Seputar Bangunan

Cara Membuat Tampak di Sketchup

19
×

Cara Membuat Tampak di Sketchup

Share this article
Cara Membuat Fasad Rumah di Sketchup

Setelah semua komponen bangunan yang sebelumnya sudah jadi, saatnya kita membuat fasad rumah di sketchup

Pada proses pembuatan fasad rumah di sketchup yang perlu diperhatikan ialah bagaimana cara kita berimajinasi atau berkreasi sesuai dengan kebutuhan bangunan yang akan dibangun nantinya. Nah, untuk mengasah sebuah imajinasi dalam proses membuat fasad rumah di sketchup itu sangat berbeda-beda. Disini saya akan mencoba menjelaskan menurut pengalaman pribadi saya.

Cara Membuat Fasad Rumah di Sketchup

1. Mencari Referensi Gambar Fasad Rumah

Jika kalian ingin mengasah sebuah imajinasi dalam proses membuat bentuk fasad rumah di sketchup (untuk latihan) kalian bisa cari minimal 4 gambar referensi di media sosial. Entah itu dari google, facebook, instagram, pinterest atau sosial media yang lainnya.

Kumpulkan gambar referensi tersebut dalam satu folder. Lalu bayangkan rencana tanah yang akan dibuat bangunan ukurannya berapa meter kali berapa meter. Jikalau bayangan ukuran tanah sudah ditemukan, tinggal lakukan kegiatan yang sekiranya membuat kalian rilex sambil memandang gambar referensi yang telah kalian ambil dari sosial media tadi.

INGAT ! Jangan tiru persis. Kita lakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) artinya gabungkan elemen fasad rumah penting dalam gambar referensi yang telah kalian kumpulkan entah dari segi material ataupun mainannya. Gambar deh !!

Jika ingin terbiasa kuncinya hanya satu SERING LATIHAN, LATIHAN, dan LATIHAN.

2. Membuat Fasad Rumah

Membuat fasad rumah untuk seorang klien. Yang biasa saya hadapi itu, ketika mendapatkan klien untuk order gambar yang pertama kali saya tanyakan pada klien ialah “apakah Bapak/Ibu ada referensi kira-kira ke depannya rumahnya ingin memiliki bentuk seperti apa/bagaimana?”.

Jikalau klien kita memiliki referensi gambar rumahnya, tinggal kita mintakan itu dan kita mungkin hanya perlu 2-3 gambar referensi lagi dalam proses pembuatan façade rumah klien kita.

Nah, pada bagian ini referensi gambar dari klienlah yang menjadi acuan utama kita dalam proses membuat fasad rumah di sketchup

Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan ke sobat sekalian. Meskipun sedikit semoga bisa menjadikan manfaat bagi sobat sekalian. Amiin.

Untuk cara membuat fasad rumah di sketchup disini tidak ada bentuk dalam step by stepnya, saya beritahukan saja untuk inti yang menurut saya harus kita ketahui dalam membuat fasad rumah di sketchup :

1. Pastikan layer aktif di layer façade. Jika layer façade belum ada maka kita buat layer baru bernama façade terlebih dahulu

 

Cara Membuat Fasad Rumah di Sketchup

2. Buat menjadi make group atau make component setiap 3D model façade yang kita buat

3. Hanya sebatas berbagi, jika ada revisi pada bagian façade sebaiknya jangan hapus façade awal yang telah kita buat karena biasa ada klien yang akan menanyakan lagi bentuk façade yang awal. Oleh karena itu, jika terjadi revisi pada façade, rekan-rekan bisa pilih opsi antara lain :

• Membuat layer baru lagi bernama façade 2 misalnya dan lakukan pembuatan façade baru di layer tersebut

• Menseleksi seluruh bangunan yang ada di sampingnya dan membuat façade baru berdasarkan layer façade yang telah kita buat

 

Pada gambar 3D rumah tipe 45 kali ini saya membuat fasad rumah di sketchup kurang lebih hanya seperti ini (hanya sebagai contoh) silahkan kreasikan sesuai imajinasi yang ada pada benak sobat

Cara Membuat Fasad Rumah di Sketchup

Untuk lebih jelasnya, saya sisipkan pula video cara membuat fasad rumah di sketchup.

Demikian postingan singkat mengenai Cara Membuat Fasad Rumah di Sketchup, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk berbagi satu kebaikan dengan cara membagikan artikel ini. Terima Kasih !

coffee

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *