Seputar Bangunan

Tips Menyimpan File Sketchup Agar Lebih Ringan

29
×

Tips Menyimpan File Sketchup Agar Lebih Ringan

Share this article
Cara Menyimpan File Sketchup Agar Lebih Ringan

Tips Menyimpan File Sketchup

Kenapa tips menyimpan file sketchup ini perlu untuk dibagikan? Karena banyak sekali pengguna sketchup yang mengabaikan tips ini. Memang melakukan 3D modeling di sketchup memanglah hal yang bisa dibilang cukup mudah apalagi Anda sudah mengetahui dasar-dasar sketchup. Kecepatan melakukan 3D model di sketchup juga sudah di dukung oleh adanya 3D Warehouse yang sangat membantu untuk melengkapi 3D model yang Anda buat.

Banyak sekali komponen sketchup yang dapat diunduh secara gratis melalui 3D Warehouse. Dengan asiknya fitur yang disediakan 3D Warehouse terkadang kita lupa akan ukuran file yang baru kita unduh. Komponen sketchup dengan ukuran yang besar akan sangat berpengaruh pada 3D model utama kita, terutama dalam segi ukuran file sketchup.

Maka dari itu, pada artikel belajar sketchup ini akan dibagikan cara menyimpan file sketchup agar lebih ringan dan tentunya dengan ukuran yang lebih kecil pula. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Selain melonggarkan memori penyimpanan pada perangkat Anda, hal ini juga akan mempercepat loading 3D model yang memiliki ukuran besar ketika membukanya.

Baca Juga : Cara Membuat Lantai di Sketchup

Kemudian, bagaimana cara menyimpan file sketchup yang tepat?

Caranya cukup mudah dan sederhana yakni mengaktifkan mode wireframe sebelum model sketchup disimpan, silahkan Anda pergi ke Tab View – Face Style – Wireframe

Cara Menyimpan File Sketchup Agar Lebih Ringan

Apabila Anda mengaktifkan toolbar style, silahkan pilih ikon Wireframe seperti gambar dibawah ini:

Cara Menyimpan File Sketchup Agar Lebih Ringan

Berikut admin berikan contoh penyimpanan file sketchup dengan mode default dan wireframe

Cara Menyimpan File Sketchup Agar Lebih Ringan

 

Pada gambar diatas, dengan bentuk 3D model yang sama namun berbeda dalam proses penyimpanannya selisih ukuran file sketchupnya dapat Anda lihat dibawah ini:

Cara Menyimpan File Sketchup Agar Lebih Ringan

Dengan penyimpanan menggunakan tampilan defaulnya memiliki ukuran 269,598 KB sedangkan ketika dilakukan penyimpanan 3D model menggunakan wireframe ukuran file sketchup menjadi 137,422 KB. Selisih yang dihasil dengan menggunakan penyimpanan wireframe pada model sketchup adalah 132,176 KB.

Sekang sudah dapat Anda bayangkan ukuran file sketchup yang disimpan menggunakan wireframe?

Demikian artikel sketchup mengenai cara menyimpan file sketchup agar lebih ringan. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat. Terima ksih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *