Seputar Bangunan

Cara Membuat Kaligrafi Menggunakan Sketchup dengan Mudah

49
×

Cara Membuat Kaligrafi Menggunakan Sketchup dengan Mudah

Share this article
Cara Membuat Kaligrafi Menggunakan Sketchup
Cara Membuat Kaligrafi Menggunakan Sketchup

 Membuat kaligrafi menggunakan sketchup tampaknya perlu untuk Anda pelajari. Sebuah desain masjid atau pondok pesantren biasanya menerapkan beberapa kaligrafi untuk dijadikan sebagai tampak depan dari bangunan tersebut. Dengan demikian, Anda harus bisa membuat kaligrafi di sketchup.

Kaligrafi atau seni khat merupakan seni menulis yang menonjolkan nilai keindahan yang biasa dijadikan sebagai hiasan rumah, masjid, pondok pesantren atau bangunan bernuansa islami yang lainnya. Seni kaligrafi ditulis menggunakan tulisan Arab, bisa berupa ayat-ayat suci Al-Qur’an, Hadist Nabi Muhammad SAW dan sebagainya.

Tulisan kaligrafi ini biasanya tidak untuk dibaca oleh umum, walaupun tempatnya berada di umum. Bagaimana bisa begitu? Karena membaca tulisan kaligrafi membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan tentunya cepat melelahkan mata bagi yang tidak terbiasa membaca atau membuat tulisan kaligrafi.  Demikian sekilas tentang seni kaligrafi, saatnya mempraktekkan bagaimana cara membuat kaligrafi di sketchup?

Cara Membuat Kaligrafi Menggunakan Sketchup

Sebelum membuat tulisan kaligrafi di sketchup, pastikan Anda sudah belajar sketchup untuk pemula sebagai bekal mempelajari pembelajaran ini. Berikut cara membuat kaligrafi di sketchup dengan mudah:

  • Langkah Pertama, siapkan tulisan atau file kaligrafi yang akan dibuat menjadi 3D. Untuk latihan membuat kaligrafi di sketchup, gunakan tulisan kaligrafi yang sederhana saja. Seperti lafadz Allah, Muhammad atau Kaligrafi Bismillahirrohmanirrohim. Pastikan tulisan tersebut dapat dibaca dengan jelas, usahakan tulisan berwarna hitam dengan background warna putih.
  • Langkah Kedua, buka aplikasi Corel Draw. Pada pembelajaran ini corel draw hanya digunakan untuk memperjelas lagi tulisan kaligrafi dan kemudian di export ke dalam bentuk .dwg supaya bisa di import ke sketchup.
  • Langkah Ketiga, masukkan file kaligrafi ke Corel Draw. Kemudian klik pada kaligrafi tersebut, pilih Trace Bitmap – Outline Trace – Line Art. Jika kaligrafi dirasa sudah detail, klik OK. Selanjutnya hapus kaligrafi yang pertama. Untuk mengetahuinya, Anda dalam melakukan zoom in pada kaligrafi tersebut. Kaligrafi yang pecah berarti kaligrafi yang sebelum di trace, hapus saja.
  • Langkah Keempat, pergi ke File – Export. Pastikan pada bagian Save as type adalah DWG – AutoCAD. Jika sudah, klik Export dan ingat-ingat letak folder yang digunakan untuk menyimpan file tersebut.
  • Langkah Kelima, buka sketchup kemudian import file dari dwg dari corel draw tadi. Selanjutnya, berikan rectangle pada kaligrafi tersebut hingga kaligrafi terpenuhi oleh face.
  • Langkah Keenam, Anda tinggal melakukan Push/Pull pada face kaligrafi tersebut sesuai keinginan. Dan selamat kaligrafi 3D Anda sudah jadi di sketchup.
Menarik Juga  Penjelasan Lengkap Large Tool Set Sketchup

Untuk lebih jelasnya dalam membuat kaligrafi menggunakan sketchup, kailan dapat melihat video ini dengan seksama.

Cara Membuat Kaligrafi Menggunakan Sketchup

Demikian postingan mengenai cara membuat kaligrafi menggunakan sketchup dengan mudah ini. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *