Seputar Bangunan

Termudah! Cara Import Autocad ke Sketchup

12
×

Termudah! Cara Import Autocad ke Sketchup

Share this article
Cara Import Autocad ke Sketchup dengan Mudah
Cara Import Autocad ke Sketchup dengan Benar

Import autocad ke sketchup merupakan tutorial sketchup yang berkaitan dengan cara memasukkan gambar denah, potongan dan detail lainnya ke sketchup. Dengan melakukan tutorial sketchup ini akan membantu kamu dalam proses pembuatan 3D modeling di sketchup yang sesuai dengan gambar 2D di Autocad.

Sebelum melakukan import autocad ke sketchup, jangan lupa untuk membersihkan file gambar autocad yang akan kamu import ke sketchup.

Langkah-Langkah Import Autocad ke Sketchup

Cara melakukan import gambar autocad ke sketchup ini dapat berupa gambar denah autocad, gambar denah potongan autocad dan lain sebagainya. Intinya dengan menggunakan cara import gambar autocad ke sketchup berikut ini, kamu dapat dengan mudah melakukan import dwg to skp.

  • Buka aplikasi sketchup yang telah terpasang di perangkat yang kamu gunakan.
  • Klik File, kemudian pilih Import…
  • Kemudian akan terbuka jendela Import Sketchup. Perhatikan dan pastikan format yang kamu pilih adalah format AutoCAD Files (*.dwg, *.dxf)
  • Cari letak file autocad yang akan di import ke sketchup. Jika file sudah ditemukan, jangan langsung melakukan import. Klik pada file autocad tersebut.
  • Selanjutnya klik Options… yang berada di sebelah tombol import.
  • Pada menu Import AutoCAD DWG/DXF Options, pastikan tidak ada satu kolom-pun yang tercentang.
  • Seperti yang telah dituliskan pada artikel sebelumnya bahwa kenapa kita harus mengetahui dengan satuan apa gambar kerja autocad tersebut dibuat, fungsinya ada pada pilihan scale ini.
  • Disini saya mengisi kolom Units dengan centimeters karena ketika membuat gambar di autocad, satuan yang digunakan untuk menggambar adalah 1 meter sama dengan 100 sentimeter.

Note: Hal ini perlu diperhatikan karena jika satuan yang dimasukkan tidak sesuai, akan sangat berdampak ketika kita melakukan pembuatan 3D modeling di sketchup.

Menarik Juga  Cara Membuat Custom Shortcut di Sketchup dengan Mudah
Cara Import Gambar Autocad ke Sketchup
Cara Import Gambar Autocad ke Sketchup
  • Jika semuanya sudah dirasa oke, langsung klik Import
  • Maka biasanya kamu akan diarahkan ke jendela Import Result yang berada di sketchup. Klik saja Close
  • Nah, jika dari langkah membersihkan gambar autocad sampai import autocad ke sketchup kamu lakukan dengan benar, maka hasil import akan seperti ini:
Cara Import Gambar Autocad ke Sketchup
Hasil Akhir Import Autocad ke Sketchup

Penutup

Dengan mengetahu cara melakukan import autocad ke sketchup, diharapkan kalian dapat menghasilkan gambar 3D sketchup yang baik dan benar. Belajar sketchup yang baik dan benar memang membutuhkan sedikit tenaga lebih (tidak hanya push/pull) aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *