Seputar Bangunan

Cara Membuat Lantai Menggunakan Sketchup

25
×

Cara Membuat Lantai Menggunakan Sketchup

Share this article
Cara Membuat Lantai Menggunakan Sketchup

Membuat lantai menggunakan sketchup dilakukan setelah kita sudah memposisikan gambar autocad di sketchup. Lantai disini adalah lantai yang nantinya akan digunakan sebagai tempat berdirinya 3D model bangunan.

Langkah-Langkah Membuat Lantai Menggunakan Sketchup

Pada saat membuat lantai di sketchup, kita hanya memerlukan dua shortcut yakni Rectangle (R) dan Push/Pull (P). Berikut langkah-langkah membuat lantai menggunakan sketchup:

  • Pastikan layer aktif pada layer lantai seperti pada gambar supaya bidang grup maupun garis nanti berada pada layer yang sama yakni lantai 1
Membuat Lantai di Sketchup
Layer aktif di layer lantai
  • Tekan R pada keyboard untuk menjalankan perintah Rectangle
  • Arahkan dan klik kursor pada bagian pertama (warna kuning) kemudian arahkan kursor ke bagian akhir (warna merah). Yang nantinya gambar sketsa 2D denah akan menjadi seperti gambar dibawah ini:

Membuat Lantai di Sketchup

  • Arahkan pandangan kamera gambar kerja sketchup kebawah menggukan kombinasi perintah Orbit (Scroll Mouse) dan Pan (Shift+Scroll Mouse) bila diperlukan. Hingga pandangan kamera terlihat dari arah bawah.
  • Tekan P pada keyboard untuk menjalankan perintah Push/Pull, kemudian arahkan push/pull dibawah bidang putih tersebut hingga terlihat seleksi bitnik-bintik.
  • Jika seleksi/bitnik-bintik sudah terlihat, klik kiri pada mouse kemudian tarik mouse ke bawah dan ketikkan 100 pada keyboard untuk membuat ketebalannya. Note : saya menggunakan 100 karena satuan di sketchup yang saya gunakan adalah centimeter
  • Klik sebanyak tiga kali (triple click) secara cepat pada mouse untuk menseleksi semua bidang yang ada
  • Kemudian tekan Ctrl + G untuk custom shortcut sketchup make group. Ketika sudah berhasil di make group maka nanti bitnik-bintik seleksi akan hilang. Perhatikan hasil make group pada gambar dibawah ini:
Membuat Lantai di Sketchup
Hasil make group lantai di sketchup

Untuk mempermudah pemahaman tentang bagaimana cara membuat lantai menggunakan sketchup, kamu dapat melihat video berikut ini:

Menarik Juga  Termudah! Cara Import Autocad ke Sketchup

Penutup

Membuat lantai menggunakan sketchup menjadi langkah awal untuk memulai memubuat rumah di sketchup. Setelah itu baru membuat step-step yang lainnya. Anda dapat menentukan elevasi lantai langsung atau nanti pada saat akhir.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan ke media sosial yang lainnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *