FinansialPengetahuan

3 Rekening Dana Untuk Anak yang Harus Orang Tua Ketahui

13
×

3 Rekening Dana Untuk Anak yang Harus Orang Tua Ketahui

Share this article
Rekening Dana untuk Anak
Rekening Dana untuk Anak

Rekening Dana untuk Anak – Sebagai orang tua seharusnya mengetahui dana apa saja yang dibutuhkan oleh anak ke depannya. Hal ini dipelajari guna mempersiapkan masa depan anak dengan tujuan yang lebih baik.

Rekening Dana untuk Anak

Ada beberapa rekening dana untuk anak yang harus dipikirkan dan dipersiapkan oleh orang tua. Rekening dana tersebut merupakan dana yang sepenuhnya akan digunakan oleh pribadi si anak dalam menunjang kehidupan si anak tersebut. Berikut rekning dana untuk anak yang harus orang tua ketahui:

Dana untuk Pendidikan Anak

Untuk persiapan pendidikan, produk investasi yang paling dikenal di Indonesia adalah Asuransi Pendidikan. Saat ini hampir semua perusahan asuransi jiwa memiliki produk Asuransi Pendidikan. Bahkan belakangan ini mulai muncul yakni Tabungan Pendidikan.

Bedanya, kalau Asuransi Pendidikan itu diterbitkan oleh perusahaan asuransi, Tabungan Pendidikan diterbitkan oleh bank. Walaupun demikian, banyak juga orang yang memutuskan tidak memilih keduanya dalam mempersiapkan dana pendidikan anak, tapi memilih untuk berinvestasi sendiri ke tempat lain. Harapannya, sih, ingin bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi.

2. Dana untuk Diri Si Anak

Selain dana untuk pendidikan, sebagai orang tua, tidak ada salahnya Anda juga memberikan sejumlah dana kepada si anak dalam bentuk tabungan. Maksud tabungan di sini adalah membiarkan si anak memiliki tabungan itu atas nama dia.

Caranya, ajak dia datang ke bank, mengobrol dengan customer service, dan ajak dia untuk membuka rekening sendiri atas nama dia.

Jangan lupa, membuka tabungan dengan namanya sendiri akan memberikan dia pelajaran tentang bagaimana mengelola uang.

Menarik Juga  Cara Menabung Gaji 3 Juta beserta Contohnya

Memang, sih, nanti pasti ada saja anak yang mungkin akan menghabiskan uangnya dengan berbelanja hal-hal yang tidak perlu.

Jangan takut, sebagai orang tua, kadang Anda memang perlu membiarkan anak melakukan kesalahan, karena biasanya justru dari kesalahan itu dia bisa belajar untuk jadi lebih baik dalam mengelola uang, tentunya sepanjang Anda memang terus mendampinginya.

Bagaimana dengan buku tabungannya? Siapa yang pegang? Anda atau dia? Saran saya, lebih baik dia saja yang pegang. Ingat, ini bagian dari pembelajaran. Dia akan belajar bertanggung jawab. Tapi jangan lupa, sebaiknya sepakati dulu di muka bahwa sebagai orang tua, Anda punya hak untuk mengecek saldo buku tabungan tersebut kapan pun Anda mau.

Dana untuk Persiapan Lainnya

Nah, selain persiapan dana untuk pendidikan anak dan dana untuk dirinya sendiri, ada baiknya bila Anda juga memiliki dana lain untuk persiapan masa depannya nanti, di luar persiapan dana untuk pendidikannya.

Misalnya, menabung dari sekarang, siapa tahu Anda kelak ingin membelikannya kendaraan sendiri, entah motor atau mobil. Atau, bisa saja Anda ingin membelikannya sebuah komputer, membangun sebuah perpustakaan kecil di rumah, atau, bisa juga menabung untuk membeli rumah baginya bila kelak dia sudah menikah.

Pertanyaan saya sekarang, sudah berapa jenis rekening dana untuk anak yang
kita siapkan?

Kesimpulan

Sekarang kita sama-sama sudah mengetahui rekening dana untuk anak, saatnya bagi kita selaku orang tua mempersiapkannya secara pelan-pelan dengan terus diiringi berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian informasi ini dibagikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan kita semua. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Dan terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca 3 rekening dana untuk anak di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *