Finansial

Rahasia Mengatur Keuangan Bulanan Anak Kos

23
×

Rahasia Mengatur Keuangan Bulanan Anak Kos

Share this article
Cara Mengatur Keuangan Bulanan Anak Kos
Tips Mengatur Keuangan Bulanan Anak Kos

Cara Mengatur Keuangan Bulanan Anak Kos – Sebagai anak kos yang hidup mandiri, kamu harus mulai bijak dalam mengatur keuangan ala anak kos supaya tidak belepotan atas kondisi keuangan bulanan kamu.

Mengatur Keuangan Anak Kos

Para anak kos, harus mulai belajar cara mengatur keuangan bulanan agar cukup untuk kehidupan setiap bulannya tanpa harus menyusahkan orang lain. Mengatur keuangan bulanan kerap kali menjadi masalah bagi anak kos yang belum pernah mengatur akan keuangan mereka sendiri.

Memang, kebutuhan anak kos biasanya cukup beragam yang menjadikan dompet menipis ketika akhir bulan. Lnatas, bagaimana cara mengatur keuangan bulanan anak kos agar tidak boncos?

Oleh karena itu, pada artikel mengatur keuangan kali ini akan dibahas cara mengatur keuangan bulanan anak kos sebagai referensi bagi kamu supaya dapat dengan ceramt dalam melakukan manajemen keuangan pribadi sejak dini.

Cara Mengatur Keuangan Bulanan Anak Kos

Berikut beberapa tips mengatur keuangan ala anak kos yang layak untuk kamu coba dan praktekkan.

Membuat Anggaran Bulanan Anak Kos

Cara mengatur keuangan bulanan anak kos yang pertama adalah mencatat segala anggaran bulanan. Anggaran bulanan adalah kebutuhan pokok kamu dalam sebulan yang harus kamu penuhi.

Renungkan dan fikirkan kebutuhan bulanan mulai dari yang paling prioritas terlebih dahulu. Seperti kebutuhan untuk bayar kos, makan, transportasi, membayar keperluan kuliah yang mendesak (apabila mahasiswa), tagihan pulsa dan paket data, laundry dan lain sebagainya.

Kenapa harus mencatat kebutuhan bulanan anak kos? Karena apabila kebutuhan bulanan tidak kamu catat, kemungkinan besar kamu akan lupa ketika menerima uang bulanan. Selain itu, jika kamu tidak melakukan anggaran bulanan kemungkinan uang bulananmu akan habis untuk keperluan lain.

Menarik Juga  Cara Mengatur Uang 400 ribu Seminggu: Wajib Coba

Jadi, pastikan kamu mulai mengutamakan kebutuhan terlebih dahulu daripada keinginan semata demi mewujudkan keuangan bulanan yang sehat.

Contoh kebutuhan pokok bulanan anak kos:

  • Uang bayar kos
  • Tagihan listrik dan air (apabila tidak include dengan sewa kos)
  • Biaya hidup (makan dan minum)
  • Pulsa dan kuota internet
  • Camilan
  • Air galon
  • Laundry
  • Keperluan hiburan (nongkrong atau jalan-jalan)
  • Transportasi roda 2 (motor)
  • Transportasi umum (bis umum atau mikrolet)
  • Keperluan tugas kuliah (fotocopy, pengetikan dan sebagainya)
  • Menabung

Contoh kebutuhan primer anak kos:

  • Pembelian buku
  • SPP kuliah
  • Perlengkapan mandi dan make up
  • Biaya mengikuti seminar, workshop
  • Dan sebagainya

Silahkan alokasikan dan sesuaikan dengan kebutuhan bulananmu masing-masing.

Memasak Sendiri untuk Bekal Makanan

Ketika masih tinggal dengan orang tua mungkin kamu tidak perlu memikirkan untuk mengeluarkan uang dan harus makan apa hari ini karena semua itu sudah disediakan oleh mekera.

Namun, akan sangat berbeda ketika kamu menjadi anak kos. Beli makan sendiri atau bahkan masak sendiri akan menjadi kebiasaan baru kamu.

Mengapa anak kos harus memasak sendiri? Dengan masak sendiri, cara mengatur keuangan bulanan ala anak kos akan lebih mudah untuk kamu capai. Karena masak sendiri akan sangat menghemat pengeluaran bulanan kamu yang dialokasikan untuk makanan.

Hasil masakan sendiri tersebut, dapat kamu bawa menjadi bekal untuk kerja atau kuliah jika kamu mahasiswa. Biasanya, masakan sendiri rasanya kenyangnya akan lebih awet jadi kamu tidak akan sering membeli jajan.

Siapkan Dana Darurat

Cara mengatur keuangan bulnan anak kos selanjutnya adalah menyisihkan uang untuk dana darurat. Sesuai dengan namanya, dana darurat ini akan kamu butuhkan untuk kondisi atau keadaan yang sangat mendesak sekali.

Sebab kita sebagai manusia, hidup tidak hanya untuk hari ini, akan tetapi juga untuk di masa depan. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya.

Dengan demikian, menyiapkan dana darurat merupakan bentuk ikhtiar kita sebagai manusia untuk hidup di hari selanjutnya. Adanya dana darurat, akan sangat membantu kamu ketika tiba-tiba butuh servis motor atau gadget kamu rusak.

Menarik Juga  7 Kiat Rahasia Cara Mengelola Keuangan Usaha Sendiri

Kamu tidak akan kalang kabut untuk mencari pinjaman kesana kemari. Sebab sudah ada dana darurat yang disiapkan.

Menabung di Awal Bulan

Menabung merupakan salah satu cara mengatur keuangan bulanan anak kos yang harus kamu lakukan. Meskipun sikap menabung ini kerap kali menjadi suatu kesulitan bagi anak kos karena kebutuhan setiap harinya.

Apabila kamu merasa sulit untuk menabung, maka cara mengatur keuangan bulanan yang bisa dilakukan adalah dengan menyisihkan uang di awal bulan untuk ditabung. Karena biasanya diawal bulannya kamu akan mendapatkan uang untuk kehidupan satu bulan itu.

Kesalahan dalam menabung sudah umum terjadi yakni mereka menganggap bahwa menabung itu merupakan sisa uang dari kehidupan bulanan yang mereka jalani.

Sebagai anak kos yang budiman, jangan sampai kamu menunggu sisa uang bulanan di akhir bulan namun sisihkan uang bulanan di awal bulan untuk menabung.

Cara mudah untuk menabung adalah ketika kamu mendapatkan uang bulanan dari orang tua atau pendapatan dari gaji kamu kerja. Langsung sisihkan untuk keperluan kamu menabung.

Kemudian baru sisanya gunakanlah dengan bijak sesuai dengan kebutuhan yang diprioritaskan terlebih dahulu baru kebutuhan sampingan.

Cobalah untuk Mencari Pekerjaan Tambahan

Sebagai anak kos, mungkin kita pernah merasa bahwa uang yang dikirim oleh orang tua, atau mungkin gaji kamu sebulan tidak mencukupi untuk kebutuhan gaya hidupmu. Mesti ada saja hal-hal yang menjadikan boros dalam keuangan.

Agar kamu tidak bergantung pada uang kiriman orang tua atau gaji, mulailah untuk mencari pekerjaan tambahan atau side hustle. Entah berupa pekerjaan part-time, freelance atau proyek dari dosen jika kamu mahasiswa.

Dengan adanya pekerjaan tambahan, ada potensi besar untuk memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari dan memaksimalkan tabungan atau mulai berinvestasi.

Hemat dan Disiplin dalam Mengatur Keuangan

Cara mengatur keuangan bulanan anak kos yang tidak kalah pentingnya yakni hidup hemat dan disiplin. Meskipun kamu telah membuat anggaran bulanan yang begitu rinci hingga terdapat sisa, itu semua akan sia-sia apabila kamu tetap berperilaku boros.

Sebagai contoh:

Menarik Juga  Cara Mengatur Keuangan Pribadi di Excel dengan Mudah

“Akukan sudah membuat anggaran keuangan bulanan yang didalamya sudah terdapat tabungan dan dana darurat yang sewaktu-waktu bisa aku gunakan untuk jalan-jalan atau nongkrong. Lagipula, uang di rekening ATM juga masih ada dan belum ku ambil.”

Apabila jenis fikiran tersebut sering terjadi, sekarang dan segeralah untuk menghilangkannya. Karena dapat menyebabkan kamu menjadi pribadi yang kurang disiplin dan tidak memiliki komitmen dalam manajemen keuangan pribadi kamu.

Mengatur keuangan bulanan ala anak kos diperlukan untuk latihan yang ekstra yang akhirnya akan menjadi kebiasaan. Tetap semangat !!

 

Contoh Anggaran Bulanan Anak Kos

Setelah memperhatikan apa saja kira-kira yang harus dilakukan untuk mengatur keuangan ala anak kos, berikut disajikan contoh anggaran bulanan anak kos.

Contoh ini dapat kamu terapkan sebagai bahan referensi untuk belajar cara mengatur keuangan bulanan anak kos.

Daftar Anggaran Bulanan Anak Kos

KeteranganDebetKredit
Saldo Awal2.500.000
Sewa Kos400.000
Pulsa dan Kuota Internet150.000
Biaya Hidup (Makan 30.000,- x 30 hari)900.000
Air Galon20.000
Laundry60.000
Transportasi Pribadi atau Umum150.000
Keperluan Tugas Kuliah100.000
Menabung atau Investasi100.000
Dana Darurat100.000
Healing (Nongkrong)200.000
Sedekah20.000
Total2.200.000
Sisa300.000

Dari sisa anggaran tersebut dapat kamu gunakan untuk membeli kebutuhan primer, misalnya untuk memberli perlengkapan mandi mulai dari sabun, shampo, sikat gigi, parfum atau untuk membeli make up seperti lipstrik, bedak, handbody dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa kebutuhan primer bersifat fleksibal, jadi dalam contoh ini kamu dapat membeli perlengkapan mandi dan make up cukup 2 – 4 bulan sekali. Sisanya anggaran dapat kamu alokasikan untuk kebutuhan primer lainnya seperti membayar SPP kuliah, membeli buku dan sebagainya.

 

Kesimpulan

Mulai saat ini, latihlah untuk mengikut cara mengatur keuangan bulanan anak kos seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sehingga kamu dapat membuat kebiasaan yang baik untuk belajar manajemen keuangan pribadimu.

Pilihlah tempat menabung atau investasi yang menurut kamu mudah, nyaman dan menguntungkan. Untuk investasi, pastikan kamu mempelajari terlebih dahulu ya terkait akan hal itu.

Demikian informasi mengenai cara mengatur keuangan bulanan anak kos. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Dan terima kasih banyak telah membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *