Karir

Cara Melamar Kerja di BUMN

29
×

Cara Melamar Kerja di BUMN

Share this article
Cara Melamar Kerja di BUMN
Cara Melamar Kerja di BUMN

Cara Melamar Kerja di BUMN – Badan Usaha Milik Negara atau yang biasa kita kenal dengan BUMN kerap kali menjadi tempat kerja yang diinginkan oleh sebagain besar lulusan perguruan tinggi.

Kriteria dan kecilnya persentase pemalar yang diterima menjadikan BUMN perusahaan yang sulit ditembus oleh mereka.

Meskipun demikian, tak ada yang tak mungkin bagi calon pelamar kerja untuk diterima di BUMN. Sebab, calon pelamar dapat mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum melakukan lamaran kerja di BUMN.

Persiapan Melamar Kerja di BUMN

Bagi kamu yang sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi serta menginginkan kerja di perusahaan BUMN. Mulailah untuk mempersiapkan semua sejak dini karena memang ada beberapa hal kualifikasi dasar yang dibutuhkan oleh perusahaan BUMN pada saat kamu belajar.

Berikut sejumlah hal yang perlu kamu persiapkan saat akan melamar kerja di BUMN:

IPK

Indeks Prestasi Kumulatif atau yang biasa dikenal dengan istilah IPK menjadi satu hal yang wajib dipersiapkan. Mengapa demikian?

Sebab, hingga saat ini IPK masih menjadi tolak ukur atau kualifikasi perusahaan dalam melakukan proses seleksi awal sebelum wawancara.

Namun perlu kamu ketahui, disisi lain IPK bukanlah tolak ukur utama keberhasilan untuk tahapan berikutnya.

Kerap kali memiliki jiwa work leader dan cepat tanggapp dalam merespon suatu pekerjaan juga menjadi pertimbangan bagi HRD perusahaan BUMN.

CV

Persiapan selanjutnya untuk melamar kerja di BUMN adalah CV atau Curriculum Vitae. Persiapkan CV kamu semaksimal mungkin karena berkas ini cukup krusial untuk memperkenalkan diri kamu secara singkat namun berbobot.

Menarik Juga  Cara Melamar Kerja di Alfamart 2024 (Syarat Kerja dan Tahapan Seleksi)

Perusahaan akan menyaring para pelamarnya melalui CV sehingga berkas ini perlu dibuat sebaik dan semenarik mungkin serta jangan lupa cantumkan poin-poin penting yang relevan pada posisi yang kamu lamar.

Dengan masih menjadi mahasiswa, tentunya kamu pasti memiliki banyak waktu untuk belajar bagaimana cara membuat CV yang baik dan menarik.

Keterampilan Diri

Hard skill dan soft skill menjadi salah satu faktor yang diperhatikan oleh perusahaan BUMN. Kamu dapat memperkuat keterampilan diri dengan cara melampirkan sertifikat-sertifikat yang perah didapatkan dari training, workshop, kelas online dan masih banyak lagi.

Sertifikat tersebut akan menjadi bukti fisik bahwa kamu pernah mempelajari hal tersebut dan layak mendapatkan sertifikat pada pelatihan yang kamu ambil.

Pengalaman Magang

Pengalaman magang dapat menjadi peluang besar untuk mudah diterima di BUMN. Pada saat tiba waktunya magang, carilah perusahaan BUMN untuk kamu jadikan sebagai tempat magang kamu . Kenapa demikian?

Pasalnya, dengan magang di perusahaan BUMN kamu akan memiliki banyak relasi disana yang dapat dihubungi ketika kamu sudah menyelesaikan studi kamu dan siap untuk bekerja.

Selain itu, pada saat magang kamu memiliki pengaruh dan prestasi tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk diterima kerja terlebih dahulu sebelum wisuda dilakukan.

Maksudnya begini, sering kali perusahaan akan merekrut pelajar yang sedang magang dengan memberitahukan bahwa kalau setelah lulus, silahkan langsung masukkan lamaran kerja di perusahaan ini.

Wawancara Kerja

Ketika kamu berhasil masuk pada tahap wawancara kerja, pastikan kamu tampil dengan penampilan formal terbaik. Beberapa pelamar akan mengenakan atasan putih lengan panjang dengan dasi warna hitam dilengkapi celana panjang hitam dan sepatu ketika menghadiri wawancara kerja.

Tes Kesehatan

Memang pada perusahaan selain BUMN tes kesehatan terkadang menjadi hal yang tidak pernah dilampirkan pada sebuah kualifikasi lowongan pekerjaan.

Menarik Juga  Ikuti Tips Pas Foto untuk Melamar Kerja Berikut

Berbeda dengan BUMN, terkadang mereka memang menyisipkan kualifikasi kesehatan jasmani maupun rohani pada lowongan kerja yang sedang dibuka.

Dengan demikian, kamu harus menjalani tes kesehatan untuk mendapat surat keterangan sehat yang akan menunjang kesehatan jasmani dan rohani kamu yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

 

Tips melamar kerja di BUMN hanyalah tips yang dapat kamu coba dan tekuni apabila kamu ingin bekerja di perusahaan BUMN

 

Mempelajari Perusahaan yang Dituju

Dalam hal ini, mempelajari dan mengidentifikasi kebutuhan perusahaan perlu untuk kamu pelajari. Dengan mempelajari hal tersebut, kamu akan lebih siap untuk menghadapi wawancara kerja maupun sistem kerja pada perusahaan BUMN tersebut.

Kesimpulan

Melamar kerja di BUMN dapat dilakukan oleh para fresh graduate perguruan tinggi. Tapi ya persiapan-persiapan untuk bekerja di BUMN memang harus kamu persiapkan sejak masih menjalani masa pendidikan, seperti bagusnya nilai IPK.

Kamu tidak akan mungkin mendapatkan nilai IPK bagus ketika hanya bersungguh-sungguh pada semester akhir saja. Setidaknya IPK kamu harus terus bagus kalau bisa terus meningkat dari semester satu ke semester berikutnya.

Demikian artikel ini disampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak telah membaca tips melamar kerja di BUMN pada blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *