FinansialInvestasi

Jangan Asal Trading! Cara Belajar Trading Saham Pemula

91
×

Jangan Asal Trading! Cara Belajar Trading Saham Pemula

Share this article
Cara Belajar Trading Saham Pemula
Cara Belajar Trading Saham Pemula

Cara Belajar Trading Saham Pemula – Pasti sudah tidak asing dengan dunia saham, ya kan? Nah, ketika mau terjun ke dalam investasi saham, kamu harus memutuskan dulu nih, apakah mau jadi seorang investor atau trader. Eits, perlu diingat, keduanya beda lho. Yuk, kita bahas lebih dalam!

Cara Belajar Trading Saham Pemula

Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia trading saham, berikut adalah beberapa tips belajar trading saham pemula yang dapat kamu lakukan:

Investor vs. Trader: Mana Pilihanmu?

Kalo kamu lebih memilih jadi seorang investor, artinya kamu akan menanamkan saham dalam jangka waktu yang panjang. Nah, nanti kamu bakal dapet keuntungan berupa dividen dari perusahaan yang sahamnya kamu pegang. Mantap, kan?

Tapi, buat kamu yang lebih suka jadi trader, tugasnya beda, nih. Seorang trader wajib melototin grafik pasar saham dan bisa lakukan transaksi kapan aja. Nah, keuntungan yang didapet bakal berupa capital gain. Jadi, kamu harus siap-siap merangsek untuk raih profit, ya!

Gali Informasi

Sebelum mengambil keputusan apapun, penting banget buat kamu menggali informasi sebanyak-banyaknya. Ingat, sebagai investor saham, keputusanmu harus didasari analisa yang matang. Nah, biar lebih mantap, cari informasi yang kredibel dan mendalam, ya!

Tenang aja, banyak kok cara buat dapetin informasi seputar saham. Bahkan bisa kamu lakukan tanpa keluar duit sepeser pun. Misalnya, kamu bisa akses laporan keuangan, laporan tahunan, corporate action, sampe public expose dari perusahaan-perusahaan yang kamu incar.

Menarik Juga  Ketahuilah Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

Pengetahuan adalah Modal Utama

Dengerin, nih, sobat! Buat jadi trader saham yang handal, kamu enggak boleh datang dengan otak kosong. Wajib hukumnya buat kamu pelajari ilmu trading saham secara serius, lho! Bisa belajar dari buku, artikel-artikel keren, ikut seminar, nontonin video di YouTube, atau bahkan beli DVD pendidikan trading yang oke banget.

Kalo pengen yang lebih langsung, kamu bisa ikut kelas-kelas trading dari mentor-mentor yang terpercaya. Selain dapet ilmu dan teknik yang bener, pola pikir kamu juga bakal terbentuk dengan baik. Mantap, kan?

Mentor dan Teman Belajar: Jangan Solo Karir!

Nah, ini penting, nih! Kamu disarankan punya mentor atau teman yang lebih berpengalaman di bidang trading saham. Mentor bisa berasal dari keluarga, teman, rekan kerja, guru, atau siapapun yang paham betul tentang pasar saham.

Pastikan deh mentormu mau dengan sabar jawab semua pertanyaan yang kamu punya. Jangan lupa, mereka juga bisa bantu, kasih rekomendasi sumber daya yang oke, serta tetap semangat mendukungmu ketika pasar lagi ngambang. Tau ga? Hampir semua investor sukses punya mentor selama awal-awal mereka berkecimpung di pasar saham.

Belajar dari Pengalaman Orang Lain

Nggak cuma mentor, loh, kamu juga bisa belajar banyak dari pengalaman para investor sukses lainnya. Bisa dari buku-buku inspiratif, atau cari tahu sepak terjang mereka di pasar saham. Inspirasi dan wawasan baru bakal kamu dapatkan, deh!

Misalnya, dari tokoh-tokoh hebat kayak Warren Buffett, Jesse Livermore, George Soros, Benjamin Graham, Peter Lynch, John Templeton, atau Paul Tudor Jones.

Mulai Investasi Saham dengan Nominal Kecil

Investasi saham itu enggak selalu harus pake modal gede. Malah, buat kamu yang baru belajar, para ahli menyarankan untuk mulai investasi dengan nilai saham yang kecil-kecil dulu, yang terjangkau gitu loh.

Menarik Juga  Wajib Tau! Cara Analisis Fundamental Saham: Tujuan, Manfaat, dan Indikator

Tapi, nih, ada alasan kenapa harus mulai dengan nominal yang terjangkau, nih. Trading saham tuh jenis investasi yang punya risiko tinggi, dan enggak semua orang cocok di bidang ini, lho. Jadi, kamu perlu dipastikan dulu, apakah trading saham ini emang sesuai buat kamu.

Nggak usah buru-buru! Biar aman dan terjamin, kamu bisa coba dulu dengan nominal kecil. Kalau ternyata cocok dan nyaman, kamu bisa teruskan langkahmu. Tapi, kalau enggak cocok, nggak masalah. Toh, masih ada banyak kesempatan investasi lainnya, kan?

Ingat, jangan takut untuk belajar dari kerugian. Ada banyak orang sukses di bidang trading saham yang awalnya juga merasakan kerugian. Tapi mereka tetap semangat dan belajar terus. Jadi, semangat terus belajar dan jangan lupa mulai dengan nominal kecil, ya! Biar kamu bisa merasakan suasana pasar saham dengan lebih aman dan nyaman.

Kesimpulan

Jika kamu sudah memutuskan untuk ingin belajar trading saham bukan analisa fundamental saham, maka kamu harus sudah siap dengan segala risiko dari trading saham ya sobat! Karena banyak juga orang-orang yang tidak merekomendasikan trading saham ketika finansialnya masih belum kuat.

Nah itulah cara belajar trading saham pemula yang bisa disampaikan, semoga artikel in bermanfaat. Setidaknya bisa menambah wawasan pengetahuan akan dunia trading saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *