Karir

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di HP

15
×

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di HP

Share this article
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di HP
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di HP

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di HP – Surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang harus disiapkan oleh calon pelamar kerja. Surat lamaran kerja berisi informasi tentang diri, pendidikan, pengalaman, dan motivasi pelamar untuk bekerja di perusahaan yang dituju.

Surat lamaran kerja harus ditulis dengan baik dan benar, sesuai dengan format dan kriteria yang diminta oleh perusahaan. Namun, tidak semua orang memiliki akses ke komputer atau laptop untuk membuat surat lamaran kerja.

Sehingga membuat sebagian orang merasa membuat surat lamaran menjadi kendala ketika akan melamar kerja. Oleh karena itu, pada tips melamar kerja yang baik kali ini akan dibahas tentang cara membuat surat lamaran kerja di HP yang tentunya dapat Anda ikuti dan menggunakan HP jenis apapun.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di HP

Berikut adalah beberapa cara membuat lamaran kerja di HP yang dapat Anda coba.

Cara Membuat Surat Lamaran PDF di HP

Salah satu format yang sering digunakan untuk mengirim surat lamaran kerja adalah PDF. Format PDF memiliki keunggulan yaitu tidak mudah berubah atau rusak saat dibuka di perangkat yang berbeda. Selain itu, format PDF juga lebih rapi dan profesional.

Untuk membuat surat lamaran kerja PDF lewat HP, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut1:

  1. Persiapkan dokumen yang diperlukan, seperti scan KTP, ijazah, sertifikat, foto, dan lainnya. Simpan dokumen tersebut di galeri atau folder HP Anda.
  2. Buka akun email Anda melalui aplikasi atau browser di HP Anda. Pastikan Anda menggunakan email yang formal dan profesional, bukan email yang berisi nama panggilan atau angka acak.
  3. Mulai tulis email baru dengan mengisi alamat email penerima, subject, dan salam pembuka. Pastikan subject email Anda menarik dan sesuai dengan posisi yang dilamar.
  4. Tulis atau copy surat lamaran ke body email. Anda bisa menulis surat lamaran secara manual di aplikasi catatan atau menggunakan template yang tersedia di internet. Pastikan surat lamaran Anda singkat, padat, dan jelas. Sertakan informasi tentang identitas diri, pendidikan, pengalaman, keterampilan, dan motivasi Anda untuk bekerja di perusahaan tersebut.
  5. Unggah berkas atau dokumen persyaratan lamaran kerja di bagian lampiran email. Pilih dokumen yang sudah Anda siapkan sebelumnya dari galeri atau folder HP Anda. Pastikan dokumen yang Anda lampirkan sesuai dengan yang diminta oleh perusahaan.
  6. Sebelum mengirim email, periksa kembali isi dan format surat lamaran Anda. Perbaiki jika ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau tanda baca. Juga pastikan alamat email penerima dan subject email sudah benar.
  7. Kirim email Anda dan tunggu balasan dari perusahaan.
Menarik Juga  Ikuti Tips Pas Foto untuk Melamar Kerja Berikut

Cara Membuat Lamaran Kerja di Word HP

Membuat surat lamaran kerja di HP juga dapat Anda lakukan menggunakan Microsoft Word. Biasanya, lamaran kerja dibuat dalam format Microsoft Word agar mudah diakses dan diubah jika diperlukan. Namun, bagaimana jika Anda hanya memiliki akses ke HP? Tenang, di artikel ini kami akan memberikan panduan cara membuat lamaran kerja di Word HP.

Install Aplikasi Microsoft Word di HP Anda

Langkah pertama adalah memastikan bahwa aplikasi Microsoft Word sudah terinstal di HP Anda. Jika belum, maka Anda dapat mengunduhnya di Google Play Store atau App Store.

Pilih Template Lamaran Kerja yang Tepat

Setelah Word terbuka, pilih opsi “Buat dokumen baru” dan pilih “Lamaran Kerja” sebagai template. Anda dapat memilih template yang sudah ada atau membuatnya dari awal.

Isi Informasi Pribadi Anda

Setelah template terbuka, mulailah mengisi informasi pribadi Anda, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan email. Pastikan informasi yang Anda berikan akurat dan terbaru.

Tambahkan Pengalaman Kerja Anda

Selanjutnya, tambahkan pengalaman kerja Anda dalam bentuk daftar. Mulailah dengan pengalaman kerja yang terbaru dan berlanjut ke belakang. Jangan lupa sertakan posisi, nama perusahaan, dan rentang waktu Anda bekerja di sana.

Jelaskan Keahlian Anda

Setelah pengalaman kerja, tambahkan keahlian Anda. Misalnya, keterampilan komputer, bahasa asing, atau sertifikat pendidikan yang dimiliki.

Tambahkan Kata Pengantar dan Penutup

Tambahkan kata pengantar singkat di awal lamaran kerja yang menjelaskan tentang diri Anda dan alasan Anda tertarik dengan posisi yang Anda lamar. Jangan lupa sertakan penutup yang sopan dan menyatakan kesiapan Anda untuk dihubungi.

Periksa dan Koreksi Lamaran Kerja

Setelah semua informasi sudah ditambahkan, pastikan untuk memeriksa dan mengoreksi lamaran kerja Anda sebelum mengirimkannya. Periksa ejaan, tata bahasa, dan format untuk memastikan lamaran kerja Anda terlihat profesional dan baik.

Menarik Juga  Cara Melamar Kerja di PT Chingluh

Simpan dan Kirim Lamaran Kerja Anda

Setelah semua perbaikan sudah dilakukan, Anda dapat menyimpan lamaran kerja Anda dengan nama yang mudah dikenali dan mengirimkannya ke perusahaan yang Anda lamar. Pastikan untuk memilih format file yang sesuai seperti .doc atau .pdf agar mudah dibaca oleh penerima.

Kesimpulan

Membuat surat lamaran kerja kini sudah lebih mudah daripada zaman dahulu yang harus dilakukan melalui komputer. Bahkan kita diharuskan untuk pergi ke warnet hanya sekedar untuk membuat surat lamaran kerja.

Namun, saat ini pembuatan surat lamaran kerja sudah dapat Anda lakukan hanya dengan menggunakan HP dan Anda dapat membuatnya dimana saja.

Demikian postingan mengenai cara membuat surat lamaran kerja di HP. Semoga postingan ini bermanfaat untuk ktia semua dan jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya. Terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *