Seputar Bangunan

Cara Membuat Elevasi Lantai di Sketchup

42
×

Cara Membuat Elevasi Lantai di Sketchup

Share this article

Cara%20Membuat%20Elevasi%20Lantai%20di%20Sketchup

Elevasi pada Lantai di Sketchup

Cara membuat elevasi lantai pada sketchup dapat Anda lakukan setelah membuat lantai di sketchup atau setelah membuat tampak depan di sketchup. Tergantung pilihan Anda, lebih mudah yang mana.

Pada dasarnya, eleveasi lantai harus dibuat untuk membuat desain rumah eksterior Anda terlihat lebih realistis dikarenakan adanya naik turun pada permukaan lantai. Ketika Anda tidak melakukan pembuatan elevasi lantai ini pasti desain gambar eksterior Anda akan terlihat kurang menarik.

Membuat elevasi lantai di sketchup dapat menjadi daya tarik dikarenakan pada sebuah rumah tampak luar, tidak mungkin bila ketinggian lantai rumah sama dengan ketinggian lantai teras atau garasi. Pada umunya, jika pada teras menuju ke rumah pasti ada kenaikan lantai meskipun itu hanya 5 cm.

Langkah-Langkah Membuat Elevasi Lantai di Sketchup

1. Sebelum menentukan elevasi pastikan layer kita aktif di layer lantai

Cara Membuat Elevasi Lantai di Sketchup

2. Double klik pada group lantai untuk masuk ke dalam editing group lantai tersebut. Sebagai tanda kita sudah masuk ke dalam suatu group 3d model maka 3d model yang lain warnanya akan menjadi abu-abu.

Hanya sebagai contoh, setelah masuk di dalam group lantai, saya buat terlebih dahulu terasnya menggunakan garis bantu (Tape Measure Tool/T) kemudian saya buat rectangle (R) pada satu sudut dengan sudut yang lainnya

Cara Membuat Elevasi Lantai di Sketchup

3. Setelah rectangle pada teras sudah dibaut, kemudian double klik pada bidang diluar lantai teras namun masih tetap berada pada group lantai (yang terseleksi hanya permukaan yang atas) seperti pada gambar dibawah ini.

Jika sudah terseleksi seperti pada gambar dibawah ini, silahkan klik kanan pada mouse pas dibidang yang kita seleksi – pilih Intersect Faces –  With Model

Cara Membuat Elevasi Lantai di Sketchup

4. Turunkan/naikkan bidang lantai dengan berpatokan nol lantai menggunakan perintah Push/Pull (P)

Cara Membuat Elevasi Lantai di Sketchup

Demikian postingan Sketchup Tutorial mengenai Cara Membuat Elevasi Lantai di Sketchup. Jangan lupa untuk berbagi satu kebaikan dengan cara membagikan artikel ini ke sosial media lainnya. Terima Kasih !

coffee

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *