Seputar Bangunan

Yuk Mengenal Tampilan Awal Sketchup

11
×

Yuk Mengenal Tampilan Awal Sketchup

Share this article
Mengenal Tampilan Awal Sketchup
Mengenal Tampilan Awal Sketchup

Mengeal Tampilan Awal Sketchup – Sketchup merupakan salah satu perangkat lunak (software) untuk menjadikan sebuah gambar berbentuk tiga dimensi yang sudah populer di kalangna arsitek, desainer interior, dan profesional 3D maker lainnya.

Tampilan dan cara pengoperasian yang relatif mudah menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki oleh sketchup ini. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini menjadi awal dibahasnya tutorial sketchup bahasa Indonesia bersama nekbutuhaja.

Sketchup juga banyak digunakan oleh siswa atau mahasiswa untuk belajar membuat efek tiga dimensi pada desain yang mereka inginkan. Fitur antarmuka sketchup yang kompleks menjadikan sketchup lebih mudah untuk menerapkan garis, bentuk, bahkan menambahkan tekstur yang langsung dapat dilihat jelas.

Mengenal Tampilan Awal Sketchup

Pada tampilan awal sketchup, setidaknya ada 4 tools yang harus diketahui, yakni Tab Menu, Toolbar Getting Started, Default Tray, dan Measurement. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar beserta penjelasan lengkapnya berikut ini:

Mengenal Tampilan Awal Sketchup, Sketchup Tutorial Bahasa Indonesia
Mengenal Tampilan Awal Sketchup

Tab Menu Sketchup

Tab Menu berfungsi untuk membuka berbagai macam fasilitas yang dimiliki oleh Software SketchUp itu sendiri. Pada SketchUp 2018 Tab Menu terdiri dari file, edit, view, camera, draw, tools, windows, ekstensions dan help. Dan masing-masing dari Tab Menu juga memiliki detail dan fungsi yang berbeda.

Toolbar Getting Started Sketchup

Toolbar Getting Started adalah toolbar awal yang dipersembahkan oleh sketchup ketika kita baru pertama kali membuka software sketchup.

Default Tray Sketchup

Default Tray adalah sebuah menu baru yang ditampilkan oleh sketchup yang didalam terdapat berbagai macam fitur sketchup, antara lain :

  • Entity Info : memberikan informasi tentang objek yang kita buat
  • Materials : memberikan informasi tentang material
  • Components : memberikan informasi tentang component default sketchup maupun component yang kita buat sendiri
  • Styles : berisikan tentang style atau gaya gambar yang kita gunakan
  • Layers : memberikan informasi layer yang berada dalam file 3D yang kita kerjakan. Layers ini akan sangat berfungsi bagi kita
  • Shadows : untuk mengaktifkan atau mengatur bayangan yang ingin kita buat pada file 3D model kita
  • Scenes : memberikan informasi lebih detail tentang scene yang kita buat
  • Instructor : berisikan tentang instruksi bagaimana kita menggunakan suatu perintah yang telah kita klik

Measurement

Measurement adalah sebuah persegi panjang kecil yang berada di pojok yang dapat memberikan informasi tentang ukuran yang akan kita buat nantinya.

Demikian artikel tutorial sketchup mengenai tampilan awal sketchup. Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak sudah berkunjung di nekbutuhaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *