Seputar Bangunan

Sketchup Tutorial Bahasa Indonesia

9
×

Sketchup Tutorial Bahasa Indonesia

Share this article

 Sketchup tutorial bahasa Indonesia adalah sebuah artikel yang membahas tentang tutorial sketchup menggunakan bahasa Indonesia. Bagi kamu yang ingin belajar lebih dalam lagi tentang bagaimana cara membuat gambar 3D di sketchup? Dapat menyimak artikel ini sampai selesai.

Sketchup itu Apa?

Sketchup adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat 3D gambar bangunan dan lain-lain. Sketchup sudah banyak digunakan di kalangan profesional maupun bagi yang lagi belajar.

Dengan tampilan yang lembar kerja yang kompleks, sketchup mampu menghasilkan sebuah gambar 3D bangunan yang begitu bagus. 

Sketchup Digunakan untuk Apa?

Sketchup digunakan untuk membuat sebuah gambar 3D bangunan. Gambar 3D bangunan yang dapat dibuat di sketchup dapat berupa gambar rumah, gambar apartemen, gambar stadion, gambar pelabuhan, gambar rumah kos, gambar hotel dan masih banyak lagi gambar 3D yang bisa dibuat menggunakan sketchup ini. Bagi kamu yang ingin mendesain rumah sendiri juga dapat menggunakan software sketchup ini.

Sketchup Tutorial Bahasa Indonesia Membuat Rumah

Sketchup tutorial bahasa indonesia ini akan membahas bagaimana membuat rumah di sketchup. Anda dapat mengikuti tutorial sketchup ini guna membuat desain rumah Anda sendiri. Sebelum melakukan membuat rumah menggunakan sketchup, pastikan di dalam perangkat laptop atau komputer Anda sudah terdapat software sketchup.

Jika belum ada, silahkan instal sketchup terlebih dahulu untuk memudahkan Anda dalam mengikut sketchup tutorial bahasa indonesia ini.

Untuk melakukan membuat rumah di sketchup, pahami terlebih dahulu apa saja yang berada pada tampilan awal sketchup. Setelah mengetahui tampilan awal lembar kerja sketchup, kemudian Anda dapat mengubah tampilan awal sketchup tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Apabila Anda sudah memahami hal tersebut, langkah selanjutnya adalah mengetahui fungsi-fungsi dari setiap tools yang berada pada sketchup. Untuk tools yang paling friendly digunakan adalah toolbar large tool set sketchup. Toolbar tersebut memuat lebih banyak tool-tool sketchup daripada toolbar getting started pada tampilan awal sketchup.

Membuat Denah Rumah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat denah rumah yang ingin Anda aplikasi menggunakan software sketchup ini. Membuat denah dapat dilakukan menggunakan Autocad atau juga bisa Anda gambarkan secara manual di kertas menggunakan pulpen atau pensil.

Membuat denah rumah ini penting untuk dilakukan karena denah menjadi acuan utama untuk ukuran rumah yang akan dibuat. Mulai dari ukuran lebar tanah, panjang tanah, lebar bangunan dan panjang bangunan terdapat pada denah rumah. 

Membuat Lantai di Sketchup

Membuat lantai di sketchup dapat dilakukan setelah denah rumah sudah tersedia pada lembar kerja sketchup. Cara membuat lantai di sketchup dapat dilakukan pada tahap pertama untuk mempermudahkan dalam membuat tahap-tahap selanjutnya. Seperti membuat dinding, membuat atap, dan lain sebagainya.

Membuat Dinding di Sketchup

Terkait cara membuat dinding di sketchup juga mudah sekali untuk dilakukan. Hanya dengan menarik-narik arah face, Anda dapat menyesuaikan bentuk dan ketinggian dinding sesuai dengan keinginan Anda. Pada dasarnya, ketika dinding di sketchup sudah jadi seutuhnya hapuslah garis-garis yang sekiranya tidak berfungsi pada dinding tersebut.

Membuat Pintu dan Jendela di Sketchup

Pintu dan jendela terdiri dari beberapa bagian, mulai dari kusen, daun, dan kaca. Dari bagian-bagian pintu dan jendela tersebut, Anda harus membuatnya satu per satu untuk menghasilkan 3D pintu dan jendela yang baik di sketchup.

Untuk cara membuat pintu dan jendela di skechup sebenarnya cukup mudah, hanya dengan menggunakan tool “Rectangle” dan “Push/Pull” Anda sudah dapat membuatnya.

 Membuat Atap di Sketchup

Pada umumnya, sebuah rumah pasti ada atapnya. Oleh karena itu, Anda harus bisa menggambar 3D atap untuk melengkapi gambar desain yang Anda buat. Cara membuat atap di sketchup yang baik dan benar harus tetap menambahkan semua komponen yang terdapat pada atap dalam bentuk 3D. Komponen-komponen yang harus dibuat lainnya yakni

  1. Membuat Lisplang di Sketchup
  2. Membuat 3D Genteng di Sketchup
  3. dan membuat bubungan 3D di Sketchup

Apabila dari ketiga komponen atap tersebut dapat Anda buat dalam bentuk 3D, itu bisa menghasilkan gambar desain rumah tampak lebih realistis

Demikian postingan sketchup tutorial bahasa indonesia ini. Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat dan semoga Anda dapat membuat desain rumah Anda sendiri menggunakan sketchup. Terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *