Seputar Bangunan

15+ Plugin Sketchup untuk Pemodelan Tingkat Lanjut

44
×

15+ Plugin Sketchup untuk Pemodelan Tingkat Lanjut

Share this article
Plugin Sketchup untuk Pemodelan Tingkat Lanjut
Plugin Sketchup untuk Pemodelan Tingkat Lanjut

Plugin Sketchup untuk Pemodelan Tingkat Lanjut – Sejauh ini sketchup merupakan perangkat lunak untuk membuat 3D model dan rendering yang paling banyak digunakan di kalangan arsiteltur dan desain.

Dengan tool dan tampilan lembar kerja yang sederhana dan mudah digunakan bagi pemula sketchup.

Plugin sketchup digunakan oleh pengguna sketchup yang merasa tool default yang terdapat di sketchup itu kurang menunjang proyek atau produktivitas mereka dalam menggunakan sketchup.

Dengan demikian, plugin akan sangat berarti bagi mereka yang sudah berada di tingkat lanjut menggunakan sketchup untuk menghasilkan model 3D yang lebih cepat dan lebih baik. Untuk cara instal plugin sketchup juga sangat mudah untuk dilakukan.

Daftar Plugin Sketchup untuk Pemodelan Tingkat Lanjut

Berikut daftar plugin-plugin sketchup yang kerap digunakan pada pemodelan tingkat lanjut di sketchup. Kamu tidak perlu menginstalnya semua, instal plugin sketchup yang benar-benar kamu butuhkan saja.

Vertex Tools

Vertex tools digunakan bagi pengguna sektchup tingkat lanjut untuk mempermudah dalam melakukan plot titik pada 3D model. Dengan dapat melakukan plot pada titik model 3D akan mempermudah dalam menghasilkan 3D model yang sesuai dengan keinginan pengguna sketchup tersebut.

Untuk menggunakan vertex tools, Anda cukup klik salah satu menu vertex tools, kemudian seleksi atau pilih titik plot pada model 3D. Untuk selanjutnya, Anda tinggal memindahkan titik plot yang telah diseleksi untuk membuat 3D model yang diinginkan.

Menarik Juga  Merapikan Gambar AutoCAD di Sketchup

SubD

SubD adalah plugin subdivisi parameter untuk SketchuUp yang digunakan untuk mengoptimalkan alur kerja berbasis quad.

Quadface Tools

Quadface tools adalah plugin sketchup yang digunakan untuk mewujudkan model 3D dengan menggunakan metode subdivision modeling. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat meratakan permukaan atau face yang kasar menjadi halus

Artisan Tools

Artisan Tools ada plugin yang digunakan oleh pengguna sketchup untuk membuat model 3D yang lebih alami. Plugin ini cocok digunakan untuk mendesain permukaan, furniture, karakter, patung abstrak, kain, gorden, bantal, batang pohon dan lain sebagainya.

Fredo Thrupaint

Thrupaint merupakan plugin sketchup dari Fredo 6 yang digunakan untuk mapping material tingkat lanjut. Biasanya plugin ini digunakan untuk memberi warna pada objek wajah, tepi, dan objek yang melintasi batas group dan komponen pada sketchup.

Dengan menggunakan plugin ini Anda dapat memperluas face yang akan diberi warna tanpa khawatir tekstur tidak berkesinambungan.

Soap Skin & Bubble

Plugin ini merupakan plugin yang menarik bagi para pengguna sketchup tingkat lanjut beberapa waktu lalu. Dengan menggunakan plugin ini, Anda dapat membuat face dengan bentuk garis yang tidak beraturan.

Anda akan dapat lebih leluasa lagi dalam memanfaatkan sketchup untuk membuat bidang-bidang tertentu yang sebelumnya tidak dapat Anda buat menggunakan sketchup

JHS PowerBar

Plugin ini merupakan plugin yang unik karena beberapa model ekstensi dari pengembang lain, seperti Thom Thom, TIG, Christina Eneroth ada di JHS Powerbar ini. Pada bagian pertama disertakan tools AMS Smooth dan Smooze. Semuanya digunakan untuk melembutkan dan menghilangkan geometri yang tersembunyi.

ClothWorks

Plugin skechup yang satu ini digunakan untuk membuat simulasi kain pada sketchup. Plugin ini juga cocok digunakan untuk desain interior maupun eksterior karena dapat mensimulasikan seperti bendera, gorden, taplak meja, bantal, kabel dan sebagainya.

Menarik Juga  Cara Membuat Bubungan di Sketchup

Profile Builder

Profile builder adalah plugin sketchup yang hampir sama dengan tool Follow Me default sketchup. Plugin ini telah digunakan oleh ribuan pengguna sketchup dari seluruh dunia.

Dengan menggunakan plugin ini, proses pembuatan profil akan lebih cepat dan dapat disesuaikan apabila ada perubahan desain.

Transmutr

Transmutr digunakan untuk melakukan conversi(perubahan format) file 3D ke file sketchup. Banyak fitur canggih yang berada di transmutr ini, seperti penyederhaan geometri, material, proxy siap render, skala, konversi unit, axes, dan masih banyak lagi.

Skatter 2.0

Skatter 2.0 menjadi plugin untuk melakukan penyebaran di sketchup. Render vegetasi dalam jumlah besar, mengisi blok kota dengan cepat, membuat keramaian dapat Anda lakukan. Plugin ini menjadi salah satu plugin top bagi para pengguna sketchup tingkat lanjut.

CleanUp V3

Plugin pembersih terbaru dengan versi 3.4.3, fitur utama plugin CleanUp adalah membersihkan file sketchup Anda dengan menghapus objek tersembunyi atau tidak terpakai lagi.

Eneroth Texture Positioning Tools

Dengan menggunakan plugin ini Anda dapat mensejajarkan tekstur dengan cepat pada beberapa permukaan, melakukan perputaran 90 derajat, memutar sudut khusus, atau menggeser tekstur secara acak untuk menghilangkan pola pada model Anda.

RoundCorner

RoundCorner adalah plugin yang digunakan untuk membuat tepi pada model 3D berbentuk bulat. Ada 3 mode tepi model yang dapat Anda terapkan menggunakan plugin ini: sudut bulat, sudut taja, dan bevel.

Selection Toys

Selection toys merupakan plugin gratis yang dikembangkan oleh Thom Thom. Dengan menggunakan plugin akan lebih mempercepat Anda dalam melakukan pemilihan di sketchup. Seperti memilih geometri yang tersembunyi hingga loop dan secara sederhana dapat dibatalkan pemilihan objek dengan cara yang sama.

Menarik Juga  Cara Membuat Kaligrafi Menggunakan Sketchup dengan Mudah

Joint Push Pull

Joint Push Pull adalah salah satu plugin dari Fredo6 yang dapat digunakan untuk memaksimal fitur ektrusi model di sketchup. Dengan menggunakan plugin sketchup ini, Anda dapat melakukan push/pull pada objek yang melengkung sekalipun.

FredoSpline

Masih dari Fredo6, plugin ini dapat Anda gunakan untuk membuat kurva di sketchup. Terdapat beberapa kurva yang dapat Anda ditemukan disini yakni Bezier, Fit Spline, Polycorner dan Polyline.

Raytracer

Raytracer adalah plugin sketchup yang memiliki fungsi untuk melakukan drop. Dengan menggunakan plugin ini Anda dapat meletakkan banyak objek yang melayang langsung ke atas permukaan bidang/face yang sudah Anda tentukan.

Curviloft

Curviloft adalah plugin sketchup yang dikembangkan untuk membantu Anda dalam membuat face di sketchup, baik dalam permukaan dari kontur atau permukaan di atas bingkai.

Dengan menggunakan curviloft ini, Anda dapat membuat menyatukan dua face yang berbeda.

Penutup

Melakukan instal plugin sketchup untuk pemodelan tingkat lanjut adalah langkah awal ketika Anda sudah benar-benar menguasai bagaimana cara membuat desain yang benar menggunakan sketchup. Daftar plugin di atas, dapat Anda pilah dan pilih sesuai dengan kebutuhan.

Demikian postingan mengenai daftar plugin sketchup untuk pemodelan tingkat lanjut. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya. Semoga postingan ini bermanfaat. Terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *