Seputar Bangunan

Tips Belajar Sketchup Otodidak Agar Cepat Bisa

13
×

Tips Belajar Sketchup Otodidak Agar Cepat Bisa

Share this article

Tips Belajar Sketchup Mudah

Seperti yang sudah diketahui bahwa sketchup merupakan perangkat lunak untuk membuat 3D modeling yang mudah untuk dipelajari dan dipahami. Oleh karena itu, disini admin mencoba untuk membagikan tips bagaimana belajar sketchup secara otodidak agar cepat bisa.

1. Rajin-Rajin Latihan

Tips Belajar Sketchup Otodidak Agar Cepat Bisa

Pasti Anda pernah mendengar paribahasa “Rajin Pangkal Pandai,Hemat Pangkal Kaya” bukan? Nah paribahasa yang rajin pangkal pandai ini akan berguna bagi Anda yang ingin belajar sketchup secara otodidak. Berapa jam minimal latihan bagi pemula sketchup yang ingin belajar otodidak? Untuk minimal latihan sketchup, admin sarankan sehari itu 6 jam.

Apabila pada awal-awal belajar sketchup Anda merasa bosan, sesuaikan saja dengan waktu Anda. Paling tidak satu hari 1 sampai 2 jam. Anda dapat melihat youtube tutorial sketchup untuk melakukan pembelajaran sketchup atau bagi Anda yang tidak ingin memakan banyak kuota ketika harus melihat youtube, Anda juga dapat membaca artikel tutorial sketchup pemula secara lengkap di nekbutuhaja ini. 

Seiring berjalannya waktu ketika Anda sudah mulai senang dan nyaman dengan sketchup akan secara otomatis menaikkan jam latihan Anda untuk berfokus memperdalam sketchup. Pada tahap awal belajar sketchup, jangan terlalu berfokus kepada hasil rendering yang bagus dulu. Tapi berfokuslah pada hasil 3D model yang rapi dan cepat dalam membuatnya. Pahami tentang dasar sketchup, tools apa saja yang dimiliki oleh sketchup. Hasil dari 3D model sketchup yang rapi juga sudah bagus kok walau tanpa dilakukan rendering.

Berikut ini ada video bagaimana cara menghasilkan 3D model yang bagus walau tanpa dilakukan rendering:

2. Perbanyak Relasi di Komunitas Sketchup

Tips Belajar Sketchup Otodidak Agar Cepat Bisa

Bergabunglah dengan grup-grup seputar 3D modeling sketchup. Disana akan banyak Anda temukan teman baru yang suka berbagi tips dan trik serta memberikan masukan pada 3D model yang sudah Anda buat. Jangan pilih teman-teman dalam grup komunitas, bertemanlah dengan semuanya entah yang sudah pro atau yang masih newbie. Yang perlu diperhatikan juga, tetap perhatikan sopan santun dan etika ketika sharing dengan mereka-mereka di komunitas sketchup. 

3. Buat Team Belajar

Dengan membuat team belajar sketchup, Anda dapat lebih intens lagi dalam membahas permasalahan-permasalahan yang dialami ketika menggunakan sketchup. Tak hanya cukup dengan membuat team, apabila pada team belajar Anda banyak yang lagi mempelajari sketchup juga apa salahnya membuat challenge untuk diri sendiri dan team yakni dengan membuat 3D model suatu rumah. 

4. Posting Hasil Belajar

Posting hasil belajar Anda di grup komunitas dengan tetap memperhatikan sopan santun dan etika. Karena apabila tanpa sopan santun dan etika, lama kelamaan Anda akan dianggap mengganggu pada komunitas tersebut lebih parahnya lagi dikeluarkan dari komunitas terserbut. Intinya kembali lagi ke point nomor 2 bangun relasi di komunitas sketchup secara sehat agar tetap terjalin hubungan silaturahmi yang baik.

5. Minta Kritik dan Saran

Jangan malu untuk meminta kritik dan saran dari para senior yang sudah sekian lama menggunakan sketchup sebagai software 3D modeling mereka. Meminta kritik dan saran yang memperhatikan etika pasti akan dijawab lengkap oleh para master sketchup kok.

6. Kumpulan Referensi Desain Rumah

Tips Belajar Sketchup Otodidak Agar Cepat Bisa

Mengumpulkan referensi desain rumah ini dapat Anda lakukan untuk melatih lagi keterampilan Anda dalam menggunakan sketchup. Latihlah skill sketchup Anda dengan menggunakan desain rumah yang sederhana terlebih dahulu, apabila sudah bisa membuat 3D rumah sederhana dengan lincah dan cepat, tingkatkan untuk membuat 3D rumah yang lebih rumit.

Mulailah terlebih dahulu belajar membuat tampak luar rumah (exterior) karena tanpa dilakukan renderingpun hasilnya sudah bisa terlihat dan pastinya dapat Anda posting di story whatsapp maupun media sosial lainnya untuk membuktikan bahwa Anda sudah bisa membuat 3D modeling rumah.

Demikian tips belajar sketchup otodidak agar cepat bisa yang dapat admin sampaikan. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan cara membagikan tips sketchup ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *