Tips dan Trik

Cara Menggunakan Printer untuk Pemula

10
×

Cara Menggunakan Printer untuk Pemula

Share this article
Cara%20Menggunakan%20Printer

Menggunakan printer memang terlihat sepela dan sederhana. Namun, dibalik itu semua tetaplah ada sebuah cara mengunakan printer agar printer yang Anda miliki menjadi lebih awet dan tahan lama. Printer adalah perangkat keras komputer atau alat yang digunakan untuk mencetak teks, gambar, grafik, dan dokumen lainnya pada selembar kertas atau media lainnya. Sekarang ini sudah banyak beredar beberapa merk printer, seperti canon, Epson, hp, Samsung dan lain sebagainya.

Pada era sekarang ini, hampir setiap kegiatan belajar mengajar atau pekerjaan membutuhkan printer untuk lebih mempermudah dan mempercepat proses belajar dan mengajar. Sebuah tulisan atau gambar akan terlihat lebih bagus, rapi dan jelas ketika dicetak daripada menggunakan cara manual yakni menggunakan tangan. 

Jadi, untuk menggunakan printer itu akan lebih mempercepat proses sehingga lebih efisien dari segi waktu. Penggunaan printer dapat Anda pelajari sendirI bagi Anda yang saat ini masih belum bisa menggunakan printer. Dengan postingan ini, akan dibahas bagaimana cara menggunakan printer yang baik dan benar.

Tutorial Printer Pemula

Pada tutorial printer pemula ini setidaknya akan dibahas dua point penting dalam penggunaan printer yakni menyalakan dan mamatikan printer.

Cara Menyalakan Printer

Penggunaan printer yang tidak baik dan benar dapat menyebabkan printer menjadi cepat rusak, hal tersebut terkadang juga masih belum diketahui oleh semua penguna printer. Selain dapat menyebabkan kerusakan pada printer, cara menggunakan printer yang salah juga dapat menyebabkan hasil cetak menjadi kurang baik atau tidak sempurna.

Berikut langkah-langkah menyalakan printer dan menggunakannya:

1. Install driver aplikasi printer yang terdapat pada kepingan CD bawaan dari printer yang Anda gunakan. Jika tidak terdapat CD driver printer, silahkan unduh melalui situs resmi merk printer yang Anda gunakan.

2. Pasang dan hubungkan kabel power printer ke sumber listrik yang sudah Anda tentukan. Kemudian tekan tombol Power On pada printer.

3. Hubungkan printer ke perangkat dengan kabel penghubung yang sudah disediakan pada paket printer. Biasanya kabel ini memiliki satu ujung untuk dicolokkan pada printer dan satu ujung lagi berbentuk USB untuk dicolokkan pada port USB perangkat.

4. Buka penutup kertas pada prnter, kemudian msaukkan kertas ke tempat tersebut dan pastikan Anda sudah mengisi tinta pada tempat penyimpanan tinta printer

5. Buka file yang ingin Anda cetak kemudian gunakan tombol kombinasi keyboard Ctrl+P untuk menjalankan perintah Print pada file

6. Sesuaikan ukuran kertas yang digunakan kemudian tekan Enter pada keyboard

Baca Juga : Tips Merawat Printer

Cara Mematikan Printer

Apabila proses cetak file tidak berjalan pada perangkat, maka pengguna printer dapat menekan tombol power untuk mematikan mesin serta menunggu hingga posisi head printer berada di tenggah.

Tidak menutup kemungkinan pemakaian printer dalam jangka panjang dapat menyebabkan tombol power pada printer tidak berfungsi sehingga Anda tidak dapat mematikan printer secara langsung menggunakan tombol power tersebut.

Apabila terlalu sering mematikan printer secara langsung menggunakan tombol power dapat menyebabkan sensor yang menghubungkan antara software ke hardware printer akan mengalami crash. Dengan demikian, berikut cara mematikan printer yang baik dan benar:

1. Silahkan buka Control  Panel, kemudian pada klik View devices and printers pada bagian Hardware and Sound

2. Pada jendela Devices and printers silahkan pilih printer yang sedang online (tanda centang hijau) 

3. Klik kanan kemudian pilih Printing Preferences

4. Kemudian pergi ke Tab Maintenance > Klik Icon Power Off

5. Pilih OK dan selesai

Demikian postingan cara menggunakan printer untuk pemula. Jangan lupa lakukan satu kebaikan dengan membagikan postingan ini ke media social lainnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih banyak sudah berkunjung di nekbutuhaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *