Tips dan Trik

Penyebab Kenapa Printer Offline? Kamu Wajib Tahu

41
×

Penyebab Kenapa Printer Offline? Kamu Wajib Tahu

Share this article
Penyebab Kenapa Printer Offline
Penyebab Kenapa Printer Offline

Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk mencetak dokumen atau gambar pada kertas. Ada beberapa jenis printer, termasuk inkjet, laser, dan dot matrix.

Masing-masing jenis printer memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Inkjet printer banyak digunakan untuk rumah tangga dan kantor kecil, sementara laser printer lebih cocok untuk kantor besar dan cetakan bisnis. Dot matrix printer lebih umum digunakan untuk mencetak faktur dan laporan.

Kenapa Printer Offline?

Sebelum menggunakan printer, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa pada wadah tinta sudah terdapat tinta yang terisi. Jangan sampai ketika sudah melakukan proses cetak, ternyata isi tinta pada printer Anda kehabisan.

Langkah selanjutnya adalah memastikan kondisi printer dalam keadalaan online atau ready, sebab apabila kondisi printer dalam keadaan offline bisa dipastikan bahwa printer tidak dapat menjalankan sebagaimana fungsinya.

Namun, tidak sering juga dialami oleh pengguna printer mengalami kondisi printer offline dikarenakan alasan yang tidak jelas. Alasan yang tidak jelas yang dimaksud yakni langkah menggunakan printer sudah dilakukan dengan benar namun kondisi printer masih saja offline.

Jika mungkin Anda pernah mengalami kondisi yang demikian, terdapat beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum membahas tentang cara mengatasinya.

Beberapa Penyebab Kenapa Printer Offline

Pada saat Anda mengalami keadaan printer offline atau berhenti berfungsi, maka Anda tentunya perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab dari printer offline tersebut. Ada beberapa penyebab yang tentunya wajib untuk Anda ketahui supaya Anda lebih mengenal lagi dengan printer yang Anda gunakan saat ini.

Menarik Juga  Cara Mendapatkan Driver Printer Canon dengan Mudah

Printer Tidak Kompatibel

Penyebab printer offline yang pertama adalah tidak kompatibelnya printer yang Anda gunakan. Memang penyebab ini jarang sekali diketahui atau bahkan jarang dijumpai. Namun sebenarnya ini juga termasuk salah satu faktor penyebab printer offline atau tidak berfungsi.

Printer yang tidak kompatibel akan sering mengalami gangguan ketika dipasangkan pada perangkat jenis tertentu sehingga menyebabkan printer tersebut menjadi offline atau tidak berfungsi bukan karena rusak melainkan karena tidak kompatibel dengan perangkat yang digunakan.

Masalah Pada Kabel Power

Penyebab kedua yakni terjadi maslaah pada kabel power printer. Printer yang Anda gunakan bisa saja tiba-tiba mengalami loss power, yakni kondisi dimana kabel power printer bermasalah atau rusak.

Secara umum, masalah ini ditemukan pada printer lama atau printer yang sudah lama digunakan sejak pembelian dan belum pernah mengganti kabel powernya.

Masalah Instalasi Driver

Penyebab printer offline berikutnya adalah instalasi driver. Seperti yang sudah diketahui bahwasanya ketika Anda ingin menyambungkan salah satu perangkat keras atau hardware pada perangkat komputer atau laptop Anda, pasti diperlukan untuk memasang software tertentu supaya hardware tersebut dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.

Software tersebut sering kali disebut dengan driver. Memang terkadang sudah terdapat software driver yang terpasang pada perangkat printer, namun terkadang driver tersebut tidak dapat berjalan atau mengalami masalah sehingga mengharuskan Anda untuk melakukan pemasangan driver secara manual.

Masalah Kertas dan Tinta

Penyebab kenapa printer offline berikutnya terdapat pada kertas atau tinta printer yang habis. Pada saat kertas atau tinta habis, maka secara otomatis printer akan berhenti berfungsi dan mengeluarkan notifikasi peringatan pada layar monitor komputer Anda. Dari notifikasi tersebut, Anda dapat mengetahui tidak berfungsinya printer Anda secara tiba-tiba itu disebabkan oleh tinta yang habis atau kertas pada printer yang habis.

Menarik Juga  Cara Mengatasi Printer Offline yang Harus Dicoba

Kerusakan pada Hardware

Penyebab printer offline yang terakhir adalah terjadi kerusakan pada hardware. Kondisi ini biasanya terjadi ketika printer yang Anda gunakan sudah memiliki usia yang tua, dengan demikian kemampuan printer juga akan semakin berkurang. Jika masalah ini terjadi pada Anda, mungkin sudah saatnya Anda mengganti printer yang Anda gunakan alias lembiru (lempar beli yang baru) . hehe

Demikian postingan mengenai kenapa printer offline, jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media sosial lainnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak telah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *