Seputar Bangunan

Kumpulan File Sketchup: 3D Pintu Siap Pakai

6
×

Kumpulan File Sketchup: 3D Pintu Siap Pakai

Share this article

Kumpulan File Sketchup 3D Pintu

Nekbutuhaja – Saat ini, desain arsitektur sudah banyak sekali yang menggunakan aspek tiga dimensi untuk mempermudah dalam presentasi maupun mempermudah pada saat bangunan dilaksanakan. Dengan tiga dimensi pula, bangunan akan lebih terstruktur dalam proses pelaksanaannya. 

Ada banyak software yang dapat digunakan untuk membuat 3D model suatu desain. Antara lain, autocad, archicad, revit, blender dan lain-lain. Setiap software untuk membuat 3D modeling pastinya memiliki keunggulannya masing-masing.

Aplikasi atau software yang banyak digunakan untuk membuat 3D bangunan gedung maupun rumah salah satunya adalah sketchup. Cara membuat gambar 3D menggunakan sketchup bisa kok dipelajari secara otodidak.

3D Sketchup

Sketchup adalah salah satu software/perangkat lunak yang dimiliki oleh perusahaan Trimble yang memiliki fungsi untuk membuat sebuah gambar 3D Modeling yang akan lebih memperjelas imajinasi kita akan sebuah gambar yang sebelumnya kita buat dalam bentuk 2D.

Dengan menggunakan sketchup, kondisi 3D modeling yang tanpa di lakukan renderingpun sudah bisa digunakan sebagai bahan presentasi kepada pengajar atau kepada klien kamu lho. Belajar sketchup untuk pemula dirasa pasti dapat dilakukan kok, asalkan bersungguh-sungguh dalam belajar dan tetap menerapkan kaidah-kaidah 3D sketchup yang harus diterapkan guna menghasilkan 3D model yang ringan dan termanajemen.

Sedikit tips bagi kamu yang mau belajar sketchup mulai dari nol: 

  • 1. Kenali terlebih dahulu tampilan default sketchup dan cara merubah tampilan tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu
  • Pelajari dan praktekkan toolbar wajib sketchup yang harus diketahui, yakni Toolbar Large Tool Set
  • Ketahui langkah apa yang harus dilakukan sebelum melakukan 3D modeling di sketchup.
  • Pelajari sistem layering sketchup serta cara membuat custom shortcut di sketchup guna mempermudah dan akan membuat gambar 3D kamu lebih termanajemen.

3D Komponen Sketchup

3D komponen sketchup merupakan salah satu bentuk tiga dimensi yang biasanya digunakan untuk melengkapi desain tiga dimensi model yang telah sobat desain menggunakan sketchup. Dengan menambahkan tiga dimensi komponen pada 3D model yang telah kamu buat, dapat menjadikan desain 3D model kamu terlihat lebih realistis atau sesuai dengan kondisi kenyataan yang ada.

Secara default 3D komponen juga sudah disediakan oleh aplikasi 3D sketchup itu sendiri, namun dengan jumlah yang relatif sedikit mengharuskan kita untuk mencari 3D komponen sketchup di luar aplikasi 3D sketchup.

Dengan mencari 3D komponen sketchup dari sumber yang lainnya, kita lebih leluasa dalam menyesuaikan 3D model desain yang kita buat dengan 3D komponen yang akan melengkapi desain itu sendiri.

Banyak sekali koleksi 3D komponen sketchup yang harus dimiliki untuk melengkapi desain 3D model yang telah kamu buat. Tiga dimensi komponen dapat digunakan untuk desain eksterior maupun interior sesuai dengan kebutuhan kamu nantinya. Mulai dari tanaman, pohon-pohon, mobil, orang, furniture, kursi, meja, kasur, kitchen set, closet, sepeda, motor, sofa, pakaian, dan lain-lain.

Bagi sobat yang sedang mengerjakan suatu desain interior, komponen 3D pakaian ini merupakan salah komponen yang paling penting untuk menunjukkan kerealistisan hasil rendering yang kita buat nantinya.

Download 3D Pintu Sketchup

Bagi yang ingin mendownload file 3D pintu sketchup ini, disarankan menggunakan sketchup versi 2015 ya sobat. Berikut preview 3D pintu sketchup yang akan dibagikan:

Kumpulan File Sketchup 3D Pintu

3D Komponen : Kumpulan Pintu Sketchup
Pass : nekbutuhaja

Nah itulah kumpulan file sketchup 3D pintu yang dapat sobat gunakan untuk mempermudah dalam menghasilkan sebuah desain rumah yang indah. Semoga postingan ini bermanfaat. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan cara membagikan postingan ini ke media sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *