Finansial

Rumus Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

13
×

Rumus Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Share this article
Rumus Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif
Rumus Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Rumus Mengatur Keuangan Rumah Tangga – Kehidupan berumah tangga tidak lepas dari masalah keuangan yang semakin kompleks untuk dihadapi bagi sebagian orang. Sebab itulah, mengatur keuangan rumah tangga yang baik bukan merupakan hal mudah untuk dilakukan pada awal-awal menjalin rumah tangga.

Ada beberapa tips dan cara mengatur keuangan rumah tangga supaya kebutuhan yang ada di rumah tangga dapat terpenuhi sesuai dengan pendapatan yang ada. Banyak pasangan yang baru menikah enggan membicarakan terkait mengatur keuangan rumah tangga. Sehingga pembahasan tersebut amat sering dihindari.

Akan tetapi, apabila mengatur keuangan rumah tangga tidak segera di bahas dapat mengancam kesehatan manajemen keuangan rumah tangga yang sedang dijalani. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas bagaimana rumus mengatur keuangan rumah tangga yang tepat? Dan apa saja faktor yang perlu diperhatikan untuk membentuk keuangan rumah tangga yang sehat.

Faktor Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Terdapat beberapa faktor yang perlu untuk diperhatikan dalam mengatur keuangan rumah tangga yang benar. Berikut beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan untuk mengatur keuangan dalam rumah tangga Anda.

Pendapatan Bulanan

Faktor pertama adalah berapa pendapatan bulanan rumah tangga Anda. Mulai dari gaji pasangan Anda, usaha yang sedang Anda jalankan bersama dengan pasangan serta gaji yang Anda dapatkan jika bekerja.

Jumlah keseluruhan pendapatan rumah tangga tersebut untuk menentukan berapa pendapatan bulanan rumah tangga Anda.

Pengeluaran Rutin

Untuk mengatur keuangan rumah tangga yang tepat, pastikan Anda mengetahui pengeluaran rutin rumah tangga apa saja yang harus dikeluarkan. Seperti, tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, tagihan BPJS dan lain sebagainya. Catat dan hitung dengan teliti pengeluaran rutin tersebut.

Menarik Juga  5 Cara Menyusun Perencanaan Keuangan yang Tepat

Pengeluaran Non Rutin

Selain pengeluaran rutin, mengatur keuangan rumah tangga juga harus memperhatikan pengeluaran non rutin sebagai dasar untuk menentukan pengeluaran bulanan rumah tangga Anda. Pengeluaran non rutin ini dapat berupa makan di luar rumah, rekreasi, perbaikan transportasi dan lain sebagainya.

Setidaknya itulah faktor dasar yang mungkin harus Anda ketahui dan hitung terlebih dahulu untuk nantinya dapat Anda terapkan pada rumus mengatur keuangan rumah tangga.

Rumus Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ada beberapa rumus mengatur keuangan rumah tangga yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan manajemen keuangan rumah tangga yang sehat.

Rumus 50-30-20 dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Rumus 50-30-20 Mengatur Keuangan
Rumus 50-30-20 Mengatur Keuangan

Rumus yang pertama ini adalah rumus yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren dan Amelia Warren dalam buku “All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan”. Rumus ini merupakan metode mengatur keuangan bulanan dari pendapatan yang didapatkan secara bijak dan teratur.

Rumus ini dibagi menjadi tiga alokasi dana yakni, 50% untuk kebutuhan, 30% untuk keinginan atau self reward dan 20% untuk menabung atau investasi.

Berikut ini penjabaran terkait rumus 50-30-20 untuk mengatur keuangan rumah
tangga yang bijak:

  1. 50% untuk Kebutuhan; Setelah mendapatkan pemasukan, langsung lakukan pemotongan sebesar 50% dari pendapatan bulanan rumah tangga. Kebutuhan ini pastinya berbeda-beda di setiap kondisi keuangan rumah tangga. Sebagai contoh kebutuhannya seperti kebutuhan anak, kebutuhan bahan dapur, kebutuhan bahan kamar mandi, tagihan listrik dan lain sebagainya.
  2. 30% untuk Keinginan atau Self Reward; Alokasi dana sebesar 30% ini dapat digunakan untuk memenuhi keinginan keluarga tercinta seperti makan bersama di kafe atau restoran, belanja pakaian hingga rekreasi bersama keluarga.
  3. 20% untuk Tabungan atau Investasi; Yang terakhir adalah 20% untuk tabungan atau investasi. Jika Anda belum pernah mengenal investasi, alangkah baiknya dana ini langsung masuk ke tabungan secara keseluruhan. Sembari mempelajari instrumen investasi apa yang cocok untuk keluarga Anda. Namun jangan lupakan juga sisihkan untuk sedekah kepada orang yang membutuhkan karena sejatinya rezeki atau harta dunia yang kita dapatkan pasti terdapat rezeki orang lain yang Tuhan titipkan kepada kita.
Menarik Juga  7 Kiat Rahasia Cara Mengelola Keuangan Usaha Sendiri

Rumus 40-30-30 dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Rumus Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Rumus 40-30-30 dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Rumus mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah 40-30-30. Sama halnya dengan rumus mengatur keuangan sebelumnya, penjabaran dari rumus ini adalah sebagai berikut:

  1. 40% untuk Kebutuhan; Jika pada rumus sebelumnya terdapat 50% pada rumus ini Anda harus berhemat sebesar 40% untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Kebutuhan rumah tangga yang sudah tercatat dengan jelas pastinya dapat dilakukan penghematan yang lebih ekstra lagi.
  2. 30% untuk Keinginan atau Self Reward; Pada alokasi anggaran untuk keinginan atau self reward sama halnya seperti rumus sebelumnya.
  3. 30% untuk Tabungan atau Investasi; Pada rumus kali ini, tabungan atau investasi Anda akan ditingkatkan sebesar 10% untuk sebagai bekal dan dana darurat di masa yang akan datang. Anda dapat memperbanyak jumlah anggaran ke tabungan, investasi, sedekah atau dana darurat yang lebih mudah untuk keluarga Anda sesuaikan.

Sesuaikan rumus mengatur keuangan rumah tangga dengan kondisi masing-masing
pada keluarga Anda

Kesimpulan

Dari rumus mengatur keuangan rumah tangga yang telah dijelaskan di atas, saatnya Anda menyesuaikan kira-kira rumus mengatur keuangan mana yang cocok untuk diterapkan pada rumah tangga Anda.

Sebagai tips tambahan, jika alokasi dana untuk keinginan atau self reward dapat dikurangi, maka kurangilah. Masukkan hasil pengurangan tersebut ke alokasi dana untuk tabungan atau investasi yang ke depannya akan menguntungkan bagi keluarga tercinta Anda.

Demikian informasi mengenai rumus mengatur keuangan rumah tangga yang mungkin dapat kita terapkan pada manajemen keuangan rumah tangga guna menciptakan keuangan rumah tangga yang sehat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan terima kasih banyak telah membaca di blog ini. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *