BeritaPengetahuan

Fakta Unik tentang Indonesia yang Belum Banyak Diketahui

95
×

Fakta Unik tentang Indonesia yang Belum Banyak Diketahui

Share this article
Fakta Unik tentang Indonesia
Fakta Unik tentang Indonesia

Fakta Unik tentang Indonesia yang Belum Banyak Diketahui – Pernahkah Anda berfikir akan sebuah fakta unik apa yang berasal dari Negara Indonesia? Apabila Anda belum pernah memikirkan hal tersebut, maka Anda berada di artikel yang tepat kali ini.

Sebab, pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan sebuah informasi menarik yakni tentang fakta unik Negara Indonesia yang jarang diketahui.

Fakta Unik tentang Indonesia

Berikut beberapa fakta unik Negara Indonesia yang jarang diketahui dan kami rasa menarik andaikan Anda mengetahuinya pula:

  1. Indonesia memegang prestasi sebagai negara pertama yang keluar dan masuk keanggotaan PBB. Pada tahun 1965, Indonesia mengundurkan diri dari PBB sebagai bentuk protes terhadap keanggotaan Malaysia di Dewan Keamanan, dan kemudian kembali bergabung pada tahun 1966 menyusul pergantian pemerintahan.
  2. Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, tercatat sebagai pemegang 46 hak paten aeronautika di tingkat global. Sebagai seorang ilmuwan dan insinyur, Habibie berkontribusi dalam pengembangan pesawat terbang, termasuk di antaranya CN-235, N-250, dan R-802.
  3. Sejarah geologis Indonesia mencatat letusan gunung api terbesar di dunia, yakni letusan Gunung Toba sekitar 74.000 tahun yang lalu. Letusan ini menciptakan kawah yang menjadi danau Toba dan berpengaruh pada perubahan iklim global, memengaruhi kehidupan manusia dan hewan.
  4. Indonesia memiliki penghasilan rempah-rempah yang banyak diminati oleh bangsa Eropa. Sehingga dalam perdagangan rempah-rempah, Indonesia menjadi maskot dalam urusan tersebut sejak abad ke-16. Produk seperti cengkeh, pala, lada, kayu manis, dan jahe berasal dari Indonesia dan menjadi komoditas berharga, menjadi daya tarik bagi bangsa Belanda, Inggris, Portugis, dan Spanyol.
  5. Pulau Komodo di Indonesia merupakan habitat asli komodo, kadal raksasa purba. Dengan panjang bisa mencapai 3 meter, komodo memiliki gigitan beracun. Pulau Komodo juga terdaftar sebagai situs warisan alam dunia UNESCO.
  6. Di Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Bandung terdapat sebuah stasiun tertinggi di Indonesia. Stasiun tersebut adalah Stasiun Nagreg yang terletak pada ketinggian 1.050 meter di atas permukaan air laut dan menjadi persimpangan jalur kereta api Bandung-Cianjur dan Bandung-Banjar.
  7. Kopi luwak, kopi termahal di dunia, dihasilkan dari biji kopi yang mengalami proses fermentasi dalam perut musang. Kopi ini memiliki rasa dan aroma khas, dengan harga mencapai 5 juta rupiah per kilogram.
  8. Indonesia merupakan cincin api dunia, yang berisi sekitar 75% gunung berapi aktif di dunia. Dengan sekitar 400 gunung berapi, termasuk 130 yang masih aktif, Indonesia adalah tempat pertemuan dua rangkaian gunung berapi aktif, yaitu busur Sunda dan busur Banda.
  9. Negara Kesatuan Republik Indonesia lahir pada tahun 1945 setelah Perang Dunia II, menjadikannya negara ke-70 yang merdeka di dunia. Kemerdekaan tersebut diraih melalui perjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang.
  10. Indonesia memiliki lebih dari 700 bahasa dan dialek yang digunakan oleh penduduknya. Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi nasional. Provinsi Papua mencatat jumlah bahasa terbanyak, mencapai sekitar 270 bahasa, mencerminkan keberagaman suku, budaya, dan sejarah di Indonesia. Semoga fakta-fakta ini dapat menambah wawasan Anda tentang Indonesia.
Menarik Juga  Mengapa Manusia Menciptakan Uang? Sejarah, Fungsi dan Penjelasannya

Nah itulah kiranya, 10 fakta unik tentang Indonesia yang belum banyak diketahui. Dengan informasi ini, kami harap dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan cara membagikan artikel ini ke media sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *