Seputar Bangunan

Cara Meringankan Kinerja Sketchup! Lebih Ngebut

14
×

Cara Meringankan Kinerja Sketchup! Lebih Ngebut

Share this article
Cara%20Meringankan%20Kinerja%20Sketchup

Cara Meringankan Sketchup

Cara meringankan sketchup dapat dilakukan oleh semua pengguna sketchup. Sketchup sendiri adalah perangkat lunak untuk membuat 3D modeling bagi arsitek maupun desainer. Tampilan sketchup yang sederhana menjadikan sketchup ini pilihan software untuk belajar 3D modeling dengan mudah dan cepat. Belajar sketchup dapat Anda lakukan dengan sendirian alias otodidak tanpa kursus. Asalkan Anda benar-benar konsisten dan memperhatikan dasar-dasar pembuatan 3D model yang baik dan benar.

Sketchup yang tanpa disetting terkadang akan mengakibatkan muncul error blug splat. Tentu saja error ini akan mengganggu tugas maupun pekerjaan yang berada di sketchup. Dengan demikian, informasi ini cara meringankan kinerja sketchup ini semoga dapat lebih membantu sobat untuk melakukan settingan ringan di sketchup.

Membuat Template Sketchup yang Bersih

Disaat Anda membuka software sketchup, sebelum masuk pada lembar kerja sketchup disana ada beberapa pilihan template default sketchup yang dapat Anda gunakan. Dari pilihan template terserbut, pilih template yang sekiranya tidak menggunakan banyak warna terlebih dahulu. Setelah masuk di lembar sketchup, Anda akan menemukan model 2D orang laki-laki atau perempuan. Silahkan Anda harus model tersebut kemudian pergi ke menu Windows – Model Info – Statistics – Purge Unused, ini akan menghapus model orang dan material yang tidak digunakan di dalam lembar sketchup Anda. Yang pastinya, ini akan menghemat memory dan space harddisk beberapa kB.

Memperbaiki Model dari Masalah

Model yang bermasalah ini terkadang terjadi ketika Anda melakukan import 3D model ke lembar kerja sketchup Anda langsung tanpa terlebih dahulu membersihkan dan memperbaiki 3D model tersebut. Dan ketika muncul pop up saat kita melakukan import 3D model biasanya langsung kita klik saja Fix Problem untuk melanjutkannya. Perlu untuk diketahui bahwa kesalahan ini terjadi dikarenakan beberapa kesalahan koordinat, garis, bidang yang berantakan pada 3D model tersebut.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, silahkan Anda perbaiki terlebih dahulu melalaui Menu Windows – Model Info – Statistics – Fix Problem. Baru kemudian Anda simpan file Anda tersebut. Masalah yang tersebut diatas ini juga menyebab waktu rendering yang sangat lama apabila Anda menggunakan render engine Vray dan akan error ketika diimport ketika Anda menggunakan render engine lumion.

Menonaktifkan Garis Profil

Garis profil merupakan garis yang terbentuk akan adanya model. Semakin banyak detail pada gambar yang Anda kerjakan tentunya akan semakin banyak juga garis profil yang dihasilkan. Jarang sekali pengguna sketchup yang mengetahui akan hal ini, dan kebanyakan dari mereka malah mengabaikan hal ini. Padahal semakin banyak garis profil pada gambar Anda akan banyak pula memori yang dibutuhkan. Oleh karena itu, nonaktifkan garis profil dengan cara pergi ke Menu View – Edge StyleUncheck semua yang ada kecuali Edge

Cara%20Meringankan%20Kinerja%20Sketchup

Dengan melakukan cara tersebut, akan menyebabkan lembar kerja sketchup Anda akan lebih ringan ketika bergerak zoom in zoom out atau memutar-mutar model Anda. Coba aja dulu.

Selalu Bekerja dalam Mode Monokrom

Cara%20Meringankan%20Kinerja%20Sketchup

Bagi sobat sekalian yang belum pernah merasakan bekerja menggunakan mode monokrom, saat ini coba deh. Dan rasakan perbedaannya. Dengan menerapkan mode monokrom ini, maka tekstur, bayangan, style yang menganggu sementara akan dinonaktifkan. Dengan demikian, kinerja sketchup Anda akan terasa lebih cepat dan halus. Apalagi tekstur yang Anda gunakan memilik size yang besar, tentunya akan sangat memberatkan sketchup pada saat proses 3D modeling. Perlu diketahui, dengan mengaktifkan mode monokrom ini akan menghemat banyak RAM.

Simpan Model Sketchup dalam Mode Wireframe

Untuk mengindari ukuran file sketchup besar dikarenakan banyaknya model dan tekstur pada 3D model Anda, silahkan Anda coba trik berikut yakni menyimpan file model sketchup ke dalam mode wireframe. Pasti bagi yang sudah membaca Tips Menyimpan File Sketchup Agar Lebih Ringan sudah atau akan hal ini.

Gunakan Detail Seperlunya

Ketika membuat atau menemukan model sketchup yang berbentuk circle atau mengandung arch di dalamnya, pasti terdapat banyak garis yang berada pada model tersebut. Itulah yang dinamakan dengan segmen. Semakin banyak segmen yang digunakan maka secara otomatis file sketchup akan semakin besar dan tentunya memberatkan juga ketika Anda melakukan rendering pada 3D model tersebut.

Hal diatas masuk ke dalam kategori 3D model utama tidak menggunakan banyak segmen, 3D model yang banyak segmen hanya digunakan sebagai pelengkap saja maka kurangi segmen pada 3D model tersebut. Berbeda apabila memang Anda fokus pada 3D model vas bunga misalnya, membesarkan nilai segmen dianjurkan untuk membuat 3D model Anda terlihat lebih realistis ketika di render.

Mapping Material Sewajarnya

Memang tidak dipungkiri untuk menghasilkan hasil rendering yang bagus Anda harus menggunakan tekstur material yang seamless. Namun, dengan Anda menggunakan tekstur seamless yang tentunya memiliki ukuran yang besar akan membuat 3D model Anda terasa berat walaupun belum dilakukan rendering. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada ukuran file sketchup Anda ketika Anda menyimpannya. Oleh karena itu, gunakan mapping material sesuai dengan kebutuhan saja.

Demikian artikel belajar sketchup mengenai cara meringankan kinerja sketchup. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *