memasok tenaga listrik ke suatu beban listrik. Fungsi utama power supply adalah untuk mengubah arus listrik dari sumber menjadi tegangan, arus, dan frekuensi yang benar untuk memberi daya pada beban (load).

Akibatnya, power supply terkadang disebut sebagai konverter daya listrik.

Harga Power Supply 80 Plus tentu lebih mahal daripada power supply standart. Namun, dengan harga yang berbeda itulah juga menunjukkan kualitas dan fungsi yang berbeda pula.

Dengan kita menggunakan power supply 80 plus, arus listrik yang diberikan jauh lebih stabil dana man bagi komponen komputer di dalamnya, baik itu harddisk, processor, VGA Card, RAM dan lain sebagainya.

Menarik Juga  Cara Instal Printer Epson L121

Hardware komputer akan memiliki umur lebih panjang dan awet jika arus listrik yang masuk itu stabil. Untuk sobat yang mau merakit PC, tentukan PC tersebut akan digunakan untuk kebutuhan apa.

Jika digunakan untuk kebutuhan desain dan membutuhkan kualitas VGA Card yang bagus, awal pertama kali yang harus sobat cari adalah Power Supplynya. Baru cicil-cicil komponen hardware lainnya.

Update Driver

Selalu cek dan update driver VGA Card yang sobat gunakan. Update driver atau menggunakan driver yang terbaru pastinya akan memperbaiki bug yang ada dan meningkatkan performa VGA Card itu sendiri.

Berhati-Hati Saat Memasang atau Melepas Kabel

Tips berikut ini mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi yang sudah paham tentang kabel yang terdapat pada VGA Card , namun bagi kita orang awam tips ini cukup penting lho untuk menghindari VGA Card kita dari kerusakan.

Pastikan kabel VGA terpasang pada soket VGA Card jangan dipasang pada soket VGA on board yang dapat menyebabkan komputer sobat no signal atau no display sehingga sobat berfikir bahwa komputer sobat rusak padahal salah memasangkan kabel.

Harus Hati-Hati Saat Lepas Pasang VGA Card dari Motherboard

Jika sobat belum pernah lepas pasang VGA Card dari motherboard sebaiknya hindari untuk lepas pasang VGA Card dari motherboard karena jika pada saat lepas pasang tidak berhati-hati dapat menyebabkan kerusakan pada soket VGA Card sobat lho.

Dan sebelum melepas VGA Card dari motherboard pastikan kondisi komputer mati dan mencabut kabel listrik yang digunakan untuk menyalakan komputer untuk menghindari resiko kesetrum.

Hindari Melakukan Overclock

Overclock atau biasa yang disebut dengan OC bisa meningkatkan performa dan membuat tampilan grafis pada layar menjadi lebih bagus dari bawaan standartnya.

Menarik Juga  Cara Menggunakan Printer untuk Pemula

Tapi OverClock ini sebenarnya sangat berisiko memperpendek usia komponen dan hardware sobat karena OC akan membuat VGA bekerja di luar batas kemampuan yang telah dirangcang,

Perhatikan Sirkulasi Udara Dalam Casing

Sirkulasi udara yang baik dalam casing juga merupakan tips perawatan VGA untuk jadi lebih awet. Rutin lakukan pengecekan kelancaran sirkulasi udara yang ada di dalam casing.

Sirkulasi udara yang baik juga menjadi salah satu penentu kinerja dan komponen yang ada akan dapat bekerja secara optimal.

Ganti Pasta VGA Card dengan Pasta yang Bagus

Tidak hanya pada processor, pada VGA Card juga perlu dilakukan pembersihan dan penggantian pasta dengan yang baru.

Disarankan pergantian pasta dilakukan 1 – 2 tahun untuk penggunaan sedang atau kecil, dan 6 bulan – 1 tahun untuk penggunaan berat.

Demikian postingan cara merawat VGA Card agar tetap awet. Jangan lupa untuk berbagi satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya. Semoga postingan ini bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *