Berita

Mengapa Terjadi Perbedaan Waktu di Seluruh Dunia? Berikut Penjelasannya

11
×

Mengapa Terjadi Perbedaan Waktu di Seluruh Dunia? Berikut Penjelasannya

Share this article
Mengapa Terjadi Perbedaan Waktu di Seluruh Dunia
Mengapa Terjadi Perbedaan Waktu di Seluruh Dunia?

Mengapa Terjadi Perbedaan Waktu di Seluruh Dunia? – Ketika kita berbicara tentang perbedaan waktu di seluruh dunia, kita merujuk pada fenomena yang disebabkan oleh pemisahan geografis antara wilayah-wilayah di Bumi. Perbedaan waktu yang ada di berbagai bagian dunia menjadi dasar bagi konsep zona waktu yang berbeda.

Contoh yang nyata saja, pada Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta ini, terdapat tiga zona waktu yang berbeda. Tiga zona waktu tersebut dibagi berdasarkan wilayahnyam yakni Waktu Indonesia Timur (WIT), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Barat (WIB).

Pada artikel informasi kali ini akan membalas beberapa alasan mengapa terjadi perbedaan waktu. Dari penjelasan dibawah ini semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan umum kita tentang apa saja ada di dunia ini.

Penyebab Terjadi Perbedaan Waktu

Ada beberapa penyebab atau alasan yang harus diketahui mengapa terjadi pebedaan waktu di seluruh dunia. Berikut penyebab dan penjelsan lengkapnya:

Rotasi Bumi

Salah satu alasan utama terjadinya perbedaan waktu di dunia adalah rotasi Bumi. Bumi berputar pada sumbunya, yang menghasilkan siklus siang dan malam.

Ketika salah satu bagian Bumi menghadap langsung ke Matahari, wilayah tersebut mengalami siang hari, sedangkan wilayah lainnya yang berada di sisi yang berlawanan mengalami malam.

Setiap putaran Bumi memakan waktu sekitar 24 jam, yang dikenal sebagai satu hari.

Namun, karena Bumi bulat dan terdiri dari 360 derajat, rotasi menyebabkan perbedaan waktu di berbagai lokasi. Misalnya, ketika suatu wilayah bergerak dari fajar hingga tengah hari, wilayah lainnya yang berada di belahan dunia yang berlawanan sedang mengalami senja hingga malam hari.

Menarik Juga  Mengapa Indonesia Disebut Bangsa Multikultural? Ketahui Selengkapnya Disini

Inilah yang menyebabkan perbedaan waktu yang signifikan di seluruh dunia.

Revolusi Bumi Mengelilingi Matahari

Selain rotasi, Bumi juga mengorbit Matahari. Proses ini disebut revolusi Bumi. Waktu yang dibutuhkan Bumi untuk mengelilingi Matahari adalah sekitar 365,25 hari, yang membentuk tahun kalender. Karena sumbu rotasi Bumi cenderung terhadap bidang orbitnya, kita mengalami perubahan musim selama satu tahun.

Revolusi Bumi mengelilingi Matahari menyebabkan perbedaan dalam durasi siang dan malam di berbagai musim dan lokasi di dunia. Ketika Bumi berada di titik tertentu dalam orbitnya, salah satu belahan Bumi akan cenderung lebih mendekati Matahari, menyebabkan siang hari yang lebih lama dan malam yang lebih singkat.

Sebaliknya, ketika Bumi berada di sisi yang berlawanan dalam orbitnya, belahan bumi lainnya akan mengalami malam yang lebih lama dan siang hari yang lebih singkat.

Sistem Zona Waktu

Untuk memudahkan komunikasi dan pengaturan waktu yang efisien, sistem zona waktu diterapkan di seluruh dunia. Sistem ini dibagi menjadi beberapa zona waktu berdasarkan letak geografis. Zona waktu biasanya dibuat dengan dasar perbedaan waktu setiap 15 derajat dari bujur timur dan barat garis meridian referensi, seperti Garis Bujur Utama Greenwich (GMT), yang juga merupakan referensi untuk waktu universal (UTC).

Pengaruh dan Dampak Terjadinya Perbedaan Waktu

Dapat dilihat pada globe atau peta dunia bahwasanya terdapat garis vertikal dan horizontal atau biasa disebut dengan garis lintang dan garis bujur.

Garis bujur merupakan garis yang membelah bumi yang terdiri dari garis Bujur Timur (BT) dan garis Bujur Barat (BB). Dari garis bujur inilah yang menjadi pedoman dalam hal pembagian waktu.

Sedangkan untuk garis lintang adalah garis horizontal mengelilingi bumi serta terbagi menjadi dua, yakni garis Lintang Utara (LU) dan garis Lintang Selaatan (LS). Pengaturan iklim di bumi ini berada pada garis lintang ini.

Menarik Juga  Cara Menabung di BCA Mudah dan Praktis

Dari beberapa penjelasan apa saja penyebab terjadi perbedaan waktu, tentu ada pengaruh atau dampak yang dihasilkan olehnya. Hal yang paling menonjol dari dampak perbedaan waktu tersebut adalah aktivitas seseorang di waktu yang sama namun di tempat yang berbeda.

Misalnya, pada perayaan tahun baru, orang daerah timur Indoneisa akan lebih dulu merayakannya padahal di daerah barat Indonesia pmasih menunjukkan pukul 10 malam.

Contoh nyata yang terlihat di era zaman ini adalah para pekerja freelance. Banyak sekali pekerja freelance yang mendapatkan client dari luar negeri. Dengan demikian, para freelancer secara otomatis memiliki waktu kerja di malam hari karena di luar negeri pada saat itu siang hari.

Nah, sekarang kita semua sudah mengetahuikan mengapa terjadi perbedaan waktu di seluruh dunia? Selain itu, kita juga mengetahui apa saja pengaruh terjadinya perbedaan waktu tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan cara membagikan artikel ini ke media sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *