Pengetahuan

Tepung Maizena Terbuat dari Bahan Apa?

12
×

Tepung Maizena Terbuat dari Bahan Apa?

Share this article
Tepung Maizena Terbuat dari Bahan Apa
Tepung Maizena

Tepung Maizena Terbuat dari Bahan Apa? – Tepung Maizena adalah salah satu bahan dapur yang umum digunakan di Indonesia. Bahan ini seringkali digunakan untuk membuat saus, memasak sup, atau membuat adonan kue yang lembut.

Namun, meskipun tepung maizena begitu umum, masih banyak orang yang tidak tahu tepung maizena terbuat dari bahan apa?

Tepung Maizena terbuat Dari?

Tepung Maizena terbuat dari bahan dasar tepung jagung, yang dikenal sebagai pati jagung. Pati jagung adalah karbohidrat kompleks yang terdapat dalam biji jagung, dan merupakan bahan dasar untuk membuat tepung maizena.

Proses pembuatan tepung maizena melibatkan penggilingan biji jagung hingga menjadi tepung halus, lalu dilakukan proses pemisahan antara pati jagung dan serat jagung.

Setelah itu, pati jagung diproses lagi hingga menjadi tepung maizena halus yang siap digunakan dalam berbagai macam resep.

Dari bahan dasar tersebut, tepung maizena menjadi opsi yang direkomendasi oleh orang-orang untuk dijadikan sebagai bahan campuran makanan supaya lebih kenyal.

Perlu untuk diketahui, kata maizena sendiri adalah merk produk tepung jagung yang berasal dari negara Meksiko. Namun, orang Indonesia terlanjur menyebut tepung jagung ini dengan kata maizena.

Sehingga, di Indonesia nama tepung maizena lebih dikenal daripada tepung jagung.

Karakteristik Tepung Maizena

Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai tepung maizena terbuat dari apa. Mari kita kenal karakteristik pada tepung maizena:

Menarik Juga  Apa yang Dimaksud dengan Kriptografi? Ini Penjelasan Lengkapnya

Konsistensi Lembut

Salah satu karakteristik utama tepung maizena adalah konsistensi yang lembut. Hal ini membuat tepung ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pengental.

Ketika digunakan sebagai bahan pengental, tepung maizena akan memberikan tekstur yang lembut dan halus pada masakan, tanpa mengubah rasa atau warnanya.

Bebas Gluten

Tepung maizena adalah pilihan tepung yang tepat bagi orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten atau celiac disease. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum, barley, dan gandum hitam.

Orang yang memiliki celiac disease atau sensitivitas gluten harus menghindari makanan yang mengandung gluten. Tepung maizena adalah alternatif yang baik karena bebas gluten dan tidak menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan pada orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten.

Mudah Dicampur

Tepung maizena sangat mudah dicampur dengan bahan lain, seperti air atau susu. Karena konsistensinya yang lembut, tepung ini mudah larut dan tidak mudah menggumpal.

Hal ini membuat tepung maizena menjadi bahan yang sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan pengental dalam masakan.

Rasa yang Netral

Tepung maizena memiliki rasa yang netral dan tidak memiliki rasa atau aroma yang khas. Hal ini membuat tepung ini cocok digunakan dalam berbagai jenis masakan, baik yang manis maupun yang asin.

Tepung maizena tidak akan mengubah rasa atau warna masakan dan akan memberikan tekstur yang halus dan lembut pada masakan.

Tahan Panas dan Dingin

Tepung maizena tahan panas dan dingin, sehingga tepung ini dapat digunakan dalam berbagai jenis masakan, baik yang dimasak dalam suhu tinggi maupun suhu rendah.

Tepung ini juga tidak mudah menggumpal ketika terkena suhu yang tinggi, sehingga tepung ini sangat cocok digunakan dalam pembuatan saus atau sup.

Menarik Juga  9 Rekomendasi Template Blogger Terbaik untuk Adsense

Manfaat Tepung Maizena

Selain digunakan dalam memasak, tepung maizena juga memiliki manfaat lain yang bisa Anda dapatkan. Berikut beberapa manfaat tepung maizena terbuat dari:

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Tepung maizena mengandung pati yang dapat membantu melindungi sel-sel dalam usus dan membantu pencernaan.

Menggantikan Tepung Terigu

Tepung maizena dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu dalam adonan kue atau roti. Kandungan tepung maizena yang rendah protein membuat adonan menjadi lebih lembut dan ringan.

Menambahkan Tekstur pada Produk Makanan dan Minuman

Tepung maizena juga sering digunakan sebagai bahan pengental pada produk makanan dan minuman, seperti saus, jeli, atau pudding.

Perbedaan Tepung Tapioka dan Maizena

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai apa perbedaan tepung maizena dan tepung tapioka? Nah, ada beberapa perbedaan diantara keduanya yang akan dijelaskan sebagai berikut ini:

Bahan Baku

Tepung maizena terbuat dari bahan dasar sari pati jagung. Dengan bahan dasar jagung, tepung maizena sangat jarang digunakan sebagai bahan dasar sebuah makanan.

Tepung maizena seringnya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat makanan terasa lebih kenyal.

Tepung tapioka atau yang sering disebut dengan tepung kanji terbuat dari bahan dasar sari pati singkong.

Tepung tapioka cenderung memiliki karakteristik yang padat daripada tepung maizena yang cenderung kental namun tidak lengket.

Warna Tepung

Tepung maizena memiliki warna yang cenderung ke kuning-kuningan. Hal ini disebabkan oleh bahan dasar tepung maizena yakni jagung.

Dibandingkan dengan beberapa tepung lainnya, tepung maizena cenderung memiliki warna yang pucat, disisi lain tepung tapioka memiliki warna sangat putih sehingga hampir sama dengan warna putih susu.

Tekstur Tepung

Selain berbeda dari bahan baku dan warna tepung, tekstur tepung dapat Anda gunakan untuk mengetahui perbedaan antara tepung maizena dan tepung tapioka. Tekstur dari tepung tapioka adalah licin seperti bedak.

Menarik Juga  Home Decorating Ideas for Halloween

Dengan hal itu, banyak orang yang kurang suka dengan tepung tapioka karena teksturnya yang terlalu licin.

Berbeda sekali dengan tepung maizena, tepung ini memiliki tekstur yang kesat sehingga mudah sekali untuk dipegang oleh tangan.

Kegunaan Tepung Maizena

Ada beberapa kegunaan tepung maizena yang dapat difungsikan untuk bahan campuran makanan. Tepung maizena digunakan untuk membuat gorengan, dengan kegunaan tepung maizena untuk goreng ini menjadikan gorengan lebih kenyal ketika dinikmati.

Sesuai dengan karakteristiknya yang kenyal, tepung maizena juga sering digunakan sebagai bahan campuran kue.

Kue yang dibuat menggunakan campuran tepung maizena akan terasa lebih kenyal.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang tepung maizena mulai dari bahan, karakteristik, manfaat dan kegunaan. Kita sekarang lebih mengetahui tentang tepung maizena.

Yang mana, kita tidak perlu bingung lagi untuk membedakan antara tepung maizena dan tepung-tepung lainnya sebagai bahan campuran makanan terutama kue.

Demikian informasi mengenai tepung maizena ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan kita semua. Terima kasih banyak telah membaca tepung maizena terbuat dari bahan apa di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *