Karir

Cara Melamar Kerja di Pom Bensin Beserta Contoh Surat Lamarannya

28
×

Cara Melamar Kerja di Pom Bensin Beserta Contoh Surat Lamarannya

Share this article

Cara Melamar Kerja di Pom Bensin – Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang minyak dan gas yakni Pertamina saat ini sedang membuka banyak lowongan pekerjaan. Terkhusus bagi para siswa yang baru menyelesaikan pendidikan. Baik dari jenjang SMA, SMK hingga Sarjana.

Kerja di pom bensin kian banyak dicari oleh sebagian besar kalangan tidak seperti dulu. Dan saat ini, pertamina juga membuka bisnis baru yakni PertaShop. Dengan adanya pertashop tersebut, tentu saja akan semakin banyak lowongan kerja di pom bensin.

Oleh karena itu, PencariKarir mencoba untuk memberikan tips bagaimana cara melamar kerja di pom bensin dan juga contoh surat lamaran kerja yang dapat kamu jadikan referensi.

Bagaimana Cara Melamar Kerja di Pom Bensin?

Karena hal tersebut kami rasa cukup penting. Terlebih lagi dalam proses penerimaan karyawan, Pertamina tidak sembarangan. Perusahaan ini akan melakukan beberapa tahap sebelum menerima Anda sebagai karyawan. Seperti, pengecekan berkas data lamaran. Alasan inilah membuat Anda harus menyiapkan data dengan benar dan resmi.

Cek Daftar Pekerjaan

Pertama-tama, untuk melamar kerja di pom bensin, Anda harus memeriksa terlebih dahulu daftar pekerjaan yang tersedia di perusahaan tersebut. Jangan sampai Anda menyiapkan berkas lamaran namun tidak ada posisi yang sesuai dengan keterampilan dan minat Anda.

Untuk itu, Anda perlu memeriksa langsung daftar lowongan kerja melalui online, misalnya dengan mengunjungi situs pencarian kerja resmi dari pemerintah Indonesia, yaitu disnakerja.com. Anda dapat mengakses situs tersebut melalui ponsel atau komputer.

Cukup ketikkan alamat disnakerja pada browser, dan Anda akan menemukan ratusan ribu lowongan kerja, termasuk pekerjaan di pom bensin.

Untuk mencari lowongan kerja yang lebih spesifik di pom bensin, gunakan fitur pencarian dengan mengetikkan kata kunci “Pertamina” atau “pom bensin“. Kemudian pilih perusahaan yang membuka lowongan tersebut.

Setelah menemukan lowongan kerja yang cocok dengan keterampilan dan minat Anda, silakan buat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Menarik Juga  Ikuti Tips Pas Foto untuk Melamar Kerja Berikut

Contoh surat lamaran kerja dapat Anda temukan di berbagai situs dan sumber yang ada di internet. Jangan lupa untuk menyesuaikan surat lamaran tersebut dengan informasi yang diminta oleh perusahaan.

Sesuaikan dengan Kriteria dan Keinginan

Setelah masuk ke situs perusahaan, kita akan menemukan detail informasi tentang perusahaan serta daftar pekerjaan yang sedang dibuka. Pada halaman tersebut, terdapat daftar posisi dan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Oleh karena itu, sebelum melamar pekerjaan, pastikan bahwa Anda memenuhi kriteria dan keinginan perusahaan.

Jangan sampai Anda salah memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan fashion atau kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan Pertamina saat ini membuka banyak posisi, seperti posisi Engineer Stationery dengan kriteria sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun.
  • Minimal lulusan S1 dengan IPK minimal 3.
  • Sarjana Teknik mesin atau setara.

Selain itu, lowongan lain juga tersedia, seperti posisi Officer Procurement dengan kriteria sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Pengalaman bekerja yang sama minimal 3 tahun.
  • Minimal lulusan S1 dengan IPK minimal 3.
  • Lulusan Sarjana S1 Teknik dan Ekonomi.

Selanjutnya, bagi para lulusan SMA sederajat juga dapat melamar kerja sebagai Operator SPBU pada perusahaan Pertamina ini. Dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Laki-laki/Perempuan.
  2. Umur maksimal 27 tahun.
  3. Pendidikan terakhir minimal SMA sederajat semua jurusan.
  4. Tidak merokok dan bertato.
  5. Mampu bekerja dengan jujur, bertanggungjawab, efisien dan rapi.
  6. Mempunyai kemampuan berkomunikasi dengan baik dan bisa bekerja dalam tim.
  7. Dapat mengoperasikan komputer.

Itulah beberapa contoh kualitfikasi calon karyawan Pertamina dari beberapa jenjang pneididkan. Sekali lagi, silahkan sesuaikan dengan kriteria yang pas dan sesuai kemampuan, serta keinginan Anda.

Mempersiapkan Data yang Dibutuhkan

Kebanyakan alasan dari calon karyawan yang gagal adalah tidak lolos dalam proses seleksi berkas. Pada umumnya, mereka meremehkan data berkas yang harus dikumpulankan ini sehingga ketika mereka lupa, mereka tidak melengkapinya terlebih dahulu sebelum dikumpullkan.

Membawa data penting maupun data pendukung akan sangat penting bagi perekrut untuk memilih Anda ketika proses seleksi berkas. Karena hal ini akan menjadi penilaian awal perusahaan terhadap diri Anda.

Menarik Juga  Cara Melamar Kerja di PT Denso (2024)

Perusahaan akan menilai seberapa teliti, disiplin dan sigapnya Anda ketika menyiapkan data yang diperlukan. Ini beberapa data penting dan data pendukung yang sering ada dalam sebuah persyaratan lamaran kerja:

  • Surat lamaran kerja
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SIM
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi transkipsi nilai
  • Fotokopi SKCK

Dari dokumen penting diatas, kamu juga dapat membawa data pendukung seperti piagam penghargaan, sertifikat kompetensi, sertifikat seminar dan lain sebagainya. Karena data pendukung tersebut akan menjadi nilai tambah dari perusahaan untuk diri Anda.

Serta dapat meningkatkan peluang Anda untuk diterima bekerja di PT. Pertamina dengan posisi yang Anda inginkan.

Contoh Surat Lamaran Kerja SPBU Pom Bensin

Membuat surat lamaran kerja terkadang masih menjadi suatu kendala bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini PencariKarir juga akan langsung menyertakan contoh surat lamaran kerja pom bensin yang dapat Anda jadikan referensi.

Contoh Surat Lamaran Kerja I
Surabaya, 28 April 2023
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan,
[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja pada PT. TUVWX yang terlihat pada halaman website lowongan kerja pencarikarir.com. Tertanggal 28 April 2023. Sebagaimana informasi yang saya dapatkan, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Samsul Wijayadi
Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 12 Mei 1997
Alamat : [Alamat Lengkap]
Pendidikan Terakhir : SMK Jurusan Teknik Pemesinan
Nomor Telepon : 1234567891012
Email : samsulwijayadi@gmail.com
Dalam hal ini saya mengajukan permohonan untuk diterima bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin pada posisi Operator SPBU, sesuai dengan informasi lowongan kerja yang saya dapatkan dari website.
Saya memiliki pengalaman kerja selama [Jangka Waktu Pengalaman Kerja] tahun di bidang yang sama pada perusahaan [Nama Perusahaan]. Selama bekerja di sana, saya telah mengembangkan kemampuan saya dalam [Kemampuan Utama yang Dimiliki]. Selain itu, saya juga telah memiliki sertifikasi [Nama Sertifikasi yang Dimiliki] yang relevan dengan posisi yang saya lamar.
Saya memiliki kemampuan dalam menggunakan [Nama Software atau Alat yang Dikuasai] dan mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik, baik secara lisan maupun tulisan.
Saya memiliki kemauan belajar yang tinggi dan selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya dalam bidang yang saya tekuni. Saya juga siap untuk bekerja dengan target dan deadline yang ketat serta mampu bekerja secara individu maupun tim.
Saya meyakini bahwa pengalaman dan kemampuan yang saya miliki dapat berguna bagi perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin dan saya siap memberikan kontribusi terbaik saya jika diberikan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan ini.
Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya sertakan juga berkas-berkas pendukung. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
Samsul Wijayadi
Contoh Surat Lamaran Kerja II
Surabaya, 28 April 2023
Perihal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak/Ibu Pimpinan,
RSTUVW
di Tempat
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi lowongan kerja pada PT. TUVWX yang terlihat pada halaman website lowongan kerja pencarikarir.com. Tertanggal 28 April 2023. Maka dengan ini saya bermaksud untuk melamar pekerjaan sebagai Operator SPBU di perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.
Sebagaimana informasi yang saya dapatkan. Berikut saya jelaskan profil singkat saya dibawah ini:
Nama : Samsul Wijayadi
Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 12 Mei 1997
Alamat : [Alamat Lengkap]
Pendidikan Terakhir : SMK Jurusan Teknik Pemesinan
Nomor Telepon : 1234567891012
Email : samsulwijayadi@gmail.com
Saya memiliki kesehatan yang prima, memiliki penampilan yang menarik. Terlebih saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, cekatan, sopan santun dan mampu bekerja dalam tim. Sesuai dengan kriteria pada posisi lowongan kerja yang Bapak/Ibu Pimpin.
Untuk bahan pertimbangan Bapak/Ibu Pimpinan, saya juga telah menyisipkan lampiran berupa dokumen sebagai bahan pertimabgan:
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Resume Kerja
  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy Transkip Nilai
  • Fotocopy Sertifikat Kompetensi
  • Fotocopy Piagam
  • Fotocopy KTP
  • Pas Foto Berwarna
  • Riwayat Pengalaman Kerja
  • Fotocopy SKCK
Menarik Juga  Cara Melamar Kerja di PT Nikomas Gemilang
Sehubungan dengan surat lamaran ini, saya memiliki harapan yang tinggi untuk dapat lanjut ke tahap wawancara agar dapat memberikan penjelasan lebih lengkap tentang diri saya.
Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
Samsul Wijayadi

Demikian postingan mengenai cara melamar kerja di pom bensin. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak telah berkunjung di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *