Tips dan Trik

Ternyata Ini 10 Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet

18
×

Ternyata Ini 10 Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet

Share this article
Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet
10 Cara Merawat Printer Agar Lebih Awet

Merawat Printer Agar Lebih Awet – Dokumen-dokumen yang telah dibuat pada laptop dapat dijadikan fisik dengan cara melakukan printing. Printer adalah alat cetak yang digunakan untuk urusan tersebut.

Printer juga perlu dilakukan perawatan yang rutin agar umur printer menjadi lebih panjang disamping juga harus mengenali gejala-gejala printer bermasalah. Melakukan perawatan pada printer bukan hal yang sulit jikalau kita mau untuk mempelajari dan melakukannya sendiri.

Tips Merawat Printer Agar Lebih Awet

Tanpa berlama-lama lagi, berikut 10 cara merawat printer agar lebih awet:

Memakai Printer Secara Berkala

Melakukan cetak dokumen fisik merupakan salah satu dari melakukan perawatan pada printer lho. Gunakan printer untuk mencetak dokumen pentingmu secara rutin ataupun berkala.

Printer yang jarang digunakan dapat mempengaruhi komponen penggerak yang berada di dalam printer.  Komponen penggerak di dalam printer ini dilapisi oleh grease pelumas mekanik.

Jika printer jarang dikurang bisa menyebabkan pelumas yang ada di dalam mongering dan pada akhirnya membuat printer sering tersendat atau bahkan menjadi rusak.

Perhatikan Langkah-Langkah Melakukan Cetak

Lakukan cara mencetak dokumen yang tepat dan benar. Mulai dari membuka dokumen file yang akan dicetak. Setalah dokumen yang akan dicetak sudah terbuka, silahkan pergi ke file kemudian pilih print atau bisa langsung menggunakan shortcut Ctrl+P

Periksa jenis kertas yang digunakan serta jumlah kertas yang akan dicetak. Pastikan juga saat mulai mencetak kondisi kertas benar-benar bersih tanpa debu kasar diatasnya.

Menarik Juga  Bawa Santai! Inilah Ide Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula

Tunggu hingga proses cetak berhenti sendiri, jangan sampai mencabut kertas pada saat proses cetak sedang berlangsung

Mengoperasikan Printer dengan Cara Yang Tepat

Tips merawat printer agar lebih awet selanjutnya adalah menggunakan printer dengan cara yang benar. Setiap kali akan menggunakan printer usahakan untuk selalu mencolokkan kabel printer pada sumber listrik yang tersedia, kemudian nyalakan printer dengan menekan tombol power yang berada pada printer.

Langkah ini akan memerintahkan head printer untuk melakukan pembersihan pada tinta, jangan pernah sekali-kali mencabut kabel printer ketika proses tersebut sedang berjalan.

Kontrol Pengguanaan Tinta

Selalu cek tabung tinta pada printer yang kamu gunakan. Jangan sampai tabung tinta mengalami kekosongan tinta. Lakukan pengisian tinta sebelum tinta pada tabung habis.

Sekedar saran, isi tinta dengan batas setengah saja pada tabung tinta untuk menghindari melubernya tinta pada saat proses cetak sedang berlangsung.

Meletakkan Printer di Tempat Yang Seharusnya

Simpan dan letakkan printer kamu ditempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari. Usahakan ruangan yang digunakan untuk menyimpan printer memiliki suhu yang normal (tidak panas) dan jaga lingkungan di sekitar printer tetap bersih.

Membersihkan Printer Secara Rutin

Tips merawat printer agar lebih awet ini juga perlu untuk dilakukan. Bersihkan printermu secara rutin terutama pada bagian tempat kertas dan roller tempat keluarnya kertas ketika di cetak.

Banyak sekali orang yang jarang memperhatikan hal ini karena mungkin ya terlihat sepela namun sesungguhnya bisa berdampak pada printer kamu.

Siapkan selembar kain khusus yang digunakan untuk menutupi printer ketika sedang tidak digunakan. Kain harus bisa menutupi bagian tempat kertas dan roller depan printer.

Head Cleaning Printer

Head cleaning printer ini sudah seharusnya kamu lakukan ketika kondisi printermu mulai berjalan lambat dam serimg terjadi error. Jika printer lumayan lama tidak digunakan jangan gunakan printer untuk langsung mencetak dokumen namun lakukan head cleaning print yang sudah disediakan di setiap printer. Head cleaning ini bisa kamu lakukan sebanyak 3 kali hingga hasil head cleaning benar-benar maksimal

Menarik Juga  Cara Cetak Pas Foto di Word dengan Mudah

Mematikan Printer

Perhatikan juga pada saat akan mematikan printer. Untuk merawat printer agar lebih awet cara mematikan printerpun juga menjadi bagian dari merawat printer.

Matikan dengan menekan tombol power printer, tunggu hingga printer benar-benar mati. Setelah itu baru lakukan pencabutan kabel printer dari sumber listrik.

Jangan Membongkar Printer Sembarang

Umumnya pada saat melakukan proses cetak bisa terjadi kertas yang macet saat proses cetak berjalan. Jangan langsung mencabut kertas tersebut secara paksa.

Matikan dahulu printer menggunakan tombol power, jika sudah benar-benar mati cabut kertas yang macet tersebut dengan hati-hati. Konsultasikan printer yang mulai error tidak wajar ke teknisi printer di daerahmu jangan sampai kamu membongkar printer tanpa adanya pengetahuan yang memadai tentang printer.

Jangan Paksakan Penggunaan Printer yang Terlalu Lama

Seing menggunakan printer memang merupakan salah satu cara untuk merawat printer agar lebih awet. Namun printer juga merupakan mesin biasanya yang sekali waktu tetap membutuhkan jeda waktu unttuk istirahat.

Disarankan untuk melakukan jeda printer 5-10 menit setelah melakukan cetak sekitar 15 lembar hitam putih dan istirahatkan sejenak printer 5-10 menit setelah melakukan cetak full warna maksimal cetak 10 lembar. Itu juga tergantung dengan kondisi printer yang ada. Oleh karena itu, kenali kondisi printermu ya sobat.

Kesimpulan

Merawat printer agar lebih awet penting sekali untuk kita lakukan. Karena saat ini printer seakan menjadi kebutuhan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk mempermudah sebuah pekerjaan.

Jadi, rawatlah printer yang telah kamu miliki dengan baik ya sobat. Selain itu, jika kamu rasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya ke media sosial lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *