Karir

Enakan Kerja di Indomaret atau Alfamart Sih?

3
×

Enakan Kerja di Indomaret atau Alfamart Sih?

Share this article
Enakan Kerja di Indomaret atau Alfamart
Enakan Kerja di Indomaret atau Alfamart sih?

Enakan Kerja di Indomaret atau Alfamart – Indomaret dan Alfamart seakan menjadi minimarket yang pasti ada di setiap kota di Indonesia. Seakan-akan minimarket di Indonesia hanya dimiliki oleh keduanya saja.

Pada perkembangannya yang semakin pesat, kedua minimarket tersebut memberikan keuntungan tersendiri bagi Negara Indonesia yakni terbukan lapangan pekerjaan. Namun, terkadang masih ada saja orang yang gundah gulana memikirkan enakan kerja di Indomaret atau Alfamart?

Dan pertanyaan tersebut akan lebih membuat kamu kebingungan, apabila kamu melamar kerja di kedua minimarket tersebut dan semuanya lolos untuk mendatangi panggilan wawancara kerja.

Enakan Kerja di Indomaret atau Alfamart?

Kedua gerai minimarket ini cenderung memiliki sistem kerja yang hampir sama (11 – 12). Dan beberapa orang yang pernah bekerja di keduanya, merasa sama saja tidak ada bedanya. Terlebih jika posisi yang diambil juga sama, seperti menjadi kasir.

Tetapi ada beberapa hal yang bisa digunakan sebagai pertimbangan ketika kamu mendapatkan panggilan dari dua gerai minimarket tersebut. Pertimangan tersebut adalah sebagai berikut:

Lokasi Penempatan Kerja

Indomaret dan Alfamart biasanya mempunyai strategi penempatan gerai yang berdampingan atau berhadap-hadapan. Namun, bukan itu yang menjadi point pembahasan lokasi penempatan kerja ini.

Dimana jika sebelumnya sudah melakukan interview dan mendapatkan bocoran mengenai penempatan, maka ini bisa menjadi point penting untuk kamu jadikan pertimbangan.

Perhatikan dimana kamu akan ditempatkan, apakah jauh dari rumah? Atau dekat dengan rumah? Kenapa demikian? Karena jarak dari rumah menuju gerai bisa menjadi nilai plus bagi kamu untuk lebih menghemat biaya operasional transportasi saat sudah mulai bekerja rutin.

Menarik Juga  Cara Melamar Kerja di Alfamart 2024 (Syarat Kerja dan Tahapan Seleksi)

Tingkat Kerawanan

Ada beberapa kondisi dimana letak suatu gerai minimarket itu memiliki lokasi yang rawan akan tindak pembegalan, pencurian, perampokan, tawuran dan sejenisnya.

Apabila sebelumnya kamu mengetahui wilayah yang ditempati Indomaret atau Alfamart, cobalah untuk mencari informasi tentang wilayah tersebut apakah rawan akan hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Sebab hal itu akan menjadi kendala tersendiri jika nanti kamu bekerja, kemudian banyak barang yang hilang karena dicuri. Kan pastinya kamu harus mengganti rugi barang yang hilang tersebut dong.

Mending kalau kamu berani untuk menegur atau melawan? Bagaimana jika sebaliknya? Justru kamu yang akan di terror karena bisa saja yang melakukan pencurian tersebut adalah warga lokal wilayah gerai tersebut.

Bukan lagi menjadi rahasia umum bahwasanya setiap pekerjaan pasti memiliki risikonya masing-masing. Akan tetapi jauh lebih baik apabila risiko tersebut sudah diketahui dan bisa diperkecil atau bahkan dihindari.

Gerai Ramai atau Sepi

Ini bisa ditafsirkan secara harfiah, jika lokasi gerai itu cenderung sepi dan rawan kamu pastinya akan merasa tidak nyaman apabila bekerja di tempat tersebut.

Tetapi coba kita abaikan kerawanan tersebut. Jika gerai yang hendak kamu tempati cenderung sepi dan sering kalah saing dengan warung kecil, maka ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi kamu.

Kenapa demikian? Sebab bekerja di minimarket itu terkadang harus mengejar target penjualan. Jadi jika kamu sudah memiliki skill kerja yang baik kemudian ternyata lokasi gerai kurang menguntungkan, maka kamu bisa terkena dampak kinerja penjualan yang tidak mencapai target.

Kesimpulan

Bekerja di Indomaret atau Alfamart pada dasarnya sama saja, tergantung kitanya yang menjalani dan cara mensyukurinya.

Demikian postingan mengenai enakan kerja di Indomaret atau Alfamart? Semoga postingan ini bermanfaat dan terima kasih banyak telah membaca dan berkunjung di blog Nekbutuhaja ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *