Uncategorized

Sel Absolut pada Microsoft Excel

10
×

Sel Absolut pada Microsoft Excel

Share this article

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Apa itu Sel Absolut ?

Untuk mempermudah penggunaan auto fill dengan formula di excel, pada artikel kali ini akan dibahas tentang sel absolut. Sel absolut merupakan alamat sel yang dalam kondisi terkunci. Sel absolut digunakan untuk mengunci suatu alamat sel untuk keperluan auto fill atau yang lainnya supaya alamat sel tertentu tidak akan berubah ketika melakukan auto fill.

Adanya sel absolut ini, menjadikan auto fill tetap bisa berfungsi seperti biasanya pada sebauh tabel yang semi konsisten atau pada suatu formula lanjutan yang menggunakan tabel referensi tertentu sebagai dasar perhitungan.

Aturan Penulisan Sel Absolut

1. Sel absolut terletak di depan nama kolom : saat Auto Fill digunakan, maka nama kolom tersebut akan terkunci namun nomor barisnya akan terus bertambah. Sebagai contoh : $A1, $B2 dan sebagainya

2. Sel absolut terletak di depan nomor baris : saat Auto Fill digunakan, maka nomor baris tersebut akan terkunci namun nama kolom akan terus bertambah. Sebagai contoh : A$1,B$2 dan sebagainya

3. Sel absolut terletak di depan nama kolom dan nomor baris :  saat Auto Fill digunakan, maka alamat sel tidak akan berubah dalam artian alamat sel tersebut akan selalu tetap berada disitu. Sebagai contohnya $A$1, $B$2 dan sebagainya

Cara Menggunakan Sel Absolut

Untuk membuat sel absolut cukuplah mudah, dua cara membuat sel absolut pada microsoft excel :

1. Menambahkan Tanda $ Pada Alamat Sel

Tanda $ dapat kamu tambahkan di depan nama kolom atau nomor baris. Untuk mengetik tanda $ dapat dilakukan dengan cara menekan tombol Shift + 4 pada keyboard.

2. Menggunakan keyboard shortcut F4

Sel absolut yang dibuat menggunakan keyboard shortcut F4 ini akan secara otomatis berlaku penulisan tanda $ terletak di depan nama kolom dan nomor baris.

Contoh dan Penerapan Sel Absolut

Hitung persentasi dari jumlah nilai pada data berikut ini :

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Untuk mengisi formula pada kolom Hasil Perhitungan, rumus yang digunakan pada sel D4 adalah :

 D4     =(B4+C4)*B11

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Jika kamu langsung mengisi baris dibawahnya menggunakan Auto Fill, maka formula yang akan dihasilkan menjadi salah, sebab formula-formula tersebut akan menjadi seperti ini :

 D5     =(B5+C5)*B12

 D6     =(B6+C6)*B13

 D7     =(B7+C7)*B14

 D8     =(B8+C8)*B15

Sekilas terlihat benar karena penjumlahan yang dilakukan sudah sesuai dengan sel-sel di sampingnya. Yang menjadikan salah adalah perkalian terhadap persentasenya.

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Padahal seharusnya setelah penjumlahan dilakukan harus dikalikan dengan persentase yang terdapat pada sel B11. Oleh karena itu, pada contoh ini sel B11 akan dijadikan sebagai sel absolut.

Karena pergerakan arah Auto Fill akan dilakukan kebawah, maka cukup tambahkan tanda $ di depan nomor barisnya saja. Yang berarti seharusnya pada sel D4 penulisan formulanya seperti ini

 D4     =(B4+C4)*B$11

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Dan penerapan Sel Absolut dan Auto Fill akan menjadi seperti berikut ini :

Bahan Latihan Sel Absolut dan Auto Fill

Untuk lebih lagi memahami dengan sel absolut, silahkan buat tabel perkalian sederhana seperti berikut ini :

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Perhitungan dasar pada tabel tersebut adalah perkalian antara kolom B dikalikan dengan baris 3. Contohnya, isian sel pertam yang dilakukan terdapat pada sel C4 dengan formula :

〚 C4     =B4*C3

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Perhitungan yang sama pada tabel tersebut akan berlaku untuk mengisi tabel yang belum terisi. Maka kamu dapat menambahkan tanda $ di depan kolom B dan di depan nomor baris 3. Penulisan formulanya akan menjadi seperti ini

〚 C4     =$B4*C$3

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Untuk langkah selanjutnya, kamu tinggal melakukan Auto Fill ke arah kanan dan Auto Fill ke arah bawah seperti pada video berikut :

Dan tabel perhitungan perkalian dasar kamu sudah jadi deh

Cara Belajar Excel Pemula - Sel Absolut pada Excel

Kesimpulan

Mudah bukan penerapan Sel Absolut dan Auto Fill ? hanya dengan beberapa detik saja kamu sudah dapat mengisi tabel yang begitu banyaknya. Bayangkan jika kamu menulis formulanya satu per satu. Entah akan kapan selesai dan yang pasti lebih lama.

Akhir kata

Demikian artikel belajar excel mengenai sel absolut. Silahkan dipelajari dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *