Finansial

Ketahuilah Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

21
×

Ketahuilah Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

Share this article
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

 Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham – Investasi saham saat ini semakin ngetren di kalangan generasni minenial. Namun, apakah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari investasi saham tersebut?

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Saham

Dalam upaya melakukan investasi saham, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dijadikan bahan pertimbangan kembali.

Tanpa memandang kelebihan dan kekurangan investasi saham, seakan investasi saham sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Masyarakat telah menyadari bahwa tabungan jangka panjang harus dipersiapkan sedini mungkin.

Ketika Anda ingin melakukan investasi saham, alangkah baiknya Anda mengetahu apa kelebihan dan kekurangan investasi saham. Sehingga Anda dapat menilai apakah instrumen investasi saham cocok bagi Anda atau tidak?

Kelebihan Investasi Saham

Investasi saham memiliki kelebihan antara lain sebagai berikut:

1. Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

Para investor saham tidak perlu memikirkan biaya peratawan atau sejenisnya. Investasi yang sangat melekat dengan perawatan ini adalah investasi properti.

Apabila dilihat dengan sekilas, investasi properti memiliki harga yang fantastis namun disisi lain Anda juga harus memikirkan biaya perawatan yang tinggu juga. Meskipun demikian, bukan berarti investasi saham tidak dapat melebihi investasi property.

2. Dapat Dilakukan Secara Individu

Kelebihan investasi saham selanjutnya adalah saham dapat dilakukan secara individu atau mandiri. Anda tidak perlu mencari karyawan untuk membantu dalam masalah investasi.

Selain itu, dengan dapat dilakukannya secara individu ini menjadikan investasi saham sebagai pilihan untuk diam-diam dalam berinvestasi.

3. Proses Transaksi Saham melalui BEI

BEI merupakan singkatan dari Bursa Efek Indonesia. Semua proses jual beli saham harus dilakukan melalui BEI ini guna menghindari terjadinya transaksi yang tidak diinginkan. Perlu untuk diketahui, Bursa Efek Indonesia memiliki tugas untuk mengatur jadwal perdagangan efek di pasar modal Indonesia.

Menarik Juga  10+ Glosarium Investasi yang Perlu Investor Ketahui Apa Saja?

4. Kemudahan Pemantauan Nilai Saham

Kelebihan selanbjutnya adalah mudahnya akses untuk melakukan pemantauan nilai saham. Anda dapat memantau perkembangan dan nilai saham mulai dari berita televisi, sosial media, aplikasi penyedia jasa keuangan hingga aplikasi tentang berita saham.

Pemantauan ini dilakukan agar Anda lebih mudah lagi dalam mengambil keputusan terkait investasi saham mana yang akan Anda pilih.

5. Memberikan Potensi Return yang Berkesinambungan

Potensi return investasi saham dapat dilakukan dengan melihat capital gain dan dividen. Capital gain adalah investor dapat menjual sahamnya dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli. Sedangkan dividen adalah pembagian keuntungan dari perusahaan.

6. Dapat Dilakukan Dimana Saja

Kelebihan investasi saham berikutnya adalah kemudahan untuk melakukannya. Investasi saham saat ini dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Ada beberapa aplikasi investasi saham yang sudah hadir di playstore maupun appstore.

 

Kekurangan Investasi Saham

Selain kelebihan yang ditawarkan, perhatikan kekurangan dari investasi saham yang terdiri dari empat poin penting yang harus diperhatikan para investor.

1. Investor Harus Memantau Kondisi Pasar Saham Seorang Diri

Nyaris waktu investor habis dipakai untuk memantau kondisi pasar. Melihat grafis naik turun untuk merencanakan keputusan pembelian ataupun penjualan.

Walaupun sekarang, nilai saham dapat dilihat melalui aplikasi dan tidak harus dipantau setiap saat. Meski begitu, hal ini tidak berarti pengawasan yang cermat tidak diperlukan.

2. Investasi Saham dapat Menimbulkan Penyakit Psikis

Keseringan memantau grafik saham dapat mempengaruhi psikologi seseorang. Kurangnya kemampuan menahan diri dan berambisi ingin cepat kaya dari saham membuat banyak orang sering terpeleset.

Masalah ini dapat diatasi jika mampu melihat peluang serta jam terbang. Dalam hal ini, pengalaman dan pemahaman tentang pasar saham sangat penting.

Menarik Juga  Yuk Ketahui! Perbedaan Pasar Uang Obligasi dan Saham Bibit

3. Likuiditas Saham Cenderung Fluktuatif

Perubahan nilai saham pasti akan terjadi. Pengaruh ekonomi dunia dan efek perang dapat mengubah harga saham pada hari tersebut.

Walaupun begitu, saham punya kondisi dimana naik turunnya harga bisa terjadi secara fluktuatif. Gampangnya, paginya harga saham lagi tinggi terus di sore hari harga langsung anjlok parah. Ini adalah hal yang harus diwaspadai oleh investor.

4. Risiko Likuidasi

Apabila perusahaan atau perseroan terbatas yang menjadi tempat melakukan investasi saham tersebut bangkrut, maka investasi saham kita juga turut merugi.

Intinya, jika perusahaan mengalami keuntungan investor mendapatkan dividen. Dan jika perusahaan mengalami kebangkrutan, maka investor juga akan mendapatkan kerugian.

5. Untung Tinggi, Risiko Tinggi

Kekurangan investasi saham selanjutnya yakni memiliki potensi keuntungan tinggi, namun juga risiko kerugian tinggi. Saham merupakan jenis investasi yang memiliki keuntungan yang tinggi.

Namun begitu, ada kalanya Anda mengalami kerugian tinggi, Hal ini dapat terjadi ketika salah memilih saham. Potensi ini bisa terjadi kepada siapa saja, oleh karena itu, investor harus memahami risiko yang mungkin timbul sebelum melakukan investasi saham.

 

Kesimpulan

Instrumen investasi saham menawarkan kelebihan atau keuntungan yang mudah dan menggiurkan sekali. Namun, disisi lain kekurangan yang berada pada investasi saham juga menakutkan apabila mental kita belum siap dengan benar.

Oleh karena itu, bagi investor pemula saham disarankan untuk membeli saham bluechip. Guna meminimalisir terjadinya kekurangan pada investasi saham.

Demikian artikel ini disampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan kita semua. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Dan terima kasih banyak telah berkunjung dan membaca kelebihan dan kekurangan investasi saham di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *