PengetahuanTips dan Trik

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal dan Sukses

29
×

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal dan Sukses

Share this article
Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal
Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal dan Sukses

Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal – Seiring dengan meningkatnya kebutuhan dan keingin hidup dengan harga yang semakin tinggi, membuat banyak masyarakat memilih untuk mencari penghasilan tambahan diluar pendapatan bulanan.

Mulai dari menjadi freelancer, affiliate marketing, dropshipping dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini, kami ingin memberikan tips bagaimana cara menjadi dropshipper tanpa modal yang laris. Sedikit informasi, bahwa arti dropshipper secara singkat adalah memulai untuk berjualan produk tanpa adanya produk di rumah.

Selain itu, dropshipper juga merupakan salah satu ide bisnis online untuk pemula yang dapat dicoba.

Apa itu Dropshipping?

Bagi kamu yang baru mendengar istilah dropship mungkin akan bertanya-tanya, apa itu dropship dan bagaimana cara kerjanya.

Arti dropshipper adalah sistem jual beli online dropshipping dimana seorang mereka mempromosikan sebuah produk hanya dengan bermodalkan foto dari supplier tanpa perlu melakukan stok barang dan menjual dengan harga yang telah disepakati bersama.

Orang yang menjalankan bisnis online dropshipping ini biasanya disebut dengan dropshipper. Secara sederhana, sistem kerja dropshipping itu sebagai berikut ini:

  • Pembeli melakukan pesanan produk kepada dropshipper
  • Kemudian dropshipper meneruskan pesan tersebut kepada supplier agar dapat dilakukan proses pemesanan tersebut
  • Supplier akan memproses pesanan tersebut sesuai dengan jumlah yang dipesan pembeli kepada drophipper.
  • Setelah pesanan selesai diproses dan berhasil dikirim, supplier akan memberikan resi pengiriman kepada dropshipper agar bisa mengecek paket tersebut sudah sampai mana perkembangannya.

Banyak orang yang mengira bahwa dropshipper itu sama dengan reseller. Padahal kedua sistem bisnis online tersebut memiliki perbedaan yang dapat diidentifikasi.

Menarik Juga  Yuk Cari Tahu Alasan Memilih Bisnis Online

Perbedaan Dropshipper dan Reseller

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara dropshipper dan reseller, silahkan simak dan baca tabel dibawah ini:

DROPSHIPPERRESELLER
Tidak perlu membeli produk untuk stok jualanHarus membeli produk yang ada di supplier
Hanya bisa menjalankan usaha melalui onlineBisa melakukan usaha melalui online maupun offline
Melakukan promosi hanya dengan foto produk dari supplier atau katalog dari supplierDapat melakukan promosi produk menggunakan contoh produk yang dibeli dari supplier
Tidak melakukan pengemasan dan pengiriman barang sebab sudah diatur oleh supplierMelakukan pengemasan dan pengiriman barang sendiri
Dapat menjalankan bisnis tanpa modal sepeser punMengeluarkan modal untuk membeli produk yang telah ditentukan
Memiliki media promosi yang didapat dari supplierDapat membuat media promosi sendiri atau media promosi dari supplier
Harga barang atau jasa sudah ditentukan oleh supplierHarga barang bisa di mark-up (dinaikkan) oleh pihak reseller
Komisi penghasilan ditentukan oleh supplierKomisi penghasilan dapat ditentukan sendiri

Itu perbedaan antara dropshipper dan reseller. Dari perbedaan tersebut pasti kamu akan lebih memahami arti dari dropshipper. Lalu, bagaimana cara menjadi dropshipper yang sukses?

Kelebihan dan Kekurangan Dropshipper

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang dropshipper, alangkah baiknya kamu mengetahui juga apa saja kelebihan dan kekurangan dropshipper?

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan ini dapatt menjadikanmu lebih mantab lagi untuk berbisnis online menjadi dropshipper.

Kelebihan Dropshipper

  • Tidak memerlukan modal diawal alias tanpa modal
  • Mudah dan efektif untuk dijalankan
  • Dapat memilih beberapa jenis produk tanpa nyetok
  • Dapat mengatur waktu secara fleksibel
  • Tingkat kerugian yang rendah

Kekurangan Dropshipper

  • Tingkat persaingan yang kompetitif
  • Keuntungan yang didapat berbanding lurus dengan usaha yang dilakukan
  • Dapat kehilangan konsumen karena kurangnya informasi update stok dari supplier

Cara Menjadi Dropshipper Tanpa Modal

Bagi kamu yang ingin menjadi seorang dropshipper, maka kamu wajib untuk mengetahui cara menjadi dropshipper yang sukses dan laris orderan. Sehingga usaha dan waktu yang kamu luangkan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.

Menarik Juga  Cara Mendapatkan Driver Printer Canon dengan Mudah

Riset Produk yang Diminati

Cara pertama yang harus dilakukan untuk menjadi dropshipper sukses dengan melakukan riset produk yang akan dijual. Memilih produk apa yang akan dijual terkadang menjadi hal rumit bagi sebagian orang.

Tips melakukan riset produk yang banyak diminati dengan mudah adalah melakukan pengamatan di lingkungan sekitarmu. Lakukan riset produk untuk beberapa kategori produk sekalian jangan hanya satu produk saja.

Sebagai contoh, kamu memiliki banyak relasi dari kalangan ibu-ibu muda yang gemar dengan perhiasan emas ataupun perak. Dari faktor lingkungan tersebut kamu dapat menentukan kira-kira produk apa yang cocok untuk dijual ke mereka.

Bisa saja kamu menawarkan produk kalung, gelang, cincin, anting dan berbagai perhiasan lainnya. Setelah mengetahui daftar produk yang akan ditawarkan, cobalah untuk menganalisa kira-kira produk mana yang dapat mendatangkan profit lebih besar.

Riset Kompetitor dari Cara Kerja dan Produk yang Dijual

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasanya setiap bisnis tentu memiliki pesaingan yang membuat kita harus memikirkan cara agar produk yang kita jual memiliki nilai lebih dan tetap mendapatkan keuntungan.

Apalagi pada lingkungan sekitarmu sudah terdapat dropshipper atau reseller yang menawarkan produk yang sama denganmu.

Kamu dapat melakukan riset dengan mengamati produk apa saja yang mereka jual dan bagaimana persentase keberhasilan mereka. Setelah itu tinggal kamu lakukan ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Dalam tahap modifikasi tersebut, usahakan kamu memiliki inovasi terbaru dari pelayanan seperti menawarkan garansi produk atau bonus tambahan lainnya yang membuat pelanggan melirikmu dan akhirnya membeli produk tersebut darimu.

Pilih Platform atau Supplier yang Tepat

Cara menjadi dropshipper tanpa modal dan sukses untuk pemula selanjutnya adalah memilih platform atau supplier yang tepat dan terpercaya. Sebagai pandangan, pilihlah supplier yang memiliki banyak varian produk.

Menarik Juga  Cara Membuat Tulisan Dalam Kotak di Blog

Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa untuk memilih produk yang memang cocok dengan hasil risetmu sebelumnya.

Selain dapat memilih produk yang lebih leluasa, pastikan harga dari supplier tersebut dapat bersaingan dengan toko atau dropshipper lainnya. Namun kamu harus tetap memperhatikan segi profit yang akan kamu dapatkan.

Bangunlah Toko Online Sendiri

Untuk dapat menjangkau lebih banyak pelanggan, cara menjadi dropshipper yang sukses selanjutnya adalah dengan membuat toko online sendiri.

Kamu dapat membuat toko online di berbagai platform, seperti facebook, shopee, instagram, tokopedia, whatsapp bisnis dan lain sebagainya.

Kamu tidak perlu merisaukan soal biaya pembuatan toko online karena toko online dapat dibuat secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Cukup sediakan smartphone dan koneksi internet maka kamu sudah bisa membuat toko onlinemu sendiri.

Melakukan Promosi Produk

Jangan lupa untuk melakukan promosi produk melalui story whatsapp, postingan facebook atau instagram. Karena bisnis dengan sistem dropshipping ini memang lebih condong ke arah bisnis online yang mengharuskan kamu untuk melakukan promosi secara online.

Gunakan bahan promosi yang telah disediakan oleh supplier seperti foto, video, terstimoni dan sebagai yang telah disediakan. Atau jika kamu memang rajian dan niat, kamu bisa mencoba untuk melakukan sedikit polesan atau penambahan dari bahan promosi yang telah dikirimkan.

Macam-Macam Dropshipper Berdasarkan Produk yang Dijual

Setelah kamu mengetahui semuanya tentang bisnis online dropshipper, kini saatnya kamu mengetahui apa saja macam-macam dropshipper berdasarkan produk yang dijual. Berikut macam-macam dropshipper berdasarkan produk yang dijual:

  1. Elektronik
  2. Buku
  3. Makanan Bayi
  4. Perkelngkapan Bayi
  5. Perabotan
  6. Peralatan Rumah Tangga
  7. Baju dan Busana Muslim
  8. Skincare

Dengan mengikuti cara menjadi dropshipper tanpa modal yang telah dijelaskan diatas, pasti kamu mampu untuk memulai ide bisnis online untuk pemula yang satu ini

Nah itulah informsi lengkap mengenai cara menjadi dropshipper tanpa modal dan sukses beserta pengetahuan lainnya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan cara membagikan informasi ini ke media sosial lainnya.

Terima kasih banyak dan sampai jumpa pada artikel informatif dan bermanfaat lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *