Finansial

Tips Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta yang Wajib untuk Kamu Coba

15
×

Tips Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta yang Wajib untuk Kamu Coba

Share this article
Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta
Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta

Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta – Banyak orang yang merasa bahwa gaji 3 juta per bulan sangat kecil untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Terutama bagi mereka yang sudah termasuk ke sandwich generation atau sudah berumah tangga.

Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta

Dalam situasi seperti ini, mengatur keunagan dan merata sangatlah penting. Terlebih lagi dengan naiknya harga bahan pokok dan meningkatnya gaya hidup. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dengan tepat meskipun dengan gaji 3 juta.

Pada artikel kali ini, akan dibahas tentang pengetahuan untuk menerapkan tips mengatur keuangan gaji 3 juta per bulan.

Cara Mengatur Keuangan Gaji 3 Juta

Secara umum, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk mewujudkan manajemen keuangan yang sehat dan tertata. Cara mengatur keuangan dengan gaji 3 juta berikut ini dapat Anda lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

Mengubah Pola Pikir

Cara mengatur keunagan dengan gaji 3 juta yang pertama adalah mengubah pola pikir atau mindset. Apabila Anda berfikir bahwa dengan gaji 3 juta tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup, maka selamanya Anda akan merasa kurang dengan apa yang telah Tuhan beriikan kepada Anda.

Tanamkanlah pola pikir bahwa berapapun pemasukan yang Anda dapatkan, dengan pengelolaan manajemen keuangan yang baik dan tepat maka semua kebutuhan Anda akan bisa tercukupi.

Kecerdasan atau kemampuan akademis tidak selalu menjamin seseorang mampu mengelola keuangan dengan baik. Perilaku dan kebiasaan dalam mengelola uang lebih penting daripada kemampuan akademis.

Sebaliknya, seseorang yang memiliki kemampuan mengontrol diri dalam pengeluaran dan mampu menyimpan uang untuk masa depan, meskipun tidak memiliki pendidikan formal yang tinggi, dapat mencapai kesuksesan keuangan.

Selain itu, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang pengelolaan keuangan pribadi. Belajar untuk membuat anggaran, mengelola hutang, dan menabung adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Dengan memahami bagaimana mengelola uang dengan baik, seseorang dapat memaksimalkan penghasilannya dan mencapai tujuan keuangan jangka panjangnya.

Menentukan Tujuan Keuangan

Tips mengatur keuangan gaji 3 juta berikutnya adalah menentukan tujuan keuangan. Menetapkan tujuan keuangan yang jelas dan terukur adalah langkah awal yang sangat penting dalam pengelolaan keuangan yang baik.

Dengan mengetahui tujuan keuangan yang ingin dicapai, seseorang dapat membuat rencana pengeluaran yang lebih terorganisir dan terarah.

Menarik Juga  7 Kiat Rahasia Cara Mengelola Keuangan Usaha Sendiri

Pertama-tama, penting untuk membuat tujuan yang realistis dan mudah diukur. Misalnya, seseorang dapat menetapkan tujuan untuk membeli rumah atau menyekolahkan anak dalam waktu tertentu.

Kemudian, tujuan tersebut dapat dikategorikan menjadi jangka pendek, menengah, dan panjang, agar lebih mudah dikelola.

Untuk tujuan jangka pendek, seseorang dapat mengambil rentang waktu 3 bulan dan fokus pada pengurangan kebiasaan konsumtif seperti mengunjungi coffee shop atau belanja online. Dalam jangka pendek ini, seseorang dapat menghemat pengeluaran dan menyimpannya untuk kebutuhan lain atau jangka panjang.

Sedangkan untuk tujuan jangka panjang seperti melunasi hutang, biaya pendidikan, upgrade peralatan elektronik, atau dana darurat, seseorang dapat menyisihkan sebagian dari pemasukan setiap bulan.

Meskipun jumlah uang yang dibutuhkan mungkin besar, tetapi dengan menyisihkan uang secara teratur, seseorang dapat mencapai tujuan tersebut suatu saat nanti.

Setelah menetapkan tujuan keuangan, penting untuk membuat list pengeluaran bulanan agar dapat mengetahui dengan pasti kemana uang digunakan. Beberapa pengeluaran yang perlu dicatat setiap bulan antara lain tagihan (listrik, air, internet, dll), tempat tinggal, kebutuhan makan, groceries, transportasi, pendidikan, dan lainnya.

Dengan membuat list ini, seseorang dapat memantau pengeluarannya dan menyesuaikannya dengan rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya.

Membuat Anggaran Bulanan

Apabila Anda menginginkan tips mengatur keuangan gaji 3 juta dapat berjalan dengan lancar, maka buatlah anggaran bulanan yang teratur. Anda dapat mengalokasikan gaji 3 juta sesuai dengan kebutuhan. Untuk memprmudah dalam melakukan alokasi gaji 3 juta, Anda dapat menggunakan metode 1-2-3-4 seperti berikut ini:

10% untuk Sedekah dan Self Reward

Dengan menerapkan tips mengatur keuangan gaji 3 juta, Anda tetap bisa menikmati hangout bersama teman, melakukan hobi atau membeli sesuatu yang Anda inginkan sebagai bentuk penghargaan kepada diri sendiri.

Jangan lupakan juga untuk bersedekah kepada saudara sesama yang kurang mampu atau kepada anak yatim-piatu agar rezeki kita diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Bersedekah juga merupakan bentuk rasa syukur kita atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita.

Anda dapat membagi Rp 300.000 menjadi dua bagian, 150 ribu untuk self reward dan 150 ribu untuk bersedekah.

20% untuk Tabungan dan Investasi

Pada bagian ini, beberapa orang akan menghiraukannya. Padahal, unttuk mewujudkan manajemen keuangan yang sehat itu diperlukan untuk menabung syukur-syukur Anda mulai berinvestasi.

Dengan demikian, sisihkan 20% gaji untuk tujuan jangka panjang, seperti dana darurat,pendidikan, pernikahan dan lain sebagainya. Jumlah Rp 600.000 dapat Anda bagi menjadi beberapa bagian untuk tujuan jangka panjang dan berinvestasi.

30% untuk Cicilan atau Tabungan

Jumlah alokasi gaji 3 juta sebesar Rp. 900.000 dapat Anda gunakan untuk membayar cicilan atau melunasi hutang. Misalnya cicilan kendaraan, barang elektronik dan sebagainya.

Menarik Juga  Inilah 5 Cara Mengatur Keuangan Generasi Milenial yang Harus Diketahui

Walaupun membeli barang dengan bentuk mencicil tidak dianjurkan oleh sebagian besar konsultan keuangan apabila Anda belum menguasai manajemen keuangan.

Apabila Anda tidak memiliki cicilan, alokasi dana ini dapat Anda alihkan untuk dana darurat lainnya atau untuk membeli kebutuhan primer Anda. Seperti perlengkapan mandi, perlengkapan dapur dan lain sebagianya.

40% untuk Kebutuhan Hidup

Kebutuhan hidup sehari-hari kian makin beragam keperluan bagi setiap orang. Alokasikan gaji Anda sebesar Rp 1.200.000 untuk memenuhi kehidupan sehari-hari Anda mulai dari belanja kebutuhan makanan, membayar tagihan listrik, tagihan internet, tagihan air dan masih banyak lagi.

Usahakan alokasi gaji 3 juta sebesar 40% ini cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda. Kalau untuk memenuhi gaya hidup mungkin dana ini akan selalu kurang dan kurang. Jadi, mari bersama-sama menanamkan pola pikir bahwa makan untuk hidup, jangan hidup untuk makan.

Hidup Hemat

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum atau bersepeda ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini selain menghemat biaya bensin atau perawatan kendaraan, juga membantu mengurangi polusi udara dan mengurangi kemacetan di jalan raya.

Jangan lupa untuk selalu membandingkan harga barang atau jasa yang akan dibeli. Bandingkan harga dari beberapa toko atau produsen sebelum memutuskan untuk membeli. Hal ini akan membantu Anda menemukan harga terbaik dan menghemat uangmu.

Terakhir, cobalah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti langganan TV kabel atau streaming yang tidak terpakai. Anda bisa mencoba mencari alternatif lain seperti membaca buku, belajar hal baru, atau melakukan kegiatan yang gratis seperti berolahraga di taman.

Semua usaha kecil ini akan membantu Anda menghemat pengeluaran dan mengontrol keuangan dengan lebih baik.

Memanfaatkan Promo atau Diskon

Setiap orang pasti ini berbelanja ketika menerima pendapatan 3 jtua, maka dari itu berbelanjalah dengan bijak. Anda dapat memanfaat promo atau diskon pada sebuah produk atau barang yang ingin Anda miliki.

Pastikan juga bahwa barang tersebut memliki nilai yang sesuai dengan Anda supaya dapat digunakan terus-menerus, bukan baru beli pakai sekali setelah itu lupa entah kemana.

Selain itu, tips mengatur gaji 3 juta dapat Anda lakukan dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional yang tentu harganya lebih murah daripada di supermarket.

Mencari Penghasilan Tambahan

Apabila Anda merasa dengan gaji 3 juta masih tidak cukup untuk membiaya kehidupan dan gaya hidup Anda. Mulailah untuk mencari penghasilan tambahan sebagai alternatif guna memenuhi gaya hidup yang Anda jalani.

Menarik Juga  5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Penghasilan tambahan dapat berupa membuat bisnis online, menjadi freelancer, dropshiper, affiliate marketing dan masih banyak lagi sumber yang dapat Anda jadikan untuk mencari penghasilan tambahan.

Hindarilah Utang

Tips mengatur keuangan gaji 3 juta tidak luput dengan menghindari untuk berhutang. Buatlah keuanganmu menjadi nyaman dan tentram dengan menjauhi berhutang kepada sesama maupun berhutang di bank.

Menjauhi pinjaman atau membeli barang secara kredit dapat menjadikan Anda lebih nyaman dan tentram untuk menjalani hari-hari berharga Anda.

Maka dari itu, apabila memang belum sanggup untuk membeli suatu barang alangkah baiknya Anda bersabar dalam menabung dengan tujuan mendapatkan barang yang Anda inginkan.

Sekedar tips, lebih baik Anda membeli produk atau barang yang memiliki nilai investasi leher ke atas, seperti buku, pelatihan dan seminar daripada Anda membeli barang yang hanya Anda inginkan namun tidak ada manfaat bagi diri Anda secara jangka panjang.

Konsisten dan Disiplin

Apabila Anda sudah mulai mengerti dan memahami bagaimana cara mengatur keuangan gaji 3 juta dengan baik, menerapkan berbagai metode alokasi dana gaji dan membatasi diri dari perilaku konsumtif, maka saatnya bagi Anda untuk selalu menjalankan itu dengan penuh konsistensi dan kedisiplinan.

Sebab, proses mengelola keuangan akan terus berjalan selama jantung masih berdetak. Dan tidak bisa dipungkiri, dari tahun ke tahun pastinya pendapatan Anda akan semakin meningkat juga.

Ketika pendapatan meningkat, Anda sudah tidak akan kaget bagaimana cara mengelola uang tersebut karena Anda sudah terlatih dan disiplin semenjak memiliki gaji masih 3 juta.

Evaluasi Keuangan Secara Berkala

Setelah Anda berhasil mempraktikkan tips mengatur keuangan gaji 3 jtua, selanjutnya Anda hanya perlu melakukan evaluasi guna memastikan bahwa manajemen keuangan gaji 3 juta sudah dapat Anda terapkan dengan baik selama beberapa bulan terakhir.

Seiring melakukan evaluasi keuangan secara berkala, lama kelamaan Anda akan mengetahui dengan sendiri kebutuhan mana yang kiranya tidak Anda perlukan lagi dan Anda akan mengalihkan kebutuhan tersebut untuk menabung dan investasi.

 

Kesimpulan

Untuk mewujudkan keuangan pribadi yang sehat dengan gaji 3 juta, Anda dapat menerapkan tips mengatur keuangan gaji 3 juta di atas. Mulai dari mengubah pola pikir, memntukan tujuan keuangan, membuat anggaran bulanan, menjadi hidup hemat, memanfaatkan promo dan diskon dalam belanja, mencari penghasilan tambahan, menghindari hutang, konsisten dan disiplin hingga melakukan evaluasi keuangan secara berkala.

Dengan demikian, gaji 3 juta Anda tidak akan terbuang dengan sia-sia tanpa adanya catatan keuangan yang jelas. Karena ketika menerima pendapatan, Anda sudah mengalokasikan dana tersebut dengan bijak dan baik.

Sekian informasi mengenai tips mengatur keuangan gaji 3 juta. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan membagikan artikel ini ke media sosial lainnya. Terima kasih sudah membaca di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *