LifestyleTips dan Trik

Bawa Santai! Inilah Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula

32
×

Bawa Santai! Inilah Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula

Share this article
Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula

Ide Bisnis Online untuk Pemula

Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula – Sebagai pemula dalam dunia bisnis, tentunya membutuhkan ide-ide bisnis online untuk pemula yang dapat dijadikan pekerjaan sampingan maupun penghasilan utama.

Tak melulu tentang itu, banyak dari para pemula dalam bisnis online yang ingin memiliki sebuah model bisnis yang mudah untuk dijalankan.

Pada kesempatan kali ini, ada beberapa ide bisnis online yang cocok untuk pemula tanpa modal yang dapat diljalankan. Namun, ada juga beberapa bisnis online yang memang membutuhkan modal untuk menunjang kelancaran bisnis tersebut.

Ide Bisnis Online yang Cocok untuk Pemula

Bagi sobat yang bertanya-tanya bisnis online apa yang cocok untuk pemula, berikut beberapa ide bisnis online yang dapat direkomendasikan untuk kamu.

Membuka Toko Online

Sebuah ide bisnis online untuk pemula yang pertama adalah dengan membuka toko online. Toko online ini dapt berupa toko online yang berada di sosial media kamu ataupun membuka toko online di marketplace.

Kenapa toko online cocok untuk bisnis pemula? Karena toko online tidak mengharuskan kalian memiliki bentuk fisiknya, jadi kamu tidak perlu menyiapkan modal untuk membangun sebuah toko.

Untuk saat ini sudah banyak sekali platform e-commerce yang dapat sobat nekbutuhaja manfaatkan untuk membuka toko online secara gratis.

Sebagai tambahan pengetahuan, di luar negeri seperti Amerika Serikat ada Amazon dan Wish yang sangat populer, kemudian di China terdapat Alibaba yang jangkaunnya pasarnya sudah mendunia.

Untuk Indonesia sendiri, terdapat berbagai platform yang dapat digunakan seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak dan masih banyak lagi.

Sobat nekbutuhaja dapat memperdagangkan beragam barang ketika ingin membuka sebuah toko online, mulai dari barang baru seperti kerajinan tangan hingga barang bekas milik pribadi yang sudah tidak terpakai.

Sebagai contoh, marketplace shopee lebih banyak digunakan untuk melakukan jual-beli produk-produk fashion dan sejenisnya.

Sedangkan tokopedia lebih banyak digunakan untuk memperdagangkan produk elektronik maupun produk berat lainnya seperti laptop, handphone, mesin bor dan lain sebagainya.

Untuk memudahkan kamu dalam mulai membuka toko online, tentukan dulu produk yang ingin kamu jual di online.

Setelah produk sudah dapat kamu pastikan, barulah lakukan riset pasar kira-kira platform marketplace mana yang paling banyak mencari produk kamu.

Affiliate Marketing

Affiliasi atau affiliate marketing saat ini cukup menjamur dan telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Dengan menjadi affiliasi
ini, kamu tidak perlu lagi mempersiapkan produk apa yang akan dijual. Kamu cukup memikirkan produk apa yang ingin kamu jual.

Dengan menerapkan bisnis yang satu ini, memungkinkan sekali bagi kamu untuk dapat menjalankan sebuah bisnis dimana saja meskipun tanpa modal.

Karena semua bahan yang digunakan untuk posting biasanya sudah disiapkan oleh sebuah toko online dan sebagi affiliate marketing hanya cukup mengunggah kembali ke media sosial masing-masing.

Cara kerja dari affiliasi ini adalah pertama kamu harus mendaftar sebagai anggota affiliasi pada salah satu situs yang tengah membuka program ini. Kemudian, kamu bisa memilih sebuah produk yang ingin kamu bagikan kepada followers kamu di sosial media.

Sobat nekbutuhaja akan memperoleh penghasilan ketika produk yang kamu unggah di sosial media berhasil terjual ke customer kamu.

Dropshipper

Bisnis dropship in dapat menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin membuka toko online tapi tidak memiliki produk. Hal ini tentu sangat berbeda dengan sebuah toko online yang mana harus berurusan dengan pengadaan dan pengelolaan barang, namun bisnis dropshipping ini hanya membutuhkan ketersedian kamu untuk membuat toko di e-commerce.

Dalam sebuah bisnis dropship, kamu hanya perlu melakukan kerja sama dengan pemasok dari produk yang ingin dijual. Bahkan, banyak pemasok atau produsen yang bersedia untuk produk tersebut kamu ganti brand milikmu sendiri.

Menarik Juga  Belajar Blogging untuk Pemula

Namun pastikan bahwa kamu dan pemasok/produsen sudah melakukan kesepatan diawal terlebih dahulu ya agar tidak terjadi masalah di belakangnya.

Bisa dikatakan, bahwa bisnis dropship ini juga tidak memerlukan modal sepeser-pun. Karena bisnis dropship ini dapat kamu jalankan menggunakan laptop ataupun smartphone dan akses internet saja.

Keuntungan lain dari bisnis dropship ini adalah kamu tidak perlu memikirkan biaya penyediaan gudang, perawatan barang, produksi barang dan lain sebagainya. Dan hebatnya lagi, kamu dapat menjalankan bisnis ini hingga sukses meskipun dari rumah saja.

Cara kerja dari bisnis ini adalah jika ada pembeli yang tertarik dengan produkmu sebagai dropshiper, maka si pembeli akan melakukan transfer ke dropshiper terlebih dahulu.

Selanjutnya barulah dropshiper membayar ke pemasok/produsen untuk sekalian produk tersebut disiapkan guna dikirim kepada pembeli.

Siapa yang mengirim kepada pembeli? Ya tentu pemasok/produsen. Kamu tinggal memintakan resi pengiriman agar kamu juga bisa memantau perkembangan produk tersebut sudah sampai mana proses pengirimannya.

Jasa Titip (Jastip)

Ide bisnis online untuk pemula selanjutnya ada jasa titip. Dimana bisnis ini tidak kalah serunya dengan bisnis online yang lainnya.

Jastip atau jasa titip adalah model bisnis diman kamu sebagai eksekutor bertindak sebagai perantara untuk membeli produk dari penyedia barang kepada konsumen.

Jasa titip dinilai sangat menguntung bagi beberapa orang karena kamu bisa mendapatkan untung yang lumayan dari setiap transaksi pembelian yang terjadi.

Bisnis online yang satu ini biasanya sering kali dimanfaatkan bagi para perantau untuk mendapatkan penghasilan tambahan ketika akan pulang kampung.

Thrift Shop

Thrift shop adalah sebuah bisnis online untuk pemula yang dikhususkan menjual barang-barang bekas/second namun masih layak untuk digunakan.

Bisnis online jenis ini masih menjadi primadona dan lahan basah untuk meraup keuntungan yang lumanyan. Jenis bisnis thrift shop yang dapat kamu coba:

  • Thrift Shop Baju
  • Thrift Shop Sepatu
  • Thrift Shop Barang-Barang Antik/Vintage Stuffs
  • Thrift Shop Buku/Komik Import

Menjual Pulsa, Kuota, Voucher Game dan Token

Ide bisnis online untuk pemula berikutnya adalah berjualan pulsa, kuota dan token. Bisnis online ini terbilang dapat menjadikan sampingan yang lumayan untuk menambah isi dompet kamu.

Sobat nekbutuhaja hanya perlu memberitahukan kepada orang lain melalui sosial media atau dari mulut ke mulut bahwasanya kamu siap untuk melakukan pengisian pulsa, kuota, ataupun token.

Sebagai contoh, jika ada pelanggan yang ingin membeli saldo pulsa atau token senilai 40.000, maka kamu dapat menjualnya dengan harga 42.500 atau disesuaikan saja dengan keadaan lingkungan di sekitar sobat.

Freelancer

Ide bisnis online untuk pemula selanjutnya yakni mejadi seorang freelancer. Manfaatkan kemampuan yang kamu miliki untuk menjadi tambahan penghasilan menjadi freelancer. Bahkan untuk saat ini, sudah banyak sekali orang yang menjadikan freelancer sebagai pekerjaan utamanya lho.

Kamu dapat membuka beberapa jasa yang mungkin sudah kamu miliki saat ini seperti jasa penulisan artikel, desain grafis, editing video dan lain sebagainya. Sesuaikan saja dengan kebutuhan pasar yang ingin kamu ikuti.

Untuk menjadi seorang freelancer, kamu dapat menawarkan jasa dengan mendaftarkan melalui situs freelance. Dimana sudah banyak saat ini situs freelance yang dapat kamu gunakan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Yang lebih menantang ketika menjadi seorang freelancer adalah kamu harus memasakan jasa freelance dengan strategi sendiri, baik itu melalui media sosial atau memasang iklan digital di berbagai platform dan lain sebagainya.

Berjualan Frozen Food

Makanan beku atau saat ini lebih dikenal dengan istilah frozen food menjadi makanan yang banyak digemari oleh masyarakat.

Bukan hanya dikarenakan awet dan harganya murah di kantong, makanan beku satu ini memiliki beragam rasa dan bentuk. Mulai dari jajanan siap goreng, daging, sampai dengan sayuran.

Ada dua cara yang dapat kamu tempuh untuk memulai bisnis online ini:

  1. Pertama, kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller resmi dari produsen. Jika kamu memilih jenis ini, kamu tidak perlu menyiapkan tempat untuk menaruh makanan beku, cukup dengan mempromosikan, menerima pesanan, memproses pesanan yang ada dan mengirimkannya ke alamat pembeli.
  2. Kedua, kamu perlu sedikit modal untuk membli kulkas sebagai wadah penyimpanan frozen food. Walaupun kesannya cukup ribet, namun cara kedua ini dapat kamu jual secara offline di depan rumah untuk mereka yang tinggal di sekitar kamu.
Menarik Juga  Ketahui Cara Menulis Cerita di Wattpad untuk Pemula

Korean Street Food

Semakin berkembangnay sebuah teknologi, banyak masyarakat Indonesia yang ingin juga merasakan beragam aneka makanan. Salah satunya adalah Korean street food ini.

Korean street food ini memiliki beragam pilihan yang sangat bervariatif dan dapat dijual dengan mudah secara online maupun offline, sehingga sangat memungkinkan bagi kamu untuk menjangkau target pasar yang lebih luas lagi.

Menawarkan Jasa Pembuatan Website

Website telah menjadi bagian yang penting seiring pertumbuhan teknologi di tengah masyarakat. Tidak hanya perusahaan besar saja membutuhkan website, saat
ini banyak orang pribadi maupun UMKM yang membutuhkan website sebagai CV online atau sebagai tempat untuk mengenalkan produk mereka secara lebih detail.

Oleh karena itu jasa pembuatan website adalah sebuah ide bisnis online untuk pemula yang sangat menarik dan menguntungkan. Jasa pembuatan website ini dapat kamu kombinasikan dengan jasa desain website juga ya sobat.

Bagi sobat nekbutuhaja yang belum memiliki pengalaman atau kemampuan membuat website tidak perlu khawatir. Kamu dapat dengan mudah menemukan tutorial serta materi-materi pembelajaran membuat website di platform youtube.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi reseller dari relasi kamu yang bisa membuat sebuah website. Jadi, kamu bisa belajar membuat website sembari berjualan website.

Menjadi Blogger

Menjadi seorang blogger telah lama dikenal sebagai ide bisnis online untuk oemula yang menguntungkan. Apalagi untuk saat ini, kemudahan dalam membuat blog sudah banyak disebar luaskan.

Ide bisnis online untuk pemula yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi menulis dan ingin mempublikasikan tulisan kamu tersebut.

Mungkin, kamu akan bertanya bagaimana cara menghasilkan uang dengan menjadi blogger?

Seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan melalui affiliasi, menjual produk sendiri dan memasang iklan adsense di dalam kontennya. Misalnya, kamu bisa membuat sebuah artikel yang berujung pada penjualan barang. Artikel tersebut biasanya dikenal dengan artikel review dari produk yang ingin dijual.

Jika blog kamu sudah berkembang, tidak menutup kemungkinan akan banyak agency yang datang untuk mengajakmu berpartner dengan menyediakan tempat sebagai content placement.

Biasanya, para agency akan membutuhkan para blogger, khususnya blogger yang memiliki website bertraffic dan terpercaya untuk mengulas bisnis miliki client.

Berjualan Hijab dan Fashion Muslim

Saat ini trend fashion muslim seperti hijab dan sebagainya semakin melejit dari tahun ke tahun. Selain digunakan sebagai perantara untuk menutup aurat, kini kaum hawa juga menggunakan hijab untuk terlebih fashinable.

Bagi sobat nekbutuhaja yang ingin memulai bisnis online untuk pemula yang satu ini dapat dimulai dari skala kecil seperti menjadi reseller salah satu brand hijab yang disukai banyak orang.

Bisnis Skincare

Masih berhubungan dengan ide bisnis online apa saja yang cocok untuk pemula, produk yang satu ini merupakan suatu kebutuhan yang cocok untuk diperjual-belikan.

Pasalnya, kebutuhan akan perawatan kulit yang sehat, cerah, terawat dan berseri bukan hanya menjadi dambaan bagi kaum hawa, namun juga kaum adam.

Untuk memulai ide bisnis untuk pemula yang satu ini kamu dapat menjadi reseller terlebih dahulu dari distributor suatu skincare. Setelah terlihat berjalan, barulah kembangkan untuk kamu menjadi distributornya langsung juga.

Jasa Desain Grafis

Berbicara terkait ide bisnis online apa yang cocok untuk pemula, jasa desain grafis dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin memulai melakukan bisnis online.

Saat ini sudah banyak UMKM atau bisnis yang membutuhkan pamflet atau banner untuk membantu pemasaran bisnis meraka.

Dengan mengambil kesempatan tersebut, dapat menjadikan penghasilan pada bisnis online jasa desain grafis ini.

Selain bisa mendapatkan pelanggan dalam negeri, jika kemampuan kamu dalam desain grafis udah expert kamu dapat mencobanya untuk menampilkan portofolio kamu di platform freelance.

Dengan demikian kamu bisa mendapatkan penghasilan dollar juga ketika mendapatkan client dari luar negeri.

Jasa Desain Rumah

Rumah yang sudah menjadi kebutuhan bagi semua orang juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk memulai bisnis online bagi pemula. Di era teknologi yang berkembang saat ini, semua orang yang memiliki kemauan untuk belajar desain rumah pasti bisa melakukannya.

Sudah banyak juga materi dan video tutorial mengenai bagaimana cara membuat desain rumah mulai dari nol. Dari hal tersebut, sangat memungkin bagi kamu untuk mempelajarinya hingga dapat membuat suatu desain rumah.

Menarik Juga  Ternyata Ini 10 Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet

 

Tips Memilih Ide Bisnis Online yang Cocok untuk Pemula

Berhubung dengan adanya beberapa ide bisnis online untuk pemula, lalu bagaimana cara memilih ide bisnis online untuk pemula yang tepat? Karena sebagai pemula tentu akan kebingungan ketika harus memilih mana yang tepat. Apalagi untuk mencobanya satu per satu, sangat tidak mungkin untuk dilakukan.

Nah, untuk membantu kamu dalam memilih bisnis online untuk pemula, berikut adalah tips memilih ide bisnis online untuk pemula yang dapat sobat nekbutuhaja jadikan pertimbangan:

Ketahui Kemampuan pada Diri Kamu

Tips memilih ide bisnis online untuk pemula yang pertama dan paling utama ialah mengetahui kemampuan yang kamu miliki. Kenapa demikian? Sebab memulai sebuah bisnis yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kamu akan membuatmu semakin mudah untuk terus berusaha.

Namun, kamu tetap harus mempelajari ide bisnis online yang lainnya sekaligus mengembangkan potensi yang berada pada diri kamu.

Bahkan, untuk pembelajaran ini memang diharuskan walaupun kamu telah memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis.

Kemampuan yang kamu miliki sekarang, apabila terus diasah dan dikembangkan tentunya akan menjadi sebuah kemampuan yang luar biasa untuk perkembangan bisnis kamu nantinya.

Ketahui Kebutuhan Pasar

Tips sukses dalam memilih dan menjalankan ide bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah mengetahui apa yang tengah dibutuhkan oleh pasar saat ini.

Pastikan kamu memilih ide bisnis yang mampu menjadi solusi serta jawaban dari permasalahan banyak orang.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar saat ini adalah dengan mengikut update terkini melalui sosial media.

Lakukan Anilisa Kompetitor

Selama proses pemilihan bisnis online yang akan kamu lakukan, pastikan kamu telah melakukan analisa kompetitor. Hal ini patut untuk dilakukan guna mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kompetitor kamu.

Dari hasil analisa yang kamu lakukan dapat digunakan untuk membuat sebuah produk atau tampilan produk yang lebih menarik dan mampu membuat strategi promosi yang lebih efektif.

Pertimbangkan Biaya Modal

Tidak bisa dipungkiri lagi, bahwasanya setiap bisnis entah itu offline maupun online tentunya membutuhkan modal. Lalu, apa saja yang termasuk dalam lingkup modal tersebut. Sebagai bahan dasar, modal adalah sesuatu yang harus disiapkan sebelum sebuah bisnis dijalankan.

Walaupun banyak orang yang memiliki persepsi bahwa modal itu berbentuk uang, itu tidak salah. Karena uang memang salah satu bentuk dari sebuah modal tersebut. Namun, selain uang ada modal yang lebih penting lagi yakni kemampuan dan kemauan.

Dengan adanya kemampuan dan kemauan yang dimiliki, tidak memungkin bagi kamu untuk mulai menjalankan salah satu ide bisnis online untuk pemula.

Sebagai contoh, jika ingin menjadi seorang affiliate marketing, pastinya kamu memiliki kemampuan untuk melakukan editing video atau menulis artikel untuk melakukan review singkat pada produk tersebut kemudian membagikannya ke sosial media kamu.

Melakukan Trial and Error Terhadap Ide Bisnis Online Untuk Pemula

Setelah kamu menentukan ide bisnis online yang ingin kamu coba, ada baiknya kamu tidak langsung terjun sepenuhnya pada salah satu ide bisnis online yang telah dibahas. Kamu bisa saja mulai dengan melakukan uji coba.

Sebagai contoh, kamu ingin menjadi seorang affiliate marketing, maka kamu bisa membuat suatu postingan sederhana dimana dalam deskripsi postingan tersebut terdapat link affiliasi kamu.

Atau jika kamu ingin membuka jasa desain grafis, cobalah untuk membuat desain banner sebaik mungkin yang kemudian kamu bagikan ke beberapa sosial media yang kamu miliki.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu tentunya akan bisa memutuskan kira-kira bisnis online apa yang cocok untuk pemula seperti diri kamu yang sesuai dengan kemampuan.

Mempersiapkan Segalanya dengan Matang

Jangan lupa untuk mempersiapkan segalanya dengan matang. Sebagai contoh, kamu berencana untuk memulai bisnis berjualan hijab dan fashion muslim, maka persiapan yang dibutuhkan antara lain supplier terpercaya, akun sosial media, memahami bagaimana cara berjualan di marketplace serta memahami cara pengemasan produk yang baik dan menarik.

Intinya, segala hal yang berhubungan dengan bisnis kamu, pastikan kamu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan terencana untuk menghindari kesulitan di kemudian hari.

Memulai sebuah bisnis online untuk pemula dapat dilakukan oleh siapa saja bagi mereka yang memiliki kemampuan dan kemauan. Jangan ragu untuk memulainya dan memikirkan apa yang akan dijalankan.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai bisnis online apa yang cocok untuk pemula. Dari informasi ini diharapkan sobat nekbutuhaja tidak akan kebingungan lagi ketika harus memilih model bisnis online untuk pemula yang sesuai dengan sobat sekalian.

Jangan lupa bagikan satu kebaikan dengan cara membagikan informasi ini ke media sosial lainnya. Sampai berjumpa lagi di artikel inspiratif, informatifdan bermanfaat berikutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *