FinansialInvestasi

Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya yang Harus Diketahui

23
×

Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya yang Harus Diketahui

Share this article
Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya
Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya – Pada zaman yang semakin maju ini, tidak heran apabila kata “investasi” sering kali kita dengar dari berbagai kalangan.

Seakan menjadikan kita semakin penasaran untuk memperdalam apa itu investasi dan apa saja jenis investasi yang ada di dunia ini.

Banyak jenis instrumen investasi yang dapat kita ikuti untuk mengembangkan keuangan pribadi kita.

Pada artikel kali ini, akan dibahas jenis-jenis investasi dan penjelasannya untuk dijadikan pengetahuan tentang jenis instrumen investasi.

Apa Itu Investasi?

Investasi merupakan suatu kegiatan menanamkan uang atau modal pada suatu pasar tertentu guna mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang atau hanya mempertahankan nilai dari kekayaan yang dimiliki.

Bentuk investasi sangat banyak, sehingga sebelum memulai investasi kita harus mengetahui jenis-jenis investasi dan penjelasannya.

Mengetahui jenis-jenis investasi juga akan mempermudah bagi Anda untuk memilih kira-kira instrument investasi apa yang cocok untuk Anda miliki. Pada artikel kali ini akan dibahas jenis-jenis investasi dan penjelasannya.

Jenis-Jenis Investasi dan Penjelasannya

Ada beberapa jenis investasi yang harus diketahui sebelum memulai untuk berinvestasi dengan modal atau uang yang kita miliki. Berikut penjelasannya:

Jenis Investasi Menurut Jangka Waktu

Jenis investasi menurut jangka waktu adalah pembahasan awal tentang jenis-jenis investasi dan penjelasannya.

Bentuk investasi menurut jangka waktu ini terbabagi menjadi tiga tipe:

  • Investasi Jangka Pendek adalah investasi yang memiliki waktu kurang dari satu tahun. Misalnya deposito, saham, forex dan peer to peer (P2P) lending tenor pendek.
  • Investasi Jangka Menengah adalah jenis investasi yang memiliki waktu dibawah lima tahun. Contoh investasi jangka menengah sama dengan jenis investasi jangka pendek. Meskipun investasi jangka pendek menawarkan keuntungan yang lebih cepat, akan tetapi investasi jangka menengah akan lebih baik bagi Anda terkait fundamental dalam mulai berinvestasi.
  • Investasi Jangka Panjang adakah jenis investasi yang memiliki jangka waktu lebih dari lima Jenis investasi ini biasanya dipilih bagi pemula untuk mulai menginvestasikan sebagian harta yang dimiliki. Contoh dari investasi ini yakni property, reksadana dan emas.
Menarik Juga  Fatwa MUI tentang Cryptocurrency yang Harus Diketahui!

Jenis Investasi Menurut Aset

Pembahasan jenis-jenis investasi dan penjelasannya yang kedua adalah jenis investasi menurut aset atau harta. Janis investasi menurut aset dibagi menjadi dua sebagai berikut:

  • Aset Rill (Nyata) adalah jenis investasi yang dapat terlihat wujud fisiknya. Contoh dari aset riil ini seperti rumah, logam mulia (emas), properti, tanah, gedung dan sebagainya yang berbentuk fisik.
  • Aset Keuangan adalah jenis investasi aset yang menjadikan pemiliki modal untuk menerapkan klaim ke pihak tertentu. Investasi aset keuangan adalah saham. Jadi, investor yang membeli saham pada perusahaan tertentu maka investor tersebut mempunyai hak kepemilikan perusahaan.

Jenis Investasi Menurut Pembiayaan

Mengenal jenis-jenis investasi dan penjelasannya lebih dalam lagi ada jenis investasi menurut pembiayaan. Investasi jenis ini membutuhkan modal atau dana yang begitu besar.

Jenis investasi pembiayaan adalah investasi modal dalam negeri. Penjabarannya seperti ini, segala bentuk intvestasi yang pelaksanaanya dilakukan orang dalam negeri.

Misalnya, Anda berada di Negara Indonesia. Kemudian Anda menginginkan investasi jenis ini untuk memutar keuangan Anda.

Dengan begitu, Anda menghubungi teman Anda yang berada di Eropa untuk membukan Cafe atau Restoran disana.

Dengan demikian, posisi Anda yang berada di Negara Indonesia berinvestasi berupa cafe atau restoran yang dikerjakan oleh orang dalam negeri Eropa.

Jenis Investasi Menurut Bentuk

Jenis-jenis investasi dan penjelasannya selanjutnya adalah jenis investasi menurut bentuk. Jenis investasi ini terbagi menjadi dua macam investasi sebagai berikut:

  • Investasi Langsung adalah jenis investasi yang mengharuskan investor untuk menanamkan modal secara langsung melalui pembelian aset nyata. Seperti pembukaan lahan perkebunan maupun pertambangan, pendirian pabrik, pembelian mesin dan lain sebagainya.
  • Investasi Tidak Langsung adalah jenis investasi yang mana investor tidak terlibat langsung pada pengelolaan dana investasi. Contoh mudah dari bentuk investasi ini adalah reksadana. Saat Anda melakukan investasi reksadana, berarti Anda menggunakan jasa manajer investasi.
Menarik Juga  Wajib Tau! Investasi Aman untuk Pensiunan

Jenis Investasi Menurut Risiko

Selanjutnya ada jenis investasi menurut risiko yang berada pada pembahasan jenis-jenis investasi dan penjelasannya. Sesuai dengan namanya, jenis investasi ini akan dibagi berdasarkan risiko yang dimiliki oleh setiap instrument investasi.

  • Investasi Risiko Rendah adalah jenis investasi yang cocok bagi Anda yang tidak memiliki risiko tingga dalam berinvestasi. Seperti logam mulia 24 karat dan deposito.
  • Investasi Risiko Menengah adalah jenis investasi yang cocok bagi Anda yang menginginkan tingkat imbal hasil lebih tinggi daripada deposito. Apabila Anda mengambil investasi jenis ini, maka Anda harus siap untuk menanggung risiko sedang yang akan diakibatkan oleh jenis investasi ini.
  • Investasi Risiko Tinggi adalah jenis investasi untuk orang-orang yang menginginkan imbal hasil tinggi dan siap untuk menanggung segala risiko yang tinggi juga.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis investasi dan penjelasannya. Tentukan jenis investasi yang akan Anda ambil sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

Dari beberapa penjelasan di atas, manakah menurut Anda jenis investasi yang menarik?

Berinvestasi merupakan bentuk peningkatan dari manajemen keuangan pribadi yang berupa tabungan.

Setelah berhasil menerapkan menabungn dengan tepat biasanya seseorang akan mulai berinvestasi sedikit demi sedikit dari tabungan yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semuanya. Dan terima kasih banyak telah membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *