Finansial

Cara Mengatur Uang 400 ribu Seminggu: Wajib Coba

18
×

Cara Mengatur Uang 400 ribu Seminggu: Wajib Coba

Share this article
Cara Mengatur Uang 400 ribu Seminggu
Cara Mengatur Uang 400 ribu Seminggu

Nekbutuhaja.com – Punya gaji bulanan yang lumayan pasti jadi impian kita semua, tapi ternyata nggak semudah itu, ya. Kayaknya kebutuhan makin bertambah, tapi gajinya nggak seberapa. Namun, jangan khawatir, masalah itu bisa diatasi kok, asal kita pintar-pintar mengelola keuangan.

Nah, gimana ya cara mengatur uang 400 ribu seminggu? Tenang aja, berikut beberapa tips yang dapat kalian lakukan!

Cara Mengatur Uang 400 ribu Seminggu

Untuk dapat mengatur uang 400 ribu seminggu, ada beberapa yang memang harus kamu lakukan ya sobat nekbutuhaja. Berikut cara-cara untuk mengatur uang 400 ribu tersebut.

Bikin Daftar Menu Makanan, Biar Hemat dan Anti Bingung

Kamu pasti suka bingung juga ya, mau masak apa tiap hari? Akhirnya beli ini itu, sayur yang nggak kepake, dan ujung-ujungnya jadi boros. Nah, daripada gitu, coba deh bikin daftar menu makanan selama seminggu. Dengan begitu, kamu bisa belanja dengan lebih terarah dan nggak kebingungan saat lagi di tukang sayur.

Mau saran menu simpel? Cobain deh tumis kangkung sama tempe goreng, atau sayur asem dan ayam goreng. Atau mungkin sayur sop tetelan dan tahu goreng? Itu baru beberapa contoh, kok. Pokoknya, asal sesuai selera dan bisa bikin kenyang, itu yang penting!

Menarik Juga  Jangan Lewatkan! Cara Mengelola Uang Agar Berkembang: Panduan Lengkap untuk Pemula

Belanja di Pasar atau Tukang Sayur, Hemat dan Bisa Dapet Diskon

Nih, tips yang satu ini sering banget aku praktekin sendiri. Kalau kamu mau hemat, belanja di pasar atau tukang sayur aja, jauh lebih murah daripada belanja di supermarket. Di pasar, kamu bisa nego harga, apalagi kalau kamu langganan. Bisa aja tuh, dapat diskon atau dapet paket sayur dengan harga terjangkau.

Misalnya, kamu mau bikin sayur sop, coba deh tawar menawar harga sayurannya. Hemat, kan? Jadi, mulai sekarang, pikirkan lagi deh kalau mau belanja di supermarket.

Rencanakan Belanja Mingguan, Biar Nggak Boros

Satu lagi nih, agar nggak boros dan uang 200 ribu cukup buat seminggu, coba deh rencanakan belanja mingguan dengan matang. Jadi, kamu nggak asal beli sesuatu yang nggak penting. Buat daftar belanjaanmu dan tetap patuhi itu, ya!

Kadang suka godaan banget, lihat promo diskon atau diskon gila-gilaan, terus beli tanpa perlu. Nah, ini yang harus dihindarin. Kalau memang nggak terlalu dibutuhkan, lebih baik simpen aja uangnya buat keperluan lain.

Gak Usah Terlalu Sering Pakai Motor, Coba Naik Sepeda atau Jalan Kaki

Nah, ini juga tips yang bagus buat hemat uang dan juga sehat. Kalau jaraknya nggak terlalu jauh, mendingan naik sepeda atau jalan kaki aja daripada pakai motor. Selain hemat BBM, badan kamu juga jadi lebih sehat karena olahraganya kecil-kecilan.

Kecuali kalau lagi hujan deras atau ada acara penting yang bener-bener gak bisa ditunda, mendingan naik sepeda atau jalan kaki aja. Selain hemat uang, bantu jaga lingkungan juga, lho!

Kurangi Pesan Makanan dan Belanja Online, Lebih Puas Masak Sendiri

Aku tahu, pesan makanan online itu nyaman banget, tapi kalo keseringan, uang bisa habis dalam sekejap. Lebih baik coba masak sendiri, nggak cuma lebih hemat, tapi bisa bikin puas juga.

Menarik Juga  5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Coba deh eksplorasi resep-resep simpel yang bisa kamu masak di rumah. Selain lebih murah, kamu juga bisa eksperimen dengan masakan-masakan baru. Siapa tau, ternyata kamu punya bakat jadi chef handal!

Contoh Pengeluaran Uang 400 ribu Seminggu

Dari contoh pengeluaran berikut ini, silahkan kamu sesuaikan kembali dengan kebutuhan dan kewajiban yang harus kamu lakukan ya sobat.

Contoh 1

NoRincian PengeluaranBiaya
Kewajiban
1Listrik50.000
Kebutuhan
1Beras50.000
2Gas, Minyak, Sabun70.000
3Jajan Anak 5000 x 735.000
4Belanja Mingguan100.000
5Pulsa25.000
Dana Penting
1Dana Darurat10.000
2Sedekah10.000
3Tabungan50.000
Total Pengeluaran400.000

Contoh 2

NoRincian PengeluaranBiaya
Kewajiban
1Listrik50.000
2Arisan30.000
Kebutuhan
1Beras50.000
2Belanja Mingguan100.000
3Gas, Air, Minyak70.000
4Pulsa30.000
Dana Penting
1Dana Darurat10.000
2Sedekah10.000
3Tabungan Pribadi20.000
4Tabungan Bersama30.000
Total Pengeluaran400.000

Ingat, tabel pengeluaran uang 400rb seminggu di atas hanyalah sebuah contoh.

Akhir Kata

Jadi, ngatur uang 400 ribu seminggu itu sebenarnya bisa kok, asal ada niat dan kesadaran buat lebih bijak mengelolanya. Coba deh praktikin tips-tips sederhana di atas, siapa tau uang 400 ribu bisa lebih berkah dan nggak cepat habis.

Bagi kamu yang ingin membagikan cara mengatur uang 400 ribu seminggu ini dapat kamu lakukan dengan cara klik sosial media dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *