Tips dan Trik

Cara Instal Printer Epson L121

10
×

Cara Instal Printer Epson L121

Share this article

Cara Instal Printer Epson L121

Daftar Isi

Tips Instal Printer Epson L121

Perangkat printer sangat membantu sekali untuk meringankan tugas yang berkaitan dengan dokumen. Kehadiran printer ini, dapat membuat dokumen dari semula berbentuk softcopy menjadi hardcopy. Dengan demikian, perangkat ini akan sangat membantu menunjang produktivitas setiap orang.

Ngomong-ngomong soal printer, Epson adalah salah satu produsen printer yang sudah terkenal dengan ketangguhan dan kualitasnya, sehingga wajib untuk kamu jadi pertimbangan sebelum kamu membeli sebuah printer. Setelah epson sukses dengan produk printer L120, kini mereka hadir dengan produk yang baru yakni Printer Epson L120.

Dari produk tersebut, tentunya memiliki juga kelebihdan dan kekurangan printer epson L121 yang dapat kamu jadikan pertimbangan juga ya sobat nekbutuhaja.

Bagi kamu yang sudah memiliki printer epson L121, berikut langkah-langkah untuk memasang printer agar dapat terhubung dengan perangkat yang sobat gunakan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Kamu Coba

Unduh Driver Printer Epson L121

Download Driver Epson L121

Meskipun printer epson L121 belum mendukung fitur scan dan copy, kamu tetap membutuhkan driver agar pernagkat yang kamu gunakan mengenali komponen hardware dan fungsi printer dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Driver adalah software yang berfungsi untuk menghubungkan hadware eksternal dengan suatu perangkat. Sehingga perangkat dan printer Epson L121 dapat saling berkomunisa untuk menjalankan tugas mencetak dokumen atau gambar.

Memang terkadang pada kardus pembelian terdapat sebuah CD yang berisikan driver dari hardware tersebut, namun sebagian orang cenderung memilih melakukan pengunduhan driver yang versi terbaru langsung dari situs resmi hardware tersebut. 

Dengan demikian, epson juga menyediakan driver yang dapat kamu unduh langsung dari situs resmi mereka. Selain driver, pada situs epson resmi juga menyediakan firmware for windows dan epson web installer yang dapat kamu pasang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cara unduh driver printer Epson L121:

  • Hidupkan perangkat yang kamu gunakan, laptop atau komputer
  • Buka salah satu software browser, misalkan Mozilla, Chrome atau yang lainnya
  • Persi ke situs berikut ini untuk mendapatkan driver epson versi terberu: https://www.epson.co.id/Ink-Tank-Printers/L-Series/Epson-L121/s/SPT_C11CD76501
  • Silahkan pilih pada bagian Drivers kemudian tekan Download
  • Setujui ketentuan dari Epson dengan menekan pada bagian Accept
  • Selanjutnya simpan pada folder yang kamu inginkan
  • Tunggu hingga proses pengunduhan selesai

Instal Driver Printer Epson L121

Cara Instal Printer Epson L121

Setelah proses download driver epson L121 selesai, kamu dapat melaukan pemasangan driver secara mandiri tanpa bergantung pada teknisi printer atau orang lain. Berikut langkah-langkah instal drivcer printer epson L121:

Langkah Pertama, Hidupkan Printer Epson L121

Buka kemasan box printer Epson L121 untuk mengeluarkan seluruh komponen printer yakni printer, kabel power dan kabel konektivitas printer. Letakkan printer Epson kamu pada tempat yang berdekatan dengan sumber daya listrik dan dekat dengan komputer atau meja laptop yang biasa kamu gunakan.

Hubungkan kabel power printer pada stopkontak sumber listrik secara perlahan. Kemudian sambungkan pula kabel konektivitas dari printer menuju ke komputer atau laptop. Selanjutnya, hidupkan kedua perangkat tersebut yakni printer dan komputer.

Langkah Kedua, Instalasi Driver

Untuk menginstal driver, dibutuhkan hak akses administrator pada perangkat laptop atau komputer yang kamu gunakan. Itu menjadi syarat utama supaya proses sinkronisasi hardware baru berhasil tanpa ada kendala. Berikut cara melakukan instalasi driver:

  • Pastikan komputer dan printer sudah terhubung dengan kabel konektivitas (kabel USB).
  • Buka Windows Explorer untuk menemukan file dirver yang sebelumnya sudah kamu download.
  • Klik dua kali menggunakan mouse pada file driver Epson L121 untuk memulai instalasi.
  • Kemudian akan muncul tampilan panduan untuk instalnya, tekan saja next terus hingga menemukan tombool finish pada akhir panduan.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai dan sukses.

Langkah Ketiga, Pengujian Printer

Setelah proses instalasi driver selesai, selanjutnya kamu perlu melakukan pengujian langsung pada printer sobat nekbutuhaja ya. Ini bertujuan untuk memastikan seluruh fungsi berjalan dengan baik dan hasil cetak yang tampak optimal.

  • Masukkan beberapa lembar kertas ke bagian kertas pada printer.
  • Buka salah satu file dokumen kamu, entah hanya teks atau yang ada gambarnya.
  • Tentukan halaman yang ingin kamu coba untuk cetak. Usahakan pada satu lembar halaman tersebut terdiri dari hitam dan warna.
  • Lakukan perintah cetak menggunakan shortcut Ctrl+P pada keyboard.
  • Pilih Printer Epson L121 untuk mencetak.
  • Tunggu hingga proses cetak selesai.
  • Silahkan kamu lihat hasil dari percobaan cetak yang baru dilakukan.

Kesimpulan

Cara instal printer Epson L121 cukuplah mudah sehingga kamu tidak perlu bantuan orang lain apalagi teknisi printer. Namun, proses ini membutuhkan driver yang harus kamu miliki terlebih dahulu.

Dan driver hadrware-pun juga dapat kamu unduh secara gratis melalui situs resmi Epson. Selain itu, jangan lupa untuk membaca buku panduan printer Epson L121 bagi kamu yang masih awam terhadap printer.

Demikian postingan mengenai Cara Instal Printer Epson L121. Jangan lupa untuk bagikan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya ya sobat. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *