Karir

Ikuti Tips Pas Foto untuk Melamar Kerja Berikut

18
×

Ikuti Tips Pas Foto untuk Melamar Kerja Berikut

Share this article
Tips Pas Foto untuk Melamar Kerja
Tips Pas Foto untuk Melamar Kerja

Tips Pas Foto untuk Melamar Kerja – Pas foto terkadang menjadi salah hal dibingungkan bagi beberapa pelamar kerja saat mempersiapkan data atau dokumen yang dimiliki.

Pas foto untuk melamar kerja juga perlu untuk kamu perhatikan agar lamaran kamu terlebih lebih professional lagi.

Inilah tips pas foto untuk melamar kerja yang bisa diterapkan oleh orang awam atau bahkan tidak mengetahui sama sekali di dunia fotografer.

Tips yang akan diterapkan ini juga hanya bermodalkan HP saja yang pastinya sudah kamu miliki ketika membaca tulisan ini.

Kami dari Pencari Karir telah merangkum beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk membuat hasil pas foto lamaran kerja kamu semakin maksimal walau dengan menggunakan HP saja dan tanpa takut hasilnya tidak memuaskan.

Pas Foto untuk Melamar Kerja

Pas foto menjadi salah satu faktor penting ketika melamar kerja pertama kali. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari materi pas foto kerja ini.

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat pas foto untuk melamar kerja adalah pencahayaan, waktu pengambilan foto, angle yang tepat serta ekspresi wajah. Untuk penjelasan lebih lengkapnya sebagai berikut ini:

Pencahayaan

Pencahayaan yang paling bagus untuk membuat pas foto yang maksimal adalah pencahayaan dari sinar matahari di pagi hari. Perlu diketahui bahwa cahaya matahari pada pagi hari dianggap lebih ideal karena intensitas cahayanya yang pas.

Pastikan tidak melakukan pengambilan foto pada tempat dengan cahaya yang redup atau terlalu terang karena akan menyebabkan over ekspossure pada pas foto kamu.

Menarik Juga  Cara Melamar Kerja di PT Chingluh

Carilah tempat yang tidak membuat kamu terkena sinar matahari langsung atau ruangan dengan pencahayaan yang natural alias ruangan dengan banyak bukaan untuk cahaya masuk pada ruangan tersebut.

Pencahayaan yang natural ini akan membuat seluruh bentuk wajah kamu terlihat jelas pada kamera HP yang sedang kamu gunakan.

Waktu Pengambilan Foto

Seperti yang sudah dijelaskan pada pencahayaan, bahwa banyak orang yang berpendapat bahwa waktu pengambilan foto yang tepat adalah saat pagi hari.

Cahaya sinar matahari pagi akan cocok sekali untuk pengguna HP dengan terbatasnya settingan yang diharuskan pada dunia fotografer.

Untuk lebih baiknya, lakukan pengambilan pas foto saat pagi hari sekitar jam 8 hingga jam 10 pagi.

Pengambilan Angle Kamera

Angle kamera atau posisi kamera yang digunakan untuk pengambilan pas foto harus berhadapan dengan wajah. Jarak antara badan dengan kamera harus disesuaikan hingga sebatas dada atas dan sebatas bahu kanan dan kiri.

Beri jarak sedikit di atas kepada sehingga batas kepada dengan foto tidak berhimpitan. Pada saat pengambilan foto, jangan terlalu rendah atau terlalu tinggi ketika meletakkan HP dari wajah.

Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat memposisikan HP tepat ditengah ujung hidung.

Hindarilah pengambilan foto dengan posisi kamera selfie dan gunakanlah timer untuk mengambil foto sehingga posisi kamu dapat tertata dengan rapi dan sesuai.

Selanjutnya adalah meminimalisasi adanya bayangan di latar dengan cara memposisikan diri mengikuti cahaya berasal.

Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah saat pengambilan pas foto untuk melamar kerja tidak harus datar dan kaku. Kamu bisa saja sedikit tersenyum tipis, tidak terlalu lenar atau menampakkan gigi.

Posisikan tubuh tegak dan membentuk 90 derajat dari dada, wajah, hingga ke kamera. Kamu dapat melakukan hal tersebut meskipun dengan duduk sekalipun.

Menarik Juga  Cara Melamar Kerja di Pom Bensin Beserta Contoh Surat Lamarannya

Kerapihan dan Kesesuaian Pakaian

Terkahir yang perlu diperhatikan saat pengambilan pas foto adalah kerapihan dan kesesuaian pakaian yang kamu gunakan. Gunakanlah pakaian yang formal untuk melakukan lamaran pekerjaan pada perusahaan seperti BUMN atau perusahaan lainnya yang menunjukkan keformalan.

Kamu dapat menggunakan pakaian semi formal apabila perusahaan yang akan kamu tuju memiliki karakter yang santai namun disiplin sekali dengan project yang sedang dikerjakan.

Kesimpulan

Jangan sembarangan dalam proses pengambilan pas foto untuk melamar kerja. Gunakanlah tips yang telah dijelaskan diatas untuk mendapatkan hasil pas foto yang maksimal meskipun hanya menggunakan kamera HP.

Demikianlah artikel mengenai tips pas foto untuk melamar kerja. Semoga tulisan ini bermafaat bagi kamu dan yang lainnya. Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan membagikan tulisan ini ke media sosial lainnya.

Terima kasih banyak telah membaca dan berkunjung di blog ini. Sukses selalu!

FAQ

Kapan harus melakukkan pas foto untuk melamar kerja?

Lakukan pas foto pada saat kamu akan membuat sebuah CV terbaru kamu.

Apa manfaat dari pas foto yang bagus untuk melamar kerja?

Pas foto yang bagus dapat menjadi salah satu faktor yang diperhatikan oleh perekrut ketika melihat CV kamu.

Pas foto memiliki ukuran berapa pixel?

Gunakan ukuran pas foto dengan resolusi 1:1 untuk CV dan pas foto pada mode portrait HD (1920×1080) pada berkas fisik yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *