PengetahuanTips dan Trik

Yuk Cari Tahu Alasan Memilih Bisnis Online

9
×

Yuk Cari Tahu Alasan Memilih Bisnis Online

Share this article
Alasan Memilih Bisnis Online
Alasan Memilih Bisnis Online

Alasan Memulai Bisnis Online – Apakah kamu pekerja kantoran? Atau ibu rumah tangga? Bahkan seoarang pelajar sekolah menengah atau mahasiswa? Apapun profesimu saat ini, kamu berhak untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini.

Alasan Memulai Bisnis Online

Bisnis online menjadi salah satu aspek yang harus dipertimbangkan di era sekarang ini. Lalu mengapa harus memulai bisnis online dan apa saja alasan memilih bisnis online tersebut? Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

Mengapa Harus Memulai Bisnis Online?

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwasanya semua orang kini dapat memulai bisnis online meskipun dengan modal yang relatif kecil atau bahkan tanpa modal.

Apabila dibandingkan dengan bisnis lainnya, bisnis online merupakan bisnis yang mudah untuk dilakukan bagi semua kalangan.

Dan itu hanya membutuhkan smartphone. Pasti kamu semua sudah memiliki smartphone kan? Nah, mari manfaatkan smartphone tersebut untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjalankan bisnis online.

Beberapa ide bisnis online yang cocok untuk pemula juga sudah banyak diberikan oleh beberapa orang di platform media.

Alasan Memilih Bisnis Online

Berikut beberapa alasan memilih bisnis online yang dapat kamu jadikan sebagai dasar atau landasan untuk kamu memulainya.

Jumlah Pengguna Internet yang Tinggi

Apakah kamu sudah mengetahui bahwa pengguna internet di Indonesia sekarang ini sangat banyak? Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJI) telah melakukan survei pada bulan April tahun 2019 lalu.

Menarik Juga  Belajar Blogging untuk Pemula

Dimana pada saat itu penduduk Indonesia yang telah menggunakan internet sudah sebanyak 171,71 juta jiwa, atau meningkat 10,12% dari tahun 2018. Apa tidak sayang apabila kesempatan yang besar ini kamu biarkan begitu saja?

Target Pasar yang Sangat Luas

Alasan memilih bisnis online selanjutnya yakni target pasar yang luas. Berdasarkan data dari APJI tersebut dapat dijadikan sebagai estimasi target pasar yang luas.

Jadi, jika kamu memulai bisnis online tentu dengan cara memasarkannya melalui internet, dan itu sangat memungkinkan untuk pengguna internet di Indonesia dapat menemukan produkmu dengan mudah.

Dapat Dijalankan dengan Modal Terbatas

Apabila kamu ingin memulai bisnis namun terhalang oleh model yang terbatas, bisnis online dapat menjadi solusi yang tepat untukmu. Dan hebatnya lagi, ada jenis bisnis online yang dapat dimulai meskipun tanpa modal. Seperti dropshipper, affiliate marketing, jasa titip dan lain sebagainya.

Biaya Operasional yang Minim

Untuk sebuah bisnis online, kamu tidak perlu mengkhawatirkan akan besarnya biaya operasional. Biaya operasional pada bisnis online dapat ditekan seminimal mungkin kok.

Berbeda dengan bisnis offline seperti bisnis makanan, maka kamu perlu mengeluarkan biaya operasional pegawai, biaya sewa, modal bahan baku, peralatan dan sebagainya.

Pasalnya pada bisnis online, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut. Kecuali, bisnis online yang kamu jalankan semakin berkembang. Tentu kamu akan perlu mengeluarkan sedikit biaya operasional untuk menggaji admin atau pegawai bagian packing.

Promosi Tanpa ada Batasan Waktu

Alasan memilih bisnis online selanjutnya yakni promosi tanpa ada batasan waktu. Promosi telah menjadi bagian utama dalam sebuah bisnis.

Pada bisnis online, promosi tanpa batasan waktu yang dimaksud yakni ketika kamu sudah mengunggah materi promosi di sosial media kamu maka selamanya akan berada disitu jika kamu tidak menghapusnya.

Menarik Juga  Apa yang Dimaksud dengan Kriptografi? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kemudahan untuk Memulai Bisnis Online dan Fleksibel

Banyak ide bisnis online untuk pemula yang bisa dimulai dengan mudah dan fleksibel. Seperti halnya ketika kamu memilih untuk bisnis dropship, kamu bisa dengan santai dan kapan saja memulainya meskipun tanpa modal.

Sekalipun pada suatu kondisi yang diharuskan kamu berhenti menjalankan bisnis online dropship, kamu pun tidak akan mengalami kerugian seperti bisnis-bisnis yang lainnya.

Contoh bisnis online tanpa modal lainnya adalah jasa penulisan artikel, affiliate marketing, blogger dan sebagainya.

Bisnis Online itu Praktis dan Efisien

Alasan utama kenapa bisnis online itu praktis dan efisien karena peralatan yang dibutuhkan cukup smartphone atau laptop serta koneksi internet.

Dengan ketiga alat tersebut maka kamu sudah dapat menjalankan sebuah bisnis yang kamu kelola sendiri.

Dan banyak juga kok para pelaku bisnis online yang hanya bermodalkan smartphone dan koneksi internet saja. Kamu hanya perlu meluangkan waktu di rumah atau dimanapun untuk menjalankannya.

Ketika ada pembeli dan ingin mengemas barang untuk dikirim ke pembeli saat juga sudah tersedia banyak jasa kirim yang menawarkan fitur COD.

Menciptakan Lapangan Kerja

Siapa bilang dengan bisnis online tidak dapat menciptakan lapangan kerja? Kemajuan sebuah bisnis online yang tertata dengan tepat dan terawat tentu dapat menciptakan sebuah lapangan kerja. Kok bisa gitu?

Analoginya begini, ketika bisnis online kamu sudah semakin berkembang, tentunya kamu akan membutuhkan admin untuk membalas semua chattingan dari pelanggan, selain itu kamu juga akan membutuhkan seseorang untuk melakukan packing barang karena kamu sudah tidak sanggup apabila harus packing sendirian ratusan per hari.

Tidak Tergantung pada Kondisi Cuaca

Alasan memilih bisnis online yang menarik selanjutnya yakni tidak tergantung pada kondisi cuaca. Bisnis online tidak akan terpengaruh oleh cuaca panas maupun hujan kecuali cuaca tersebut menyebabkan putusnya atau gangguan pada koneksi internet.

Menarik Juga  Cara Menjadi Penulis Lepas Bagi Pemula

Kesimpulan

Nah, itulah alasan memilih bisnis online yang harus kamu ketahui. Dengan mengetahui alasan-alasan tersebut tentunya akan membuat kamu memiliki pondasi yang kuat untuk mengembangkan bisnis online yang kamu jalankan.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan informasi ini ke media sosial lainnya. Terima kasih banyak dan sampai jumpa di artikel informatif berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *